Sistem Gage Persulit ke RSCM, Kadishub Jelaskan Alur Alternatif

Oleh: Haris Prabowo - 12 Agustus 2019
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merespons keluhan warga yang kesulitan ke RSCM terkait peluasan sistem ganjil genap.
tirto.id - Beberapa warga DKI Jakarta mengeluh kesulitan akses menuju RS Cipto Mangukusumo (RSCM) karena telah ditetapkannya uji coba ganjil genap yang sudah mulai diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, ada jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk menuju RSCM dalam keadaan mendesak.

"Akses ke RSCM dari Matraman bisa belok kiri menuju Tugu Proklamasi. Kemudian masuk Jalan Diponegoro lalu belok kiri ke arah RSCM. Lewat depan LBH [Jakarta]," kata Syafrin saat dihubungi, Senin (12/8/2019) sore.


"Kemudian ke RS Carolus juga sama. Setelah RSCM bisa masuk ke Carolus lewat RSCM, karena pintu RS carolus ada di depan RSCM," lanjut dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri juga merespons keluhan warga yang ingin ke rumah sakit perkara ganjil-genap. Namun, Anies mengatakan hal tersebut wajar karena masih dalam tahap uji coba.

"Dari masa uji coba inilah menjaring semua potensi-potensi masalah yang bisa dibuatkan solusinya karena ini lg masa uji coba, bahkan Pergubnya juga belum dikeluarkan," kata Anies saat ditemui, Senin (12/8/2019).

"Jadi, terima kasih feedback masyarakat membantu kita supaya bisa membuat implementasinya. Di satu sisi mengendalikan jumlah kendaraan yang efeknya pada pengendalian kualitas udara. Di sisi lain kebutuhan mendasar masyarakat itu bisa dilendalikan," lanjut dia.

Diketahui bahwa Dinas Perhubungan memperluas sistem ganjil genap di sejumlah wilayah Jakarta. Perluasan ganjil genap tersebut merupakan turunan dari Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019. Dari 9 ruas menjadi 25 ruas di DKI Jakarta.





Baca juga artikel terkait GANJIL GENAP atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Zakki Amali
DarkLight