Kolumnis Arta

Media online terkini, info nasional, internasional, ekonomi, sosial, dan news analisis untuk Anda

  • Remitansi dan Layanan Keuangan Digital
    09 Mei 2017

    Remitansi dan Layanan Keuangan Digital

    Salah satu solusi pengurangan biaya remitansi bisa melalui pengurangan pihak perantara yang terlibat dalam remitansi, subsidi pemerintah (untuk remitansi dalam jumlah kecil), dan LKD

  • Relasi Strategi dan Inovasi Bisnis
    06 Oktober 2016

    Relasi Strategi dan Inovasi Bisnis

    Perubahan perilaku pelanggan bisa mempengaruhi lanskap pasar produk dan tentu saja strategi bisnis kita. Pelaku bisnis harus jeli untuk melihat perubahan perilaku itu. Karena dengan kejelian itu pebisnis bisa melakukan inovasi sekaligus menentukan strategi untuk menciptakan produk sesuai perilaku konsumen lebih awal dibanding pebisnis lain atau menjadi sang pemula.

  • DSC: Disrupsi Berbuah Akuisisi
    07 September 2016

    DSC: Disrupsi Berbuah Akuisisi

    Langkah bisnis Unilever mengakuisisi Dollar Shave Club (DSC), sebuah perusahaan penyedia silet, membuktikan bahwa barang konsumsi ternyata juga bisa terdisrupsi dari sisi rantai distribusinya. Selain itu, produsen barang konsumsi pun memerlukan untuk mendekatkan diri ke pelanggan secara daring. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Unilever dalam bidang hubungan dengan pelanggan di dunia digital.

  • Konsumen Butuh Merdeka
    17 Agustus 2016

    Konsumen Butuh Merdeka

    Alih-alih terlindungi, konsumen Indonesia sering berada di posisi tawar lemah. Konsumen belum merdeka. Semestinya, konsumen bisa menentukan barang yang akan dibeli, menentukan kualitas dengan syarat-syarat yang dimaui (requirement). Sehingga, produsen tidak seenaknya menjejalkan barangnya. Apalagi barang busuk, teknologi usang, tidak peduli kesehatan, dan sebagainya.

  • Move on Menuju Industri Muda
    30 Mei 2016

    Move on Menuju Industri Muda

    Sudah saatnya kita menuju ke industri muda yang mengandalkan kreativitas dan teknologi. Tidak mudah meningkatkan kreativitas untuk menuju monetisasi. Mungkin tidak cukup dengan pegajaran dan pelatihan, namun perlu suasana berupa lingkungan (environtment) serta dukungan ekosistem yang kondusif.