Sandi Sebut Fasilitas Bagi Difabel Ditambah Jelang Asian Para Games

Oleh: Mohammad Bernie - 19 Juli 2018
Sandiaga menyatakan Pemprov DKI sedang menyiapkan sejumlah fasilitas bagi warga difabel. Dia optimistis fasilitas-fasilitas itu sudah siap digunakan menjelang Asian Paragames.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan penyediaan sejumlah fasilitas penunjang bagi warga difabel saat ini sedang dilakukan. Dia memastikan pengerjaan pembangunan fasilitas-fasilitas itu akan selesai sebelum Asian Para Games digelar pada 6-13 Oktober 2018.

"Kebetulan Asian Para Games ini akan hadir di Jakarta, 60 hari ke depan. Kita akan pastikan akses-akses yang akan dibangun oleh Pemprov itu bisa rampung sebelum Asian Para Games," kata Sandiaga di Hotel Santika, Slipi, Jakarta Barat, pada Kamis (19/7/2018).

Sandi mencontohkan renovasi di sejumlah halte busway agar memiliki fasilitas ramah difabel sedang berlangsung. Misalnya renovasi halte busway di kawasan Thamrin dan depan Gedung Pusat Bank Indonesia.

Menurut dia, renovasi itu guna menambah fasilitas ramp atau jalur untuk kursi roda yang berguna untuk memudahkan akses bagi warga difabel.

Sandiaga menambahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengalokasikan anggaran untuk penyediaan fasilitas bagi warga difabel. Namun, dia tidak menyebut berapa nominalnya. Ia hanya mengatakan anggaran tersebut dibagi-bagi ke beberapa dinas.

Sandi juga berharap inisiatif ini bisa terus dilanjutkan di masa mendatang sebab sesuai dengan amanat UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Tapi, ini merupakan sebuah kebijakan yang berkelanjutan karena kita ingin menghadirkan keadilan bagi para penyandang disabilitas," kata Sandi.


Baca juga artikel terkait ASIAN PARA GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Addi M Idhom