Prediksi Barito Putera vs Persebaya: Duel Dua Raksasa yang Tertidur

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 2 menit
Laga pekan 20 GoJek Liga 1 2018 akan mempertemukan dua tim yang sedang "angin-anginan", Barito Putera dan Persebaya.
tirto.id - Pertandingan pekan 20 GoJek Liga 1 mempertemukan Barito Putera vs Persebaya di Stadion 10 Mei, Banjarmasin, Minggu (12/8/2018) sore. Laga ini jadi pertemuan antara dua tim yang sedang berupaya menemukan bentuk terbaik setelah mengalami penurunan performa.

Barito Putera yang sempat beberapa pekan memimpin klasemen putaran pertama justru mengalami rentetan hasil tak maksimal sejak paruh kompetisi. Kini, dalam empat laga terakhirnya, skuat asuhan Jacksen F Tiago tak sekali pun menang.

Dua hasil imbang serta dua kekalahan mereka dapat. Yang paling baru adalah pekan lalu di mana Rizky Pora dan kawan-kawan dilumat Persipura Jayapura dengan skor telak 5-1.

Kekalahan memalukan tersebut membuat Barito Putera terbuang ke papan tengah. Kini mereka berada di urutan ketujuh dengan 29 poin, hasil delapan kemenangan, lima kali imbang, serta enam kekalahan.

Di lain pihak, Persebaya sempat mengalami situasi tak beda jauh. Tiga dalam empat laga terakhir Bajul Ijo berakhir kekalahan. Namun hal ini mulai menunjukkan perbaikan sejak ditunjuknya Bejo Sugiantoro sebagai caretaker. Melakoni debut di pekan 19, Bejo sukses mengantar Persebaya meraih kemenangan manis 3-1 dalam duel bertajuk derby Jawa Timur.

Kini, meski tak mudah, Bejo membidik kemenangan kedua sekaligus keberhasilan pertamanya di laga tandang. Beban dimiliki Persebaya karena seperti diketahui, Barito Putera belum pernah kalah tiap berlaga di Stadion 17 Mei musim ini.

”Saya respek Barito. Tapi, saya fokus tim. Anak-anak telah mempersiapkan diri untuk berjuang semaksimal mungkin,” tutur pelatih Bejo Sugiantoro seperti dikutip laman resmi klub.

Persebaya bakal dihadapkan pada masalah internal pula, yakni tak dapat dimainkannya beberapa pilar karena akumulasi kartu, termasuk David Da Silva yang mengemas dua gol di laga terakhir. Walau demikian, Bejo sudah menyiapkan komposisi yang tak kalah baik meski tanpa David. Mengenai strategi permainan, ia enggan membeberkan, namun Bejo membuka kemungkinan untuk tampil menyerang maupun bertahan total.

”Bisa bertahan, bisa pula penyerang. Saya punya beberapa opsi untuk pertandingan besok,” ungkapnya.

Bukan hanya Persebaya yang akan diuji dalam hal komposisi. Pasalnya Barito Putera pun dipastikan tak diperkuat beberapa pemain. Khususnya di lini belakang, Laskar Antasari dipastikan tampil tanpa Hansamu Yama dan Aaron Evans. Hansamu harus bergabung dengan skuat Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan bermain di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Sedangkan Aaron menjalani hukuman setelah mendapat kartu merah di laga melawan Persipura.

"Kami terus melakukan simulasi strategi dalam latihan. Semoga kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik," tutur pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago.

Empat Laga Terakhir Barito Putera

4/8/2018 Liga 1 Persipura Jayapura 5-1 Barito Putera Kalah
28/7/2018 Liga 1 Barito Putera 0-0 Madura United Imbang
22/7/2018 Liga 1 Barito Putera 2-2 Persib Bandung Imbang
16/7/2018 Liga 1 Borneo FC 2-1 Barito Putera Kalah

Barito Putera tak pernah menang di empat laga terakhirnya. Dua kali mereka imbang, dua lainnya berakhir kekalahan.

Empat Laga Terakhir Persebaya Surabaya

5/8/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-1 Persela Lamongan Menang
31/7/2018 Liga 1 Perseru Serui 3-1 Persebaya Surabaya Kalah
26/7/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-4 Persib Bandung Kalah
22/7/2018 Liga 1 PSIS Semarang 1-0 Persebaya Surabaya Kalah

Persebaya menelan tiga kekalahan dalam empat laga terakhirnya. Namun, patut dicatat bahwa dalam laga terakhir pekan lalu Bajul Ijo sukses memetik kemenangan.

Head to Head Barito Putera vs Persebaya

8/4/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 1-2 Barito Putera

Persebaya dan Barito Putera tercatat baru pernah sekali berhadapan, yakni pada putaran pertama Liga 1 2018. Saat itu, bertempat di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Barito Putera mempecundangi Persebaya 1-2. Gol Douglas Packer dan Paulo Sitanggang hanya mampu dibalas sekali oleh Persebaya, lewat aksi Abu Rizal Maulana.

Perkiraan Susunan Pemain Barito Putera vs Persebaya

Barito Putera: Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana Abdulhak, Muhammad Rifqi, Rony Beroperay; Douglas Packer, Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Rizki Rizaldi Pora, Rafi Syarahil; Samsul Arif Munip.

Cadangan: Rajiv Abizal, Jajang Sukmara, Fajar Handika, Marcel Sacramento, T.A Musafri, Ady Setiawan, Nazarul Fahmi.


Persebaya Surabaya: Dimas Galih Pratama; Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi;
Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara; Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi, Ferinando Pahabol

Cadangan: Dhika Bayangkara, Marko Kabiyai, Gusti Sandria, Roni Fatahilah, Choiril Hidayat, Alwi Slamat, Rachmat Hidayat.

Kickoff pertandingan Barito Putera vs Persebaya dijadwalkan pukul 15.30 WIB. Jika tiada perubahan, O Channel akan menyiarkan langsung laga ini.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan