Polemik Pertemuan Rahasia Freeport, HNW: Jokowi-Sudirman Debat Saja

Oleh: Haris Prabowo - 21 Februari 2019
Hidayat Nur Wahid mengusulkan agar polemik mengenai pertemuan rahasia antara Jokowi dan PT Freeport Indonesia sebaiknya diselesaikan dengan bertemu dan melakukan debat langsung.
tirto.id - Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN Prabowo-Sandiaga, Hidayat Nur Wahid mengusulkan agar perdebatan mengenai pertemuan rahasia Jokowi dan bos besar Freeport sebaiknya diselesaikan dengan bertemu langsung dan bertatap muka.

Jokowi dinilai harus mengirim timnya untuk bertemu dengan Sudirman Said dan memvalidasi semua omongannya.

"Menurut saya Pak Jokowi bikin klarifikasi atau kirim saja tim untuk berdebat dengan Pak Sudirman Said, untuk kemudian membuktikan validitas dari informasi yang beliau sampaikan," katanya saat ditemui di DPR RI, Kamis (21/2/2018) siang.

Hidayat mencontohkan seperti Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) yang sempat menantang Joko Widodo untuk membuka dan membongkar informasi lahan yang dikuasai oleh orang-orang yang saat ini menjadi timses Jokowi.

"Ternyata yang dimiliki Pak Erick Thohir jauh lebih banyak daripada yang dikuasakan pak Prabowo," kata Hidayat.

"Tapi kata kuncinya adalah bahwa semua sekarang ini sudah menjadi masalah publik, sebaiknya semua pihak terkait memberikan klarifikasi di tingkat publik, untuk kemudian diuji oleh publik, mana yang lebih valid inilah rekan-rekan media memiliki peran untuk menghadirkan semua informasi itu secara berimbang. Biarlah rakyat menilai," lanjutnya.


Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral era Joko Widodo-Jusuf Kalla yang kini menjabat Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyatakan sempat ada kesepakatan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia yang dilakukan di Istana dan bersifat 'rahasia'.

Pertemuan itu, kata Sudirman, yang membuat izin operasi Freeport di Indonesia disepakati untuk diperpanjang.

Klaim Sudirman soal pertemuan rahasia pun dibantah langsung oleh Jokowi, tapi dengan jawaban guyonan.

"Kalau pertemuan pasti ngomong, enggak diam-diaman. Ada ada saja. Ya biasalah," kata Jokowi di Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).


Baca juga artikel terkait DIVESTASI FREEPORT atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight