Advertorial

Tabungan BRI Simpedes, Merawat Tradisi dengan Teknologi

Oleh: Advertorial - 12 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Seiring kemajuan zaman, bank kini tak lagi hanya sebagai tempat menyimpan dana, tetapi juga bersifat transaksional.
tirto.id - Salah satu cara ampuh meningkatkan animo masyarakat untuk menabung adalah dengan undian berhadiah. Semakin banyak menabung, semakin banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satu program undian berhadiah yang amat populer di Indonesia adalah Panen Hadiah Simpedes yang diadakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dua kali dalam setahun. Syarat untuk berpartisipasi terbilang mudah: saldo tabungan tak boleh kurang dari Rp100 ribu setiap bulan.

Panen hadiah—rumah, ratusan mobil, ribuan sepeda motor, mesin cuci, televisi, dan lainnya—ini menjadi daya tarik BRI Simpedes dan dengan cepat mendapat tempat di hati masyarakat.

Tahun lalu, Ramli, seorang petani rumput laut asal Kecamatan Pajukukang, Bantaeng, Sulawesi Selatan, tiba-tiba mendapat hadiah mobil Daihatsu Sigra.

“Saya kaget, katanya menang undian,” ujarnya. Ia tak menyangka keputusannya membuka rekening tabungan pada September 2019 bakal mendatangkan rezeki.

"Senang sekali dan tidak menyangka bisa dapat mobil Suzuki Ertiga,” kata Nurul Dyah Irawati. Dua puluh tahun menabung, ibu rumah tangga asal Telukan, Grogol, Sukoharjo, juga tak pernah menduga akan memenangkan undian, apalagi sampai membawa pulang satu unit mobil.

Perjalanan Panjang BRI


Perjalanan panjang BRI dimulai dari Purwokerto, Jawa Tengah. Kala itu, Raden Bei Aria Wirjaatmadja membangun lembaga untuk mengelola dana kas masjid dan menyalurkannya ke masyarakat. Lembaga itu diberinya nama De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Indlandsche Hoofden (“Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto”).

Berkat modal yang terus bertambah, pada 16 Desember 1895, “Bank Perkreditan Rakyat” pertama di Indonesia resmi didirikan dengan nama Hulp-en Spaarbank der Indlandsche Bestuurs Ambtenareen. Sempat berganti nama beberapa kali, pemerintah akhirnya menetapkan kembali nama BRI pada 1968.

Sejak saat itu, BRI menunjukkan eksistensi dan semangat untuk terus bergerak mengikuti zaman. Tabungan BRI Simpedes juga telah puluhan tahun mendampingi masyarakat Indonesia dan tetap menjadi andalan. Hingga saat ini, salah satu bank terbesar milik pemerintah ini telah melayani lebih dari 94 juta nasabah mikro.

Tabungan BRI Simpedes jadi populer karena menawarkan banyak manfaat untuk nasabah, terutama bagi mereka yang tinggal di kota kecil dan perdesaan. Simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan ini penyetorannya dapat dilakukan setiap saat. Frekuensi dan jumlah pengambilannya tak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi. Jaringan BRI yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan terhubung secara online menjadikannya begitu mudah dijangkau. Hingga sekarang, BRI menjadi bank dengan unit kerja terbanyak di Indonesia, mencapai lebih dari 10.396 unit kerja. Ini membuat banyak orang merasa terhubung dan mudah menabung di BRI.

“Saya memilih menabung di BRI karena dekat dari rumah jadi lebih mudah. Selain itu, kebanyakan orang di sini juga menabung di BRI,” kata Ramli.

Infografik Advertorial BRI Menjawab Tantangan Digital Banking
Infografik Advertorial BRI Menjawab Tantangan Digital Banking. tirto.id/Mojo


Digitalisasi Membangun Negeri



Survei Inventure Indonesia-Alvara Research Center (2021) menunjukkan pandemi Covid-19 membuat penetrasi digital kian masif di sektor perbankan. Layanan perbankan digital, seperti internet banking, mobile banking, dan e-wallet menjadi lebih sering digunakan oleh nasabah karena contactless menjadi prioritas utama. Fenomena ini diamini juga oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

"Dulu kan masyarakat harus sowan (bertemu) ke para bankir, mau transfer, mau ambil uang, mau setor uang, dan sekarang you have to service that melalui digital banking. Sekarang masyarakat inginnya bertransaksi hanya melalui handphone,” ujar Perry pada Januari 2021 lalu.

Ketika menyadari pentingnya digitalisasi agar beragam layanan perbankan kian mudah diakses oleh nasabah, BRI pun bergerak cepat. Membuka rekening maupun transaksi harian rekening Tabungan BRI Simpedes sekarang bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo (BRI mobile). Dan tak hanya berfungsi sebagai mobile banking, satu aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan transaksi, pembelian pulsa dan token listrik, pembayaran tagihan, hingga fitur top up uang elektronik.

Rutinitas bulanan seperti mengisi token listrik, mengisi pulsa dan uang elektronik, hingga mengecek mutasi rekening sampai dengan satu tahun ke belakang, semua bisa dilakukan lewat BRImo. Tarik tunai tanpa kartu ATM pun bukan hal mustahil. BRImo bahkan sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint agar transaksi perbankan harian lebih praktis dan aman.

Untuk mendukung digitalisasi di semua kalangan, BRI melakukan kampanye Simpedes Si Serba Bisa. Kampanye ini dilakukan agar para nasabah, terutama pelaku usaha, bisa lebih mobile dan mudah dalam melakukan urusan perbankan. Karena sering sekali untuk urusan perbankan, nasabah harus meninggalkan pekerjaannya barang sebentar.

Dengan Simpedes Si Serba Bisa, kini buka rekening maupun bertransaksi bisa dilakukan di mana saja. Tabungan BRI Simpedes juga membebaskan biaya admin sehingga pelaku usaha bisa menabung maupun melakukan transaksi harian tanpa tambahan biaya apa pun.

Namun untuk mengembangkan usaha dan memaksimalkan keuntungan, fasilitas lengkap di atas belum sempurna bila tak diikuti dengan sumber daya yang mumpuni. Maka lewat aplikasi Link UMKM, BRI Simpedes turut memberi pendampingan kepada para pelaku UMKM berupa pelatihan, perbaikan usaha, sampai dengan pemasaran.

Harapannya, segala fitur Tabungan BRI Simpedes bisa memberi makna bagi para pelaku usaha dan membuka jalan bagi kehidupan yang lebih baik—sejalan dengan komitmen BRI dalam membangun negeri.

Seiring kemajuan zaman, bank kini tak lagi hanya sebagai tempat menyimpan dana, tetapi juga bersifat transaksional. Selain undian berhadiah, bank juga harus bisa mendukung gaya hidup demi mendapatkan loyalitas nasabah.

Maka bukan cuma perkara hadiah, saat ini BRI hadir dengan layanan digital inovatif dengan beragam fitur canggih untuk mendukung gaya hidup kekinian. Di era mobile dan digital, BRI bertransformasi menjadi bank inovatif dan didukung oleh teknologi canggih. Tanpa melupakan tradisi dan tetap merakyat, BRI terus menyuguhkan peningkatan pelayanan online dan offline untuk terus bisa memberikan pelayanan terbaik.
DarkLight