Menuju konten utama

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Jawaban

Berikut contoh soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka beserta jawabannya. Ada soal UAS pilihan ganda dan essay.

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Jawaban
Ilustrasi Kamus. foto/IStockphoto

tirto.id - Sejumlah contoh soal UAS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka dan jawabannya bisa dipelajari untuk mematangkan persiapan jelang Ujian Akhir Semester.

Mempelajari contoh soal juga berguna meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Soal-soal UAS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 biasanya disajikan dengan 2 jenis pertanyaan, yaitu pilihan ganda dan essay.

Soal UAS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka berhubungan dengan materi teks argumentasi, teks deskripsi, teks eksplanasi, teks cerpen, teks prosedur, dan lain sebagainya. Tema-tema tersebut termasuk dalam materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1.

Ujian Akhir Semester (UAS) biasanya dilaksanakan pada akhir bulan November atau awal Desember. Hasil UAS akan menjadi dasar bagi guru untuk memberikan penilaian terhadap capaian belajar peserta didik selama semester ganjil.

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Materi Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka dapat dipelajari dari dua buku yang diterbitkan oleh Kemdikbudristek pada 2021. Buku Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka itu bebas diakses oleh publik.

Pertama adalah buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI (2021) yang berisikan 6 bab dengan topik sebagai berikut:

Kedua, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut: Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA Kelas XI (2021) yang mencantumkan 7 bab pembahasan, yakni:

  • Teks Deksripsi Bertema Keindahan Alam Indonesia
  • Teks Eksplanasi Bertema Beragam Fenomena Alam
  • Teks Prosedur Bertema Beragam Kegiatan
  • Teks Rekon Berbentuk Berita Bertema Peristiwa
  • Apresiasi Puisi Bertema Kehidupan Bermakna
  • Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan
  • Apresiasi Drama Bertema Pendidikan.

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

Beberapa soal Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 di bawah ini terbagi dalam kategori pilihan ganda dan essay. Sejumlah pertanyaan Bahasa Indonesia kelas 11 tersebut telah disesuaikan dengan materi Kurikulum Merdeka.

Berikut sejumlah contoh soal Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka dan jawabannya:

A. Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

1. Bacalah dengan teliti teks eksplanasi di bawah ini untuk menjawab pertanyaan!

(1) Mengingat gelombang air tsunami memiliki kekuatan amat besar, wajar bangunan di sekitar pesisir bisa lenyap dalam waktu singkat. (2) Apalagi gelombang tsunami bergerak dengan kecepatan tinggi akibat daya dorong kuat dari arah laut. (3) Gelombang tsunami rata-rata bisa bergerak dengan kecepatan 500-1000 km per jam. (4) Saat mencapai area pesisir, kecepatan gelombang tsunami baru mulai melambat. (5) Meskipun kecepatannya berkurang, laju gelombang tsunami tetap bisa menghancurkan wilayah jangkauannya.

Dari 5 kalimat dalam teks di atas, yang menunjukkan pendapat adalah nomor....

a. (4)

b. (5)

c. (3)

d. (1)

Jawaban: d

2. Dalam kalimat 'Meskipun kecepatannya berkurang, laju gelombang tsunami tetap bisa menghancurkan wilayah yang jangkauannya', yang termasuk katakonjungsi subordinatif konsesif adalah....

a. Berkurang

b. Laju

c. Meskipun

d. Yang

Jawaban: c

3. Baca dengan cermat kutipan teks di bawah ini!

Sebagai persiapan, siapkan dua jenis bahan yang berupa rimpang kencur dengan ukuran sebesar ibu jari dan sejumput garam sesuai selera. Untuk langkah yang pertama, rimpang kencur harus diparut. Berikutnya, hasil parutan tadi dicampur dengan segelas air hangat. Langkat selanjutnya, campuran parutan kencur dan air diperas dan disaring. Air dari hasil perasan yang disaring tersebut didiamkan agar mengendap. Setelah itu, ambil air tanpa menyertakan endapannya. Campur air kencur dengan garam sebelum meminumnya.

Penggalan artikel di atas merupakan contoh teks....

a. prosedur

b. deskripsi

c. eksplanasi

d. argumentasi

Jawaban: a

4. Baca dengan teliti penggalan artikel di bawah ini!

Ikan lele mampu hidup dan berkembang dengan mengonsumsi sejumlah jenis makanan alamiah, seperti siput, udang kecil, cacing, jentik nyamuk, dedaunan, dan bahkan lumut. Agar lebih cepat berkembang besar, ikan-ikan lele yang dibudidayakan dalam kolam bisa diberi makanan tambahan seperti dedak halus atau sisa makanan. Oleh karena itu, ikan lele sering kali disebut sebagai jenis hewan omnivora.

Dalam penggalan teks di atas, konjungsi antarkalimat yang digunakan adalah ....

a. oleh karena itu

b. dapat

c. hingga

d. jika

Jawaban: a

5. Dalam struktur teks berita yang berbentuk piramida terbalik, informasi paling penting ada di bagian....

a. Awal

b. Tengah

c. Akhir

d. Kesimpulan

Jawaban: a

6. Saat menulis cerpen, setiap pengarang bisa dipengaruhi faktor dari lingkungan sosial. Faktor tersebut dinamakan....

a. penokohan

b. latar belakang penulis

c. latar belakang masyarakat

d. sudut pandang

Jawaban: c

7. Nilai yang menunjukkan kebaikan dan keburukan tokoh dalam sebuah cerita disebut...

a. nilai agama

b. nilai moral

c. nilai budaya

d. nilai sosial

Jawaban: b

8. Di antara istilah berikut ini, yang bukan termasuk setting cerita adalah....

a. tokoh

b. waktu

c. suasana

d. tempat

Jawaban: a

9. Karakter utama yang keputusannya bisa menentukan alur cerita, kerap digambarkan sebagai tokoh pemilik sifat positif, dan menghadapi banyak kendala atau konflik adalah....

a. tritagonis

b. antagonis

c. campuran

d. protagonis

Jawaban: d

10. Memperkenalkan tokoh-tokoh dan latar dalam cerita termasuk tahapan alur....

a. perkenalan

b. pemunculan masalah

c. menuju konflik

d. ketegangan

Jawaban: a.

11. Berikut ini yang bukan termasuk unsur intrinsik cerpen adalah....

a. tema

b. alur

c. setting

d. latar belakang

Jawaban: d.

12. Karya sastra yang mengisahkan manusia beserta seluk-beluknya melalui pemaparan singkat dan ringkas adalah....

a. cerita sejarah

b. legenda

c. cerita pendek

d. hikayat

Jawaban: c

13. Baca dengan cermat petikan dari sebuah cerpen berikut!

Sewaktu Pak Karmin menikah dengan istri keduanya, aku masih bocah. Kampung kami belum dilintasi jaringan listrik. Tidak ada televisi, apalagi lampu-lampu jalan pada malam hari. Setiap menjelang petang, orang-orang desa sibuk menyiapkan lampu petromaks di ruang tamu masing-masing. Sebagian petromaks dipasang di perempatan jalan. Ketika malam datang, sunyi adalah pasti. Sesekali saja suara burung malam, anjing liar, kodok, jangkrik, alunan gamelan tayub menjadi selingan. Selebihnya, sepi dan mengantuk.

Dalam petikan cerpen di atas, unsur ekstrinsik yang ditunjukkan oleh penulis adalah latar belakang....

a. kebudayaan

b. karakter

c. ekonomi

d. sosial-masyarakat

Jawaban: d

14. Baca dengan cermat kutipan sebuah cerpen di bawah ini!

Hari ini, saya terlambat bangun pagi. Jam dinding di kamar telah menunjukkan pukul 7. Tanpa lebih dulu mandi dan makan, saya langsung memakai seragam, menaiki sepeda, dan bergegas menuju sekolah. Di perjalanan, saya mengayuh sepeda sekuat-kuatnya, hingga tulang kedua paha terasa ditusuk-tusuk. Saat melintasi pasar kliwon, tak jauh dari sekolah saya, mendadak muncul pria tua memanggul sekarung sayur berjalan dari lawan arah sepeda saya. Jarak kami amat dekat, mustahil menghindar. Yang terjadi setelah itu adalah teriakan dan jerit kesakitan.

Alur cerita yang ada dalam teks di atas adalah...

a. alur maju

b. alur mundur

c. alur maju-mundur

d. alur lambat

Jawaban: a

15. Kumpulan data atau pengetahuan tentang fakta yang diolah dengan metode tertentu sehingga memiliki makna untuk penerimanya disebut dengan istilah....

a. opini

b. berita

c. kabar

d. informasi

Jawaban: d

16. Gagasan pokok yang menjadi dasar cerita dalam sebuah cerpen disebut...

a. setting

b. plot

c. tema

d. tokoh

Jawaban: c

17. Tujuan teks prosedur adalah....

a. menjelaskan cara mengerjakan sesuatu dengan gambar jelas

b. menjelaskan cara mengerjakan sesuatu dengan langkah yang berurutan

c. menjelaskan cara mengerjakan sesuatu dengan metode yang mudah

d. menjelaskan cara mengerjakan sesuatu dengan keterangan yang lengkap

Jawaban: b

18. Dalam teks prosedur, umumnya ada pemaparan informasi daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengerjakan sesuatu. Setelah alat dan bahan dijelaskan, informasi apa yang perlu dijelaskan oleh penulis teks prosedur?

a. langkah-langkah mengerjakan

b. solusi atas masalah yang terjadi

c. informasi tambahan yang penting

d. manfaat melakukan suatu kegiatan/pekerjaan

Jawaban: a

19. Baca dengan cermat 2 teks prosedur berikut ini!

Teks 1: Untuk persiapan awal, sediakan bahan-bahan berupa kertas karton, kertas kado, sumpit, lem, gunting, serta tutup kaleng bekas. Gunakan tutup kaleng menjadi cetakan untuk menggambar bentuk lingkaran di atas kertas karton. Kamu dapat membuat 2 atau lebih lingkaran sesuai ukuran kipas yang diinginkan. Selanjutnya, gunting gari lingkaran di kertas karton. Pastikan pinggir dari lingkaran itu rata. Berikutnya, oleskan lem ke salah satu ujung sumpit. Tempel ujung sumpit tersebut di tengah lingkaran kertas karton. Lalu, biarkan lem mengering sehingga ujung sumpit menempel kuat ke kertas karton. Gunting lagi gambar lingkaran di kertas kado yang berwarna menarik. Oleskan lem di permukaan kertas karton yang sudah ditempel dengan sumpit. Tempelkan lingkaran kertas kado di atasnya sambil ditekan agar terekat. Hal serupa lakukan untuk sisi lain lingkaran kertas karton. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kipas kertas yang tertutup kertas kado di kedua sisinya. Kipas sudah jadi dan bisa pakai buat menghilangkan gerah atau sebagai hiasan.

Teks 2: Klik menu "Start" di pojok kiri bawah layar komputer. Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang berisi pertanyaan apakah pengguna hendak mematikan komputer. Klik tombel OK/Ya untuk melanjutkan. Setelah beberapa detik, layar akan menjadi gelap dan komputer mati. Tanda komputer benar-benar mati adalah tidak ada lagi suara dari CPU. Mematikan komputer dengan menekan tombol power sebaiknya tidak dilakukan, kecuali saat kondisi darurat. Tindakan itu bisa merusak perangkat keras maupun sistem operasi komputer. Setelah itu, matikan perangkat lainnya yang tersambung ke komputer, seperti monitor, speaker, printer, stabilizer, dan lain sebagainya. Tekan tombol power perangkat-perangkat tadi untuk mematikannya. Jangan lupa buat mencabut sambungan kabel listrik perangkat-perangkat tersebut dari stop kontak. Tujuannya untuk menghemat daya listrik. Langkah tadi juga berguna mencegah korsleting listrik yang bisa merusak perangkat.

Perbedaan isi kedua teks prosedur tersebut adalah....

a. cara buat kipas kertas (teks 1), dan cara menghemat listrik (teks 2)

b. cara memakai kipas kertas (teks 1), dan cara cegah korsleting listrik (teks 2)

c. cara buat kipas kertas (teks 1), dan cara memperbaiki komputer (teks 2)

d. cara buat kipas kertas (teks 1), dan cara mematikan komputer dengan benar (teks 2)

Jawaban: d

20. Bacalah dengan cermat penggalan teks prosedur yang ada di bawah ini!

Berikut ini tata cara membikin layang-layang:

(1) Bikin kerangka layang-layang memakai 2 ruas potongan bambu.

(2) [....]

(3) Ikat ujung-ujung ruas bambu memakai benang, dengan membelah ujung bambu agar bisa menjadi pengait.

(4) Sediakan kertas polos atau berwarna untuk diletakkan di bawah kerangka tersebut.

(5) Bikin gambar pola tertentu di atas kertas menggunakan cat atau pensil warna.

(6) Gunting kertas tadi sesuai pola yang digambar, dan tambahkan lebar 2 cm lebih besar dari garis pola dasar guna memberi ruang lipatan yang menutup kerangka layang-layang.

(7) Tempelkan kertas memakai lem ke kerangka layang-layang dan benang pengaitnya.

(8) Layang-layang jadi dan siap dimainkan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi keterangan langkah di nomor 2 adalah....

a. Ambil kertas tipis yang halus dan beri warna menggunakan cat sesuai keinginan.

b. Tempelkan bambu dengan kertas memakai lem sehingga terbentuk layang-layang yang indah.

c. Gabung 2 ruas bambu pakai benang dengan posisi menyilang dan sisi kanan-kiri sama panjang.

d. Potong bambu dan tempelkan dengan kertas agar terbentuk layang-layang yang akan dimainkan

Jawaban: c

21. Baca dengan teliti penggalan teks prosedur di bawah ini!

Tata cara memainkan angklung yang benar adalah sebagai berikut:

(1) Tangan kiri memegang bagian tengah angklung, tepat di titik simpul bambu.

(2) Posisikan telapak tangan kiri menghadap ke atas atau bawah

(3) Posisikan angklung tegak lurus dengan tubuh.

(4) Tarik tabung bambu paling bawah memakai tangan kanan.

(5) Goyangkan angklung ke arah kiri dan kanan dengan cepat.

(6) Gerakkan tabung bambu secara teratur hingga bunyi angklung jelas dan merata.

(7) Saat memainkan angklung, posisi tubuh sebaiknya berdiri.

Kesimpulan yang tepat untuk isi teks prosedur di atas adalah.....

a. Bunyi angklung bergantung pada frekuensi goyangan tabungnya.

b. Agar suaranya nyaring, angklung harus sering digetarkan.

c. Bermain angklung sambil duduk atau berdiri sama baiknya.

d. Memegang angklung lebih baik pakai tangan kanan.

Jawaban: a

22. Teks prosedur memberikan petunjuk tentang....

a. cara mengerjakan atau melakukan sesuatu.

b. memahami topik tertentu dengan jelas

c. memahami informasi benar dan salah

d. mengenal sesuatu yang masih jarang diketahui

Jawaban: a

23. Berikut ini adalah contoh tema untuk teks prosedur, kecuali....

a. cara melamar pekerjaan untuk lulusan SMA

b. cara membaca buku secara efektif dan cepat

c. cara menabung di bank untuk pelajar SMP

d. cara polisi mengungkap kasus misterius

Jawaban: d

24. Dalam kalimat "Daerah itu basis penghasil beras ," arti kata 'basis' adalah....

a. dasar

b. utama

c. barang

d. banyak

Jawaban: a

25. Dalam kalimat "Timah menjadi komoditas utama ekspor Indonesia," kata 'komoditas' artinya....

a. barang keperluan

b. barang dagangan utama

c. barang pinjaman

d. barang langka

Jawaban: b

26. Dalam kalimat "Teknologi itu bisa direplikasikan di daerah lain" arti dari kata 'replikasi' adalah....

a. penyeragaman

b. perbandingan

c. perluasan

d. penduplikatan

Jawaban: d

26. Dalam kalimat "Masyarakat perlu adaptasi sebelum beralih ke makanan pokok selain beras," arti kata 'adaptasi' adalah....

a. pengenalan diri

b. pembinaan diri

c. instrospeksi diri

d. penyesuaian diri

Jawaban: d

27. Dalam kalimat "Warga memiliki inisiatif mengantisipasi banjir sejak bencana berulang terjadi setiap tahun," arti kata 'inisiatif' adalah....

a. prakarsa

b. mandiri

c. kreatif

d. kerja

Jawaban: a

28. Dalam kalimat "Biologi termasuk ilmu hayati," arti kata 'hayati' adalah....

a. berkenaan dengan ilmu alam

b. berkenaan dengan kehidupan

c. berkaitan dengan lingkungan

d. berkaitan dengan tanah

Jawaban: b

29. Berikut ini yang bukan contoh kata konjungsi urutan waktu adalah...

a. setelah itu

b. sebelum itu

c. selanjutnya

d. akan tetapi

Jawaban: d

30. Berikut ini yang bukan contoh konjungsi pertentangan adalah...

a. padahal

b. namun

c. sementara

d. sedangkan

Jawaban: c

B. Soal Essay Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

1. Berikan evaluasi setelah kamu membaca dengan cermat teks prosedur di bawah ini!

Buku sekolah termasuk benda yang sering digunakan oleh para pelajar. Agar buku tidak mudah rusak, perawatan perlu dilakukan. Salah satu cara merawat buku adalah dengan memberikan sampul.

Sebelum menyampul buku, sediakan bahan-bahan, yakni: kertas sampul; selotip atau lem; serta gunting. Kemudian, lakukan langkah-langkah berikut ini:

a. Letakkan kerta sampul dan buku di tempat rata seperti meja.

b. Lipat kertas sampul menjadi dua bagian

c. Letakkan buku di tengah-tengah lipatan kertas sampul tadi.

d. Lipat semua ujung kertas sampul ke dalam buku agar rapi

e. Kemudian potong ujung kertas sampul dan lipat seperti bentuk amplop.

f. Sobek sedikit kertas sampul di bagian lipatan yang berbentuk amplop.

g. Pasang selotip atau oleskan lem di lipatan mirip amplop agar menempel ke buku.

h. Tulis nama, kelas, dan keterangan lain di kertas putih

i. Tempel kertas putih tadi di bagian depan buku.

Jawaban:

Teks prosedur di atas dapat diberi judul "Cara Menyampul Buku Sekolah." Teks tersebut sudah menjelaskan langkah-langkah menyampul buku dengan baik. Penulis menyajikan ide yang menarik tentang tata cara menyampul buku sekolah. Topik cara menyampul ini juga menarik karena akan selalu dibutuhkan sepanjang buku kertas masih digunakan.

2. Baca dengan cermat teks eksplanasi berikut ini! Kemudian jawab sejumlah pertanyaan di bawahnya!

Kemiskinan merupakan kondisi ketika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan pokok tersebut seperti makanan, mengakses layanan kesehatan, tempat tinggal yang layak, baju atau pakaian, hingga pendidikan. Maka dari itu, kondisi hidup orang-orang miskin di bawah standar kelayakan.

Sebagai contoh, orang miskin sulit memenuhi kebutuhan nutrisi diri maupun anaknya karena tidak memiliki dana untuk membeli makanan yang cukup. Orang miskin juga biasanya hidup di rumah yang tidak layak, berada di tanah bukan miliknya, atau bahkan menjadi gelandangan. Saat sakit, orang miskin juga kesulitan mendapatkan layanan kesehatan faktor ketidaktahuan ataupun kekurangan dana.

Kemiskinan dapat disebabkan oleh beragam jenis faktor. Contoh faktor penyebab kemiskinan ialah minimnya upah atau langkanya pekerjaan, tidak berpendidikan atau kualitas pendidikan rendah, perilaku boros, sifat malas, dan lain sebagainya.

Tingginya angka kemiskinan bisa menjadi bukti kegagalan negara dalam menjalankan pembangunan. Meskipun negara telah menyelenggarakan pembangunan dengan pesar, kesenjangan sosial akan terjadi jika jumlah orang kaya hanya sedikit sementara mayoritas rakyat hidup miskin. Kesenjangan dapat menjadi akar banyak masalah sosial, seperti konflik masyarakat hingga tingginya angka kriminalitas.

Oleh karena itu, pembangunan di sebuah negara perlu dijalankan dengan strategi yang tepat untuk mendorong ada pemerataan kesejahteraan. Pemerintah juga perlu menjalankan strategi pengentasan kemiskinan melalui pemberian bantuan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Berbagai contoh kebijakan pengurangan kemiskinan adalah penyaluran bantuan untuk orang miskin, penyediaan fasilitas kesehatan gratis, menggratiskan pendidikan, upah minimum dinaikkan sesuai angka pergerakan inflasi, memperluas lapangan kerja, dan lain sebagainya.

Setelah membaca teks eksplanasi tersebut, berikan jawaban untuk sejumlah pertanyaan berikut:

(I) Berikan judul yang tepat untuk teks eksplanasi tentang kemiskinan di atas?

(II) Apakah kamu setuju dengan pendapat penulis teks eksplanasi di atas, dan jelaskan alasannya?

(III) Berdasarkan teks eksplanasi di atas, apa penyebab kemiskinan?

Jawaban:

(I) Judul yang menurut saya tepat untuk teks di atas adalah "Penyebab Kemiskinan dan Solusi Mengatasinya"

(II) Ya, kemiskinan merupakan permasalahan sosial yang perlu diatasi oleh pemerintah suatu negara menggunakan strategi yang tepat. Tingginya kemiskinan menandakan kegagalan program pembangunan dalam mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat.

(III Kemiskinan bisa disebabkan oleh faktor internal berupa rendahnya kualitas sumber daya manusia si orang miskin. Namun, ada juga faktor eksternal yang menjadi penyebab kemiskinan, seperti minimnya lampangan kerja, pembangunan yang tidak merata, dan sulitnya mengakses layanan publik untuk kebutuhan dasar seperti kesehatan dan pendidikan.

3. Cermati petunjuk di bawah ini untuk memberikan jawaban!

(I) Buat kalimat majemuk setara menggunakan kata “kontes.”

(II) Buat kalimat majemuk bertingkat menggunakan kata “robotika.”

(III) Buat kalimat majemuk setara berlawanan menggunakan kata “daring.”

(IV) Buat kalimat langsung dengan menggunakan kata “inovasi.”

(V) Buat kalimat tidak langsung menggunakan kata “buku.”

Jawaban:

(I) Peserta kontes robot di ITS harus membuat robot yang mampu bergerak menendang dan menggiring bola.

(II) Ayah akan memberi hadiah sepeda baru apabila Karin mau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotika.

(III) Yono ingin mengikuti kursus daring belajar Excel, tetapi ia mengurungkan niatnya karena tidak punya biaya.

(IV) “Saya senang dapat menciptakan inovasi di bidang industri pertanian padi organik," kata Andi.

(V) Bu Ani berpesan agar muridnya membaca buku-buku sastra yang tersedia di perpustakaan sekolah.

4. Buat 5 contoh kalimat menggunakan sejumlah jenis kata konjungsi temporal!

Jawaban:

(I)Ketika Lia datang, Anton sedang menulis beberapa bait puisi.

(II) Sementara Andi membaca buku, adiknya sibuk bermain gitar.

(III) Setelah memasak di dapur, dia mencuci piring dan gelas.

(IV) Dina pergi ke perpustakaan terlebih dahulu, kemudian mengikuti perkuliahan.

(V) Apabila hujan turun saat tengah malam, aku selalu sulit memejamkan mata.

5. Ingat kembali isi cerita dalam cerpen bertajuk "Tukang Cukur" karya Budi Darma untuk menjawab 4 pertanyaan di bawah ini!

(I) Apa tema utama dan tema tambahan dalam cerpen “Tukang Cukur” karangan Budi Darma?

(II) Siapa saja tokoh utama dan tokoh tambahan di cerpen "Tukang Cukur" karangan Budi Darma?

(III) Apa sudut pandang dalam cerpen “Tukang Cukur” karya Budi Darma!

(IV) Tunjukkan latar tempat, waktu, dan suasana dalam cerpen “Tukang Cukur” dan berikan alasannya!

Jawaban:

(I) Tema utama cerpen “Tukang Cukur” karangan Budi Darma membahas profil manusia yang oprtunis. Tema utama ini tergambar dalam cerita yang menjelasan sikap politik si Tukang Cukur. Ia dengan mudahnya beralih sikap dengan bergabung ke kelompok politik yang sedang dalam posisi kuat, meskipun disertai pengkhianatan pada kawan-kawan lamanya. Sementara itu, tema tambahan dalam cerpen “Tukang Cukur” adalah gambaran tentang kondisi kemiskinan di tengah masa revolusi kemerdekaan Indonesia. Gambaran itu terlihat pada tokoh Gito yang harus mengonsumsi makanan ala kadarnya dan mengenakan pakaian tidak layak.

(II) Tokoh utama dalam cerpen "Tukang Cukur" karya Budi Darma adalah sosok yang disebut sebagai Tukang Cukur. Tokoh ini memainkan peran utama dalam alur cerita. Banyak aspek dalam kehidupan si Tukang Cukung juga disorot dalam cerpen tersebut. Sementara itu, tokoh tambahan dalam cerpen "Tukang Cukur" karya Budi Darma terdiri dari Gito, Ayah, Ibu, Dasuki, Kakek Leman, dan Ruslan yang hanya disebut sesekali oleh penutur cerita.

(III) Sudut pandang cerpen "Tukang Cukur" yang dipakai oleh Budi Darma sebagai pengarang adalah sudut pandang orang ketiga.

(IV) Latar tempat dalam cerpen "Tukang Cukur" karangan Budi Darma adalah daerah bernama Kudus. Informasi ini terdapat di kutipan: “Gito, anak Getas Pejaten, kawasan pinggiran kota Kudus....” Latar waktu cerpen "Tukang Cukur" ialah periode September 1948 hingga Desember 1949 atau masa revolusi kemerdekaan Indonesia. Sementara itu, latar suasana cerpen "Tukang Cukur" adalah situasi yang menegangkan dan penuh kejutan. Suasana tegang itu muncul karena cerpen tersebut menggambarkan kondisi perang pada zaman revolusi kemerdekaan. Situasi yang penuh kejutan terlihat dari gambaran sikap politik dan tindakan si Tukang Cukur yang kerap berubah-ubah.

Baca juga artikel terkait BAHASA INDONESIA atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom