Menuju konten utama

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG Daljab 2024

Kumpulan soal dan jawaban latihan pemahaman modul 1 topik 3 PPG Daljab yang bisa dijadikan bahan latihan oleh para peserta PPG Daljab.

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG Daljab 2024
Ilustrasi Guru Agama. foto/Istockphoto

tirto.id - Kumpulan soal dan jawaban latihan pemahaman modul 1 topik 3 PPG Daljab yang bisa dijadikan bahan latihan oleh para peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab).

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) ini merupakan hal penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Salah satu tahapan dalam PPG Daljab adalah mengikuti pelatihan dalam serangkaian modul dan topik pembelajaran yang mendalam.

Dalam modul 1 topik 3 ini, para peserta akan mempelajari berbagai konsep penting yang berhubungan dengan pengembangan profesionalisme guru, serta berbagai pendekatan dan metode pengajaran yang lebih efektif.

Agar mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai berbagai konsep dalam modul 1 topik 3 ini, berikut akan dijabarkan kumpulan soal dan jawaban, latihan pemahaman modul 1 topik 3 PPG Daljab.

Kumpulan Soal Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG Daljab dan Jawabannya

Berikut adalah contoh soal dan jawaban latihan pemahaman modul 1 topik 3 PPG Daljab:

1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman peserta didik di kelas?

  • Rombongan belajar di kelas.
  • Perbedaan atau variasi yang ada pada peserta didik.
  • Jumlah total peserta didik.
  • Lokasi sekolah.
  • Jam belajar.
Jawaban: Perbedaan atau variasi yang ada pada peserta didik.

2. Bagaimana guru dapat mengidentifikasi keberagaman peserta didik?

  • Dengan mengabaikan perbedaan peserta didik.
  • Melalui survei sekolah.
  • Dengan memahami latar belakang peserta didik.
  • Dengan mengabaikan gaya belajar peserta didik.
  • Melalui warna pakaian peserta didik.
Jawaban: Dengan memahami latar belakang peserta didik.

3. Apa yang dimaksud dengan akomodasi dalam konteks pembelajaran.

  • Keberagaman metode pengajaran.
  • Penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.
  • Jumlah tugas peserta didik.
  • Penggunaan buku teks standar.
  • Pola ujian yang sulit.
Jawaban: Penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.

4. Bagaimana guru dapat memberikan akomodasi yang layak bagi peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda?

  • Mengabaikan gaya belajar peserta didik.
  • Memberikan satu metode pengajaran untuk semua peserta didik.
  • Menyediakan variasi materi dan metode pengajaran.
  • Menghilangkan tugas rumah.
  • Memberikan tugas yang sama untuk semua peserta didik.
Jawaban: Menyediakan variasi materi dan metode pengajaran.

5. Mengapa pemahaman terhadap keberagaman peserta didik penting dalam pembelajaran?

  • Tidak memiliki dampak pada kinerja peserta didik.
  • Meningkatkan inklusivitas dan partisipasi peserta didik.
  • Hanya relevan untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Membatasi pengalaman belajar peserta didik.
  • Hanya perlu dipahami oleh kepala sekolah.
Jawaban: Meningkatkan inklusivitas dan partisipasi peserta didik.

6. Bagaimana guru dapat menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan keberagaman budaya?

  • Membatasi interaksi antar peserta didik dari berbagai latar belakang.
  • Menyediakan bahan ajar yang mencerminkan suatu budaya.
  • Menggunakan bahan ajar yang mencerminkan berbagai budaya.
  • Menghindari topik budaya dalam pengajaran.
  • Mengabaikan keberagaman budaya peserta didik.
Jawaban: Menggunakan bahan ajar yang mencerminkan berbagai budaya.

7. Bagaimana peran teknologi dalam menciptakan fleksibilitas dalam pembelajaran dapat mendukung peserta didik dengan kebutuhan khusus.

  • Dengan menyediakan perangkat dan aplikasi yang mendukung akses dan partisipasi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Dengan menyadari bahwa peserta didik berkebutuhan khusus sulit mengakses teknolog.
  • Fokus pada penjadwalan akses terhadap teknolog.
  • Mengurangi kesulitan dalam akses penggunaan teknologi asistif.
  • Mengharuskan adanya perangkat asistif teknologi.
Jawaban: Dengan menyediakan perangkat dan aplikasi yang mendukung akses dan partisipasi peserta didik berkebutuhan khusus.

8. Bagaimana guru dapat memberikan dukungan khusus bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus?

  • Mengurangi tingkat kesulitan materi bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meminimalisir keterlibatan peserta didik dar kegiatan sekolah.
  • Memberikan tambahan tugas untuk peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Menyediakan program pendukung dan bantuan sesuai kondisi peserta didik.
  • Memberikan alternatif atau modifikasi pada soal latihan.
Jawaban: Menyediakan program pendukung dan bantuan sesuai kondisi peserta didik.

9. Bagaimana Bapak/Ibu guru dapat menciptakan lingkungan kelas yang mendukung keberagaman peserta didik?

  • Mengorientasikan peserta didik untuk memiliki minat yang sama.
  • Menyadari bahwa peserta didik memiliki perbedaan masing-masing.
  • Menumbuhkan kepekaan dan empati peserta didik terhadap semua.
  • Menilai hasil belajar peserta didik dari capaian akademik.
  • Menyediakan berbagai metode pengajaran serta kegiatan yang mendukung minat dan kebutuhan peserta didik.
Jawaban: Menyediakan berbagai metode pengajaran serta kegiatan yang mendukung minat dan kebutuhan peserta didik.

10. Mengapa ruang belajar harus dapat diakses oleh semua peserta didik, sesuai dengan prinsip fleksibilitas?

  • Agar peserta didik memiliki kesempatan untuk merubah desain ruang belajar.
  • Untuk membatasi akses peserta dengan kebutuhan khusus.
  • Untuk mengutamakan akses peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Demi mendukung keberagaman peserta didik.
  • Agar peserta didik terbiasa dengan keterbatasan akses.
Jawaban: Demi mendukung keberagaman peserta didik.

Baca juga artikel terkait PPG 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani