Bahasa Indonesia

Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Struktur dan Contoh

Oleh: Rizal Amril Yahya - 15 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah pengertian teks laporan percobaan beserta struktur dan contohnya.
tirto.id - Teks laporan percobaan biasanya dibuat oleh peneliti setelah melakukan sebuah
penelitian/percobaan. Teks ini merupakan bentuk pertanggungjawaban peneliti atas penelitian yang ia lakukan.

Teks laporan percobaan berisi semua proses penelitian/percobaan dan hasil yang didapat setelahnya.

Melalui teks ini, orang lain dapat mempelajari percobaan yang dilakukan beserta hasil yang didapatkan. Dengan demikian, percobaan/penelitian dapat berguna untuk menambah pengetahuan orang lain.


Jurnal ilmiah, skripsi, dan tesis merupakan beberapa contoh teks laporan percobaan. Ketiga jenis teks tersebut berisi mengenai sebuah penelitian dan hasil yang didapat, misalnya mengetahui manfaat jahe bagi tubuh.


Struktur Teks Laporan

Dilansir dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, terdapat struktur dasar yang perlu diperhatikan ketika menuliskan teks laporan percobaan.

Pertama, menuliskan tujuan melakukan percobaan. Tujuan percobaan biasanya dapat dilihat dari judul dan pendahuluan dalam teks laporan percobaan. Menuliskan tujuan percobaan membantu pembaca memahami percobaan yang dilakukan.

Kedua, penjelasan alat dan bahan. Ketika menuliskan teks laporan percobaan, alat dan bahan harus dituliskan dengan lengkap. Hal ini berguna agar pembaca dapat mencoba percobaan yang dilakukan.



Ketiga, informasi langkah demi langkah yang dilakukan dalam percobaan. Langkah-langkah yang dilakukan harus dituliskan agar pembaca teks laporan mengetahui dari mana hasil percobaan dapat terjadi.

Keempat, menuliskan hasil dari percobaan yang dilakukan. Hasil percobaan merupakan jawaban atas pertanyaan besar dari sebuah percobaan/penelitian. Tujuannya, agar orang lain dapat mengetahui hasil percobaan perlu dituliskan.

Hasil percobaan juga perlu dituliskan serinci mungkin dan tak boleh direkayasa. Jika hasilnya tak sesuai harapan, maka itulah yang dituliskan.

Misalnya, dalam penelitian tentang manfaat jahe bagi tubuh manusia, hasil penelitian tersebut merupakan jawabannya, apa saja manfaatnya, kandungan apa yang bermanfaat. Dan jika ternyata tidak berkhasiat, maka perlu dituliskan mengapa tidak berkhasiat, atau apa dampak buruk yang dihasilkan.

Keempat hal di atas merupakan struktur dasar teks laporan percobaan. Dalam penelitian yang lebih sulit dilakukan seperti dalam teks skripsi, tesis, atau jurnal ilmiah, struktur penulisannya menjadi lebih kompleks.

Namun, secara garis besar, struktur penulisan teks laporan percobaan pasti memuat empat hal di atas.



Contoh Teks Laporan Percobaan

Berikut ini merupakan contoh teks laporan percobaan sederhana:

Membuat Magnet

Penjelasan ini akan memberikan tata cara membuat magnet dengan memanfaatkan arus listrik.

Alat dan bahan:

  • lima buah jarum,
  • kawat penghantar listrik,
  • dua buah baterai,
  • sebuah paku dengan panjang 5 cm.

Langkah-langkah:

  • Melilitkan kawat pada paku, sisakan kawat di tiap ujung paku untuk ditempelkan pada baterai.
  • Ujung kawat yang telah disiapkan ditempelkan pada baterai. Satu ujung ditempelkan pada kutub positif baterai, dan satu ujung lain pada kutub negatif baterai.
  • Dekatkan paku pada jarum yang telah disiapkan.

Hasil percobaan:

  • Paku yang didekatkan pada jarum akan menarik jarum seperti magnet. Hal tersebut dapat terjadi karena paku telah dialiri listrik dari baterai dan menghasilkan efek elektromagnetik yang dapat menarik besi.

Baca juga artikel terkait TEKS LAPORAN PERCOBAAN atau tulisan menarik lainnya Rizal Amril Yahya
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Rizal Amril Yahya
Penulis: Rizal Amril Yahya
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight