Menuju konten utama

Soal PTS Keahlian Dasar Busana SMK Kelas 10 Semester 1 & Jawaban

Soal PTS Keahlian Dasar Busana SMK kelas 10 Semester 1 & jawabannya berikut ini dapat jadi latihan menghadapi ujian.

Soal PTS Keahlian Dasar Busana SMK Kelas 10 Semester 1 & Jawaban
Ilustrasi PPDB. foto/Istockphoto

tirto.id - Penilaian Tengah Semester atau PTS umumnya tengah berlangsung bulan ini. Contoh soal PTS Kelas 10 SMK Tata Busana mata pelajaran Keahlian Dasar Busana beserta jawabannya bisa digunakan sebagai bahan belajar siswa untuk menghadapi PTS.

Keahlian Dasar Busana merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada Kelas 10 SMK jurusan Tata Busana. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa untuk mengeksplorasi segala hal yang akan membangun minat atau passion tentang busana.

Selain itu, mata pelajaran Keahlian Dasar Busana juga menyajikan beragam aktivitas dan ruang bagi siswa untuk berlatih sekaligus mengekspresikan kreativitas dalam pembelajaran Dasar-Dasar Busana.

Adapun materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Keahlian Dasar Busana pada Kelas 10 SMK Tata Busana meliputi:

Bab 1 Profil Teknopreneur, Peluang Usaha, dan Profesi di Bidang Busana

  • Konsep Menjadi Teknopreneur
  • Proyek Kewirausahaan di Bidang Busana
Bab 2 Dunia Industri dan Perkembangan Mode

  • Ekosistem Industri Mode
  • Perkembangan Mode Busana
  • Desainer dan Produk Modenya
  • Sustainable Fashion
  • Potensi Lokal dan Kearifan Lokal
Bab 3 Dasar Branding dan Marketing

  • Konsep Branding
  • Konsep Marketing
  • Strategi Marketing
Bab 4 Menggambar Mode

  • Dasar Ilustrasi
  • Membuat Desain Busana secara Manual
  • Membuat Desain Teknis secara Digital
Bab 5 Dasar Fashion Design

  • Komponen dalam Penciptaan Desain Busana
  • Desain Busana Berdasarkan Gaya dan Tampilan
Bab 6 Proses Produksi Busana

  • Produksi Busana di Industri
  • Sumber Daya Manusia di Industri Busana
Bab 7 Perkembangan Teknologi serta Isu-isu Global pada Bidang Busana

  • Perkembangan Proses Produksi pada Industri Busana
  • Teknologi Digital pada Industri Busana
  • Isu Global di Bidang Busana
  • Product Life Cycle
  • Aspek-Aspek Ketenagakerjaan
Bab 8 Dasar Pola

  • Teknik Pengukuran Tubuh
  • Pola Dasar Teknik Konstruksi
Bab 9 Teknik Dasar Menjahit

  • Mengoperasikan Mesin Jahit dan Mesin Penyelesaian
  • Teknik-Teknik Menjahit
  • Menjahit Busana Sederhana

Dengan memahami seluruh materi Keahlian Dasar Busana, para siswa akan dapat memahami, terampil, dan mencintai busana. Dengan beigtu, siswa diharapkan bisa mencapai cita-cita maupun impian untuk menjadi ahli busana sesuai bidangnya.

Contoh Soal PTS Dasar Busana SMK Kelas 10 dan Jawaban

Berikut merupakan contoh soal PTS Kelas 10 SMK Tata Busana mata pelajaran Keahlian Dasar Busana:

1. Gaya dalam berpakaian yang digunakan sehari‐hari oleh seseorang, baik di dalam kehidupan kesehariannya atau ketika orang tersebut menghadiri acara tertentu, bertujuan untuk menunjang penampilan. Menjadi bagian dari industri kreatif ini memang menjadi salah satu bidang yang tidak ada matinya dan selalu menarik untuk dilakukan inovasi. Manakah istilah yang tepat?

a. Fesyen

b. Trend

c. Style

d. Industri Busana

e. Desain Fesyen

Jawaban: A

2. Salah satu jenis industri kreatif. Industri ini memiliki keunggulan dalam hal adaptasi terhadap perubahan zaman. Oleh karenanya, industri ini menitikberatkan pada kreativitas dan inovasi pelaku industri. Inovasi pun terus bergulir dari anak muda. Meskipun untuk itu, mesti bermodal nekad. Industri apakah dalam penjelasan tersebut?

a. Fesyen

b. Trend

c. Style

d. Industri Busana

e. Desain Fesyen

Jawaban: D

3. Pekerjaan yang berhubungan dengan bidang fesyen sangatlah luas dan beragam. Selain bekerja, kalian juga bisa berwirausaha di bidang fesyen, mulai dari skala usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) hingga mengembangkannya menjadi usaha besar dengan banyak karyawan. Berwirausaha tentu saja sangat mudah dilakukan oleh seseorang yang sekolah di bidang busana (fesyen). Berikut merupakan beberapa pekerjaan di bidang fesyen, kecuali…

a. Garment technologist

b. Garment Mechanics

c. Fashion illustrator

d. Pattern maker

e. Fashion forecaster

Jawaban: B

4. Teknologi yang berkembang secara pesat dan teknologi tersebut dimanfaatkan serta dijadikan sebagai peluang usaha. Perkembangan teknologi yang begitu cepat memaksa perusahaan untuk berubah menjadi lebih canggih, modern dan sesuai dengan tuntutan pasar.

Teknologi memudahkan manusia dalam kehidupan sehari‐hari seperti berbelanja, berkendara, dan lain sebagainya. Kalau kalian merasa seseorang yang cerdas, inovatif, suka teknologi, dan berani mengambil risiko, kalian akan berkesempatan menjadi seorang….

a. Fashionpreneur

b. Technopreneur

c. Entrepreneur

d. Fashion business

e. Fashion forecaster

Jawaban: B

5. Istilah ini dikenal bagi seorang pengusaha/pebisnis startup (usaha/bisnis rintisan) yang memanfaatkan teknologi sebagai basis/kegiatan bisnisnya. Istilah apakah yang dimaksud…

a. Fashionpreneur

b. Technopreneur

c. Entrepreneur

d. Fashion business

e. Fashion forecaster

Jawaban: B

Soal untuk no. 6 sampai dengan no. 11!

Peluang kebermanfaatan teknologi ini bisa dilihat dari jumlah pengguna smartphone yang setiap tahun semakin bertambah serta perilaku konsumtif yang sulit terkendali. Adapun jika dilihat dari segi pendanaan dan investasi, saat ini beberapa investor dunia tercatat sudah mulai menunjukkan ketertarikannya untuk menanamkan modal dalam jumlah besar. Saat ini sudah banyak perusahaan berbasis teknologi internet yang sukses di Indonesia, anda telah mengenali beberapa perusahaan berbasis teknologi, sebutkan nama perusahaan dibawah ini.

6. Perusahaan yang didirikan oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009 merupakan salah startup tech yang termasuk ke dalam Unicorn di Asia Tenggara. Saat ini, perusahaan itu juga menjadi marketplace nomor 1 di Indonesia. Perusahaan apakah itu?

a. Berrybenka

b. Bukalapak

c. Ruang Guru

d. Gojek

e. Tokopedia

Jawaban: E

7. Perusahaan berbasis teknologi besutan Nadiem Makarim ini sudah mencapai nilai valuasi triliunan, meskipun mereka tidak punya armada sendiri. Perusahaan ini bergerak dibidang transportasi online, pembayaran online, dan lainnya.

a. Berrybenka

b. Bukalapak

c. Ruang Guru

d. Gojek

e. Tokopedia

Jawaban: D

8. Merupakan salah satu Marketplace terbesar yang sukses di Indonesia. Achmad Zaky adalah orang dibalik berdirinya perusahaan sukses ini.

a. Berrybenka

b. Bukalapak

c. Ruang Guru

d. Traveloka

e. Tokopedia

Jawaban: B

9. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan ini merupakan perusahaan EduTech tersukses dan terbesar di Indonesia pada tahun 2020 ini.

a. Berrybenka

b. Bukalapak

c. Ruang Guru

d. Traveloka

e. Tokopedia

Jawaban: C

10. Merupakan website belanja online fesyen dan kecantikan di Indonesia. Menjual lebih dari 1000 merek baik merek lokal maupun merek internasional, termasuk produk in‐house. Pendirinya bernama Jason Lamuda.

a. Berrybenka

b. Bukalapak

c. Ruang Guru

d. Traveloka

e. Tokopedia

Jawaban: A

11. Ketika ingin memesan hotel dan tiket pasti pasti akan ingat dengan perusahaan ini, Ferry Unardi, merupakan salah satu pendiri yang juga menjabat sebagai CEO.

a. Berrybenka

b. Bukalapak

c. Ruang Guru

d. Traveloka

e. Tokopedia

Jawaban: D

12. Menjadi pebisnis tidak harus modal besar atau memiliki ide awal yang cemerlang. Namun, bisa juga dimulai dari keberanian serta inovasi untuk memberikan solusi atas masalah sehari‐hari. Jika kamu tertarik untuk menekuni dunia technopreneurship, jangan lupa untuk memaksimalkan branding sebagai bagian dari pemasaran. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai membuat website dengan nama domain professional, gunakan domain .com, .id, atau .co.id agar terlihat lebih kredibel. Hal ini merupakan….

a. Visi menjadi technopreneur

b. Cara menjadi technopreneur

c. Tujuan menjadi Entrepreneur

d. Visi menjadi Entrepreneur

e. Manfaat menjadi technopreneur

Jawaban: B

13. Seperti halnya dengan profesi lainnya yang membutuhkan data, dalam dunia fesyen data pun juga sangat diperlukan untuk menganalisa tren. Profesi tersebut dikenal dengan….

a. Trend Analyst

b. Fashion Stylish

c. Fashion illustrator

d. Pattern maker

e. Fashion forecaster

Jawaban: A

14. Perhatikan pernyataan berikut:

a) Bertanggung jawab untuk memberikan saran mengenai cara berpakaian dan memadukan outfit dengan berbagai cara.

b) Harus bisa menentukan konsep berpakaian yang sesuai dari kliennya.

c) Harus bekerja dengan tim desain hingga fotografer untuk membuat

d) penampilan klien terlihat lebih memukau.

Pernyataan diatas merupakan tugas utama dari seseorang dengan profesi sebagai….

a. Trend Analyst

b. Fashion Stylish

c. Fashion illustrator

d. Pattern maker

e. Fashion designer

Jawaban: B

15. Harus paham bahwa setiap orang itu memiliki personality yang berbeda-beda sehingga tak ada rumus tetap dalam styling. Karakter masing-masing orang itu berbeda, bisa terlihat dari visual mereka. Ini merupakan kemampuan seorang….

a. Trend Analyst

b. Fashion Stylish

c. Fashion illustrator

d. Pattern maker

e. Fashion designer

Jawaban: B

16. Mempromosikan produk fesyen tersebut dengan berbagai macam strategi baik di online (di toko) maupun offline. bertanggung jawab untuk membuat strategi semenarik mungkin agar produk diminati oleh konsumen. Atau setidaknya, pasar merasa tertarik dengan produk yang ditampilkan dan ingin mencari tahu lebih lanjut. Menjual fesyen juga ada tantangannya. Berikut merupakan tugas dari…..

a. Garment Technologist

b. Trend Analyst

c. Merchandiser

d. Product Merchandiser

e. Visual merchandiser

Jawaban: D

17. Profesi ini terlihat sederhana tapi kalau serius, tidak ada keahlian yang sia‐sia. Hal yang mudah mengatur lemari ternyata ada tenaga ahlinya , terutama dalam industri fesyen. Di butik‐butik terkenal, keahlian ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, konsumen pasti ingin mendapat pengalaman belanja yang menyenangkan serta fesyen yang sedang trend saat ini. bertugas untuk menentukan tema koleksi butik pada waktu tertentu, serta mengatur tata letak pakaian dalam butik. Berikut merupakan profesi dari…

a. Garment Technologist

b. Trend Analyst

c. Merchandiser

d. Product Merchandiser

e. Visual merchandiser

Jawaban: E

18. Pekerjaan yang inovatif karena bertanggung jawab dalam pengembangan bahan melalui pengujian kombinasi dari benang, tekstil, dan serat. Pekerjaan yang dimaksud adalah…..

a. Garment Technologist

b. Trend Analyst

c. Merchandiser

d. Product Merchandiser

e. Visual merchandiser

Jawaban: A

19. Melakukan riset untuk mencari material yang bisa digunakan dalam pembuatan produk fesyen. Mereka juga harus bekerja sama dengan seorang fashion designer guna menentukan material yang paling cocok dan paling sesuai digunakan untuk membuat pakaian. Kinerjanya ini sangat menentukan efektif atau tidaknya proses produksi sebuah item. Berikut merupakan tugas seorang….

a. Garment Technologist

b. Trend Analyst

c. Merchandiser

d. Product Merchandiser

e. Visual merchandiser

Jawaban: A

20. Mempelajari pasar mode dan mencari tahu jenis pakaian, sepatu, atau aksesori yang diinginkan konsumen. Mereka juga harus bisa menganalisis target pasar dan mengetahui tahu daya belinya. Tidak hanya harus paham tentang fesyen, harus bisa membaca data, menganalisisnya, kemudian menyampaikan hasil temuannya kepada produsen dan fashion designer merupakan tugas seorang…

a. Market Researcher

b. Fashion Forecaster

c. Fashion Production

d. Creative Director

e. Fashion Journalist

Jawaban: A

21. Pelanggan dapat melihat secara lebih rinci terkait apa saja informasi yang ditanamkan oleh perusahaan. Pelanggan juga dapat berkomunikasi langsung dengan tim pemasaran lewat kontak yang tersedia. Selain itu bisa membantu pertumbuhan bisnis dengan baik karena berhasil mengarahkan kepada pelanggan dengan tepat. Merupakan contoh pentingnya…

a. Company Profile

b. Company Mission

c. Company File

d. Direction of Company

e. Company Purpose

Jawaban: A

22. Seorang perancang busana serba bisa dan memiliki butik dengan koleksi gaun pernikahan. punya beberapa brand untuk masing‐masing jenis produknya seperti hijab, busana muslim pria, pakaian anak, batik kekinian, bahkan kosmetik. Salah satu rancangannya ialah Gaun Thalassa “Mother of the Sea” yang dikenakan Kevin Liliana pada ajang Miss International 2017. Mengutip CNN Indonesia, gaun rancangan itu berhasil meraih predikat best dress. Uraian tersebut merupakan profil dari desainer…

a. Dian Pelangi

b. Anne Avantie

c. Ivan Gunawan

d. Barli Asmara

e. Sofya Moureen

Jawaban: C

23. Salah satu brand fesyen yang bermarkas di Stockholm, Swedia, dimana brand ini beroperasi di lebih dari 28 negara salah satunya Indonesia. Brand ini memiliki beraneka produk wanita, pria, dan anak‐anak, ini mulai dari t‐shirt, jaket, sepatu, dress dan lainnya. Produk ini menjadi brand yang dicari-cari para kawula muda milenial. Berikut adalah keterangan dari brand….

a. H&M

b. Burberry

c. Uniqlo

d. Zara

e. Gucci

Jawaban: A

24. Sebagai merek yang memiliki pola khas kotak‐kotak pada produk‐produk pakaian dan tas. Merek ini sudah ada sejak tahun 1856. Pendiri brand ini menemukan kain gabardine yang tahan air dan tahan lama. Kain gabardine ini lalu disulap menjadi trench coat yang menjadi sangat terkenal di tahun 1930‐an.Produk‐produk yang banyak diminati adalah parfum, kemeja, tas, dan mantel. Keterangan tersebut merupakan profil dari brand….

a. H&M

b. Burberry

c. Uniqlo

d. Zara

e. Gucci

Jawaban: D

25. Salah satu brand yang berasal dari Spanyol. Pertama kali membuka gerai di kota Galicia tahun 1975. Brand ini sudah tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia sendiri. Brand ini memiliki produk untuk wanita, pria dan juga anak‐ anak. Produknya dimulai dari t‐shirt, jaket, sepatu, tas dan lainnya. Selain itu, ternyata brand ini juga bekerja sama dengan perusahaan tekstil dari Indonesia. Berbagai macam produknya seperti kemeja dan blus ini diproduksi langsung oleh pabrik Sritex yang ada di Desa Jetis, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Brand tersebut adalah….

a. H&M

b. Burberry

c. Uniqlo

d. Zara

e. Gucci

Jawaban: B

26. Mengusung konsep yang cukup unik dan kasual. Oleh karena itu, kebanyakan pencinta fesyen meliriknya untuk dijadikan koleksi dalam lemari pakaian atau busana sehari‐hari. Pada mulanya, gerai pakaian yang berasal dari negeri sakura ini hanya berupa toko retail. Namun, seiring waktu gerai yang semula berpusat di Sayama, Prefektur Yamaguchi, Jepang, bisa membuka banyak cabang gerai di seluruh dunia. Gerai pakaian tersebut adalah…

a. H&M

b. Burberry

c. Uniqlo

d. Zara

e. Gucci

Jawaban: C

27. Industri fesyen sangat berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Bertemu dan bekerja dengan orang lain tidak bisa dihindari, sehingga orang yang bekerja di industri fesyen harus memiliki kepribadian yang baik dan mendukung. Kepribadian baik bagi seorang yang bekerja di industri fesyen minimal adalah…

a. Friendly,helpful, attentive, humor, sympathy, enthusiast

b. Friendly,helpful, attractive, humor, enthusiast

c. Friendly,helpful, attentian, humor, empathy

d. Friendly,helpful, attractive, sympathy,enthusiast

e. Friendly,helpful, attractive, humor, sympathy, enthusiast

Jawaban: A

28. Harus diakui bahwa sebenarnya peluang usaha disekitar kita sangat banyak. Namun, tidak semua peluang usaha atau bisnis tepat dilakukan pada sembarang waktu dan tempat. mencari tahu resiko apa yang dihadapi dalam usaha tersebut dengan cara…

a. Survei

b. Observasi

c. Observasi dan survei lapangan

d. Bertanya pada warga

e. Membagi angket

Jawaban: C

29. Seorang wirausahawan yang memiliki bidang usaha juga harus mempertimbangkan hal berikut, kecuali….

a. Pengaruh lingkungan sekitar

b. Banyak sedikitnya permintaan masyarakat terhadap jenis usaha yang akan kita pilih

c. Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu

d. Tidak adanya pesaing

e. Adanya kemampuan untuk bertahan dan memenangkan persaingan

Jawaban: D

30. Gambaran umum mengenai perusahaan dan biasanya bertujuan untuk memberi tahu kepada audiens terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Tidak hanya itu, komponen ini biasanya berisi tentang kisah mulainya suatu perusahaan, visi‐misi, serta memberi tahu kepada audiens terkait alasan menjual produk atau layanan. Secara luas, bertujuan untuk memberi tahu keberadaan sebuah perusahaan dengan informasi‐informasi terperinci. Adalah pengertian dari…

a. Company Profile

b. Company Mission

c. Company File

d. Direction of Company

e. Company Purpose

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Robiatul Kamelia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Ahmad Yasin & Yulaika Ramadhani