Bahasa Indonesia

Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 17 Feb 2021 09:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) masuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, berikut adalah penjelasannya.
tirto.id - Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) merupakan teks yang mencakup gambaran umum dari hasil pengamatan (observasi), lalu dijabarkan secara lengkap oleh penulis melalui deskripsi.

Melalui teks ini, seseorang bisa memberikan penjelasan terhadap bentuk, ciri, dan sifat umum dari benda, hewan, tumbuhan, manusia, bahkan peristiwa yang diamati.

Sebagaimana tertuang dalam buku CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS karya Tomi Rianto, LHO disusun berdasarkan struktur, yakni judul, klasifikasi umum, dan deskripsi.


Melalui judul, penulis bisa memberikan gambaran terhadap pembaca terkait apa yang akan disampaikan di dalam tulisannya. Lalu, klasifikasi umum berguna untuk memperkenalkan fenomena dalam garis besar sebelum dijabarkan lebih jelas di bagian deskripsi.

Struktur ini hampir sama seperti yang dijelaskan oleh Minami Try Astuti dalam buku Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019:10). Ia menjelaskan bahwa struktur LHO dibagi menjadi tiga, yakni definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan.

Sebenarnya, baik dalam buku Tomi maupun Minami, keduanya memiliki arti yang sama. Perbedaannya hanya pada judul yang sudah pasti dibuat dan akhir teks yang ditutup oleh simpulan.

Bagian simpulan, seperti yang diungkap Minami, hanya opsional dan jika tidak ditulis tidak akan mengubah isi yang telah tercantum di bagian klasifikasi umum dan deskripsi.

Sifat teks LHO diklaim objektif. Oleh sebab itu, agar bisa memahami apa yang disampaikan di dalam teks seseorang harus bisa bertindak objektif pula. Dimulai dari sesuatu yang bersifat umum, penjabaran akan disajikan secara lengkap melalui deskripsi berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Infografik SC Teks Laporan Hasil Observasi
Infografik SC Teks Laporan Hasil Observasi. tirto.id/Sabit


Mengapa Penting untuk Memahami Teks Hasil Observasi?


Baik dalam ujian atau tugas sehari-hari yang berkaitan dengan pelajaran bahasa Indonesia, terdapat beberapa soal yang menyuruh peserta didik untuk menjawab soal terkait LHO. Bahkan, tidak jarang tugas yang diberikan adalah membuat teks tersebut.

Maka dari itu, penting bagi mereka yang ingin menciptakan LHO mengetahui bagaimana cara membuatnya. Namun, tujuan LHO juga perlu diketahui sebagai pertimbangan awal sebelum memulai langkah pembuatan.

Dalam bukunya, Tomi Rianto menjelaskan beberapa tujuan dari Teks Laporan Hasil Observasi, yakni mengatasi masalah, memperoleh keputusan yang dirasa efektif, mengetahui perkembangan masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan, hingga menemukan pembaruan sebagai penyelesaian (Hlm.2).

Cara Membuat Teks Laporan Observasi

1. Lakukan observasi atau pengamatan terhadap objek yang ingin diteliti.

2. Buat judul yang sesuai untuk mengawali pembuatan teks.

3. Susun kalimat pembuka, biasanya berupa definisi umum dari objek.

4. Buatlah kalimat dalam bentuk paragraf untuk melanjutkan pembuka. Isinya adalah cabang dan fokus yang ingin disampaikan dari sesuatu yang sebelumnya umum.

5. Tulis kalimat atau paragraf sebagai penutup (kesimpulan).


Baca juga artikel terkait TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight