Soal Jadwal Munas, Bamsoet: Golkar Galau, Rapimnas Saja Belum Jelas

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 21 Agustus 2019
Bamsoet mempersoalkan kinerja pengurus DPP Golkar karena hingga kini belum menentukan jadwal musyawarah nasional (Munas).
tirto.id - Politikus Golkar sekaligus Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mempertanyakan kinerja jajaran pengurus partainya karena hingga kini belum menggelar rapat pleno penentuan jadwal Musyawarah Nasional (Munas).

"Kader dan simpatisan partai di daerah, tentu mereka menunggu suksesi kepemimpinan di tubuh masing-masing partai politik sehingga bisa mengetahui arah labuhan partainya. Tidak seperti Partai Golkar yang masih galau, bahkan sekadar Rapat Pleno dan Rapat Pimpinan Nasional [Rapimnas] saja belum jelas," kata Bamsoet di Jakarta pada Rabu (21/8/2019).

Bamsoet membandingkan Golkar dengan partai-partai besar lain yang sudah menggelar kongres atau menentukan jadwalnya.

Misalnya, PDIP sudah selesai menggelar Kongres ke-V pada 8 Agustus 2019. Lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Muktamar V pada 20 Agustus 2019. Sementara, Partai Gerindra juga akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 21 September 2019.

"Kader dan simpatisan PDIP dan PKB yang sudah menyelenggarakan kongres atau muktamar sangat beruntung karena mereka tak lagi diselimuti tanda tanya," ujar Bamsoet.

"Demikian juga Partai Gerindra, walaupun baru menyelenggarakan Rakernas, tapi sudah cukup memberikan gambaran tentang road map pembangunan partainya kedepan," tambah dia.

Dia berpendapat seharusnya partai-partai pendukung pemerintah sudah menggelar kongres sebelum pelantikan presiden-wakil presiden hasil pilpres pada 20 Oktober 2019.

Menurut Bamsoet, hal penting agar Presiden Jokowi tidak perlu membikin kesepakatan sebanyak dua kali dengan partai untuk keperluan penyusunan kabinet ataupun keputusan strategis lainnya..

"Idealnya memang seperti itu, jadi presiden-wakil presiden terpilih sudah mengetahui arah dan garis perjuangan partai politik selama lima tahun ke depan," kata dia.


Baca juga artikel terkait MUNAS GOLKAR atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Addi M Idhom
DarkLight