Sudah Daftar, Ini Cara Transaksi Beli BBM Subsidi di SPBU

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 27 Jul 2022 12:27 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Masyarakat yang ingin membeli Pertalite dan Solar harus mendaftar program subsidi tepat mypertamina dan menunjukan QR Code kepada operator SPBU.
tirto.id - PT Pertamina Patra Niaga masih membuka pendaftaran program subsidi tepat mypertamina bagi kendaraan roda empat untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi Pertalite dan Solar. Pendaftaran kali ini diperluas di 50 kota/kabupaten dari sebelumnya tahap pertama hanya 11 wilayah.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi yang telah ditetapkan dalam website subsiditepat.mypertamina.id. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa melalui booth pendaftaran yang disiapkan di SPBU dan lokasi lainnya. Apabila konsumen sudah melengkapi data diri dan kendaraan, serta mendapatkan QR Code, langkah selanjutnya melakukan pengisian BBM Subsidi di SPBU.


Lalu, bagaimana cara bertransaksi bagi konsumen yang kendaraannya sudah terdaftar?


1. Siapkan QR Code yang sudah diunduh sebelumnya dari website subsiditepat.mypertamina.id.

2. Menunjukkan QR Code tersebut kepada operator SPBU, bisa melalui ponsel atau yang sudah dicetak.

3. Pengendara isi Solar subsidi atau Pertalite sesuai dengan kendaraan yang berlaku.

4. Lakukan pembayaran menggunakan metode tunai (cash) atau non-tunai (kartu kredit/debit).

Untuk diketahui, hingga Selasa (26/7/2022) kemarin sudah ada 250.000 kendaraan yang mendaftar Program Subsidi Tepat Sasaran. Pendaftaran dilakukan baik melalui website subsiditepat.mypertamina.id maupun melalui aplikasi MyPertamina.

"Per kemarin sudah lebih dari 250 ribu kendaraan," kota Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Irto Ginting kepada Tirto.

Dia menjelaskan masyarakat yang mendaftarkan kendaraannya pada Program subsidi tepat ini tidak hanya terbatas pada kota atau kabupaten yang memang secara resmi telah dibuka periode pendaftarannya. Namun, seluruh masyarakat seluruh Provinsi di Indonesia juga bisa mendaftar.


Baca juga artikel terkait SUBSIDI TEPAT MYPERTAMINA 2022 atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight