Tema HUT RI dari Tahun ke Tahun di Era Pemerintahan Jokowi

Oleh: Abdul Hadi - 17 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Di masa pandemi COVID-19 ini, kemerdekaan HUT RI mengambil tema besar "Indonesia Maju".
tirto.id - Enam tahun terakhir, tema kemerdekaan HUT RI sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo mengambil intisari dari visi pemerintahannya.

Selama empat tahun periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi, tema kemerdekaan HUT RI diwarnai ajakan untuk bekerja nyata. Tidak jauh-jauh dari slogan Jokowi: 'Kerja-Kerja-Kerja'.

Kemudian, dua tahun ini visinya kembali diangkat untuk tema kemerdekaan, terbukti dari tema HUT RI 2019 yang berbunyi "SDM Unggul, Indonesia Maju" dan tema HUT RI 2020: "Indonesia Maju".

Dua tema terakhir itu menunjukkan fokus dari pemerintahan Jokowi di periode kedua yang berkonsentrasi pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“SDM akan jadi fokus utama pembangunan. Hal itulah yang kemudian jadi inspirasi untuk tema kemerdekaan RI ke-74,” jelas Adita Irawati, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, sebagaimana diwartakan Antara tahun lalu.

Berikut ini daftar tema kemerdekaan HUT RI dari tahun ke tahun, sejak 2015 hingga 2020 di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Tema Kemerdekaan 2015: Ayo Kerja

Kemerdekaan HUT RI 2015 mengambil tema bersama: "Ayo Kerja".

Sedangkan, Kementerian Sekretariat Negara mengedarkan surat terkait subtema HUT RI ke-70 agar menyertakan kalimat "Gerakan Nasional Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka".

Tema Kemerdekaan 2016: Indonesia Kerja Nyata

Di HUT RI yang ke-71, tema kemerdekaannya adalah "Indonesa Kerja Nyata" yang melambangkan komitmen bersama untuk kerja nyata memajukan Indonesia.

Tema kemerdekaan kala itu merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar bersatu, bahu membahu bekerja menghadapi rintangan yang ada, dilansir dari malangkota.go.id.

Tema Kemerdekaan 2017: Indonesia Kerja Bersama

Tema kemerdekaan HUT RI yang ke-72 adalah "Indonesia Kerja Bersama". Tema ini melambangkan akar dari kebudayaan Indonesia yaitu gotong royong.

Tema kemerdekaan kali itu mengajak masyarakat untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan, bersatu dalam perbedaan, dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat.

Tema Kemerdekaan 2018: Energi dan Kerja

Pada 2018, kemerdekaan RI bertepatan dengan tahun ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asean Games XVIII.

Karena itu, tema kemerdekaannya disesuaikan dengan tema Asean Games yang berbunyi: "The Energy of Asia", maka tema kemerdekan RI adalah: "Energi dan Kerja". Adapun slogan untuk HUT RI ke-73 ini adalah "Kerja Kita, Prestasi Bangsa".

Tema Kemerdekaan 2019: SDM Unggul, Indonesia Maju

Melansir Antara, tema kemerdekaan RI yang ke-74 langsung terinspirasi dari visi pemerintahan Presiden Jokowi.

Harapannya, dengan tema "SDM Unggul, Indonesia Maju”, bangsa Indonesia memiliki semangat untuk bisa membangun SDM yang unggul untuk kesejahteraan Indonesia ke dalam persaingan global dunia.

Tema Kemerdekaan 2020: Indonesia Maju

Di masa pandemi COVID-19 ini, kemerdekaan HUT RI mengambil tema besar "Indonesia Maju", yang disempurnakan penambahan logo "Bangga Buatan Indonesia".

Harapannya, tama dan logo ini melambangkan kecintaan warga terhadap produk dalam negeri.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT RI tahun ini hanya diselenggarakan dengan sederhana untuk mencegah penularan wabah COVID-19.

Upacara peringatan HUT RI tahun ini juga hanya dihadiri oleh Presiden (selaku Inspektur Upacara) dan Wakil Presiden serta petugas upacara yaitu Ketua MPR (selaku pembaca Teks Proklamasi), Menteri Agama (selaku pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.


Baca juga artikel terkait HUT RI atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight