tirto.id - Pertanyaan wawancara OSIS SMP yang menjebak kerap kali diajukan kepada pelamar saat interview proses rekrutmen anggota OSIS SMP. Agar para siswa yang mengikuti proses rekrutmen anggota OSIS SMP tidak masuk dalam jebakan, berikut kumpulan contoh pertanyaan wawancara OSIS SMP yang bisa dijadikan bahan persiapan interview.
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah organisasi di tingkat sekolah yang diurus dan dikelola oleh para siswa terpilih. Bila ingin menjadi anggota OSIS, para siswa harus melalui tahapan seleksi. Salah satu tahapan seleksi itu adalah wawancara.
Untuk menguji sejauh mana para pelamar anggota OSIS SMP kompeten dan layak diangkat sebagai pengurus OSIS, para penguji biasanya akan mengajukan sejumlah pertanyaan yang cukup menjebak.
Selain untuk menguji kompetensi, berbagai pertanyaan wawancara OSIS SMP yang menjebak itu biasanya juga diajukan untuk mengetahui sejauh mana para pelamar OSIS SMP memiliki cara berpikir yang logis dan memiliki nalar yang lurus.
Kumpulan Soal Interview Wawancara Anggota OSIS SMP yang MenjebakMantan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat yang saat ini menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi lebih memilih untuk mendaftarkan anaknya untuk bersekolah ke SMA swasta dibandingkan ke sekolah negeri, pada momentum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023. ANTARA/HO-Dedi Supandi
Kumpulan pertanyaan interview OSIS SMP dan jawabannya ini bisa dijadikan tolok ukur bagi para pelamar perihal apa saja bahan-bahan interview yang harus dipersiapkan.
Selain itu, dengan mencermati berbagai soal wawancara OSIS SMP yang relatif menjebak ini, para siswa yang melamar menjadi anggota OSIS SMP bisa mempersiapkan diri dengan matang, salah satunya dengan membuat daftar kelebihan dan kekurangan OSIS SMP yang bersangkutan.
Berikut ini daftar contoh pertanyaan wawancara OSIS SMP dalam tahapan seleksi penerimaan anggota OSIS SMP:
1. Apa yang Anda ketahui tentang OSIS SMP?
Jawaban: OSIS SMP adalah organisasi yang ada di dalam sekolah, khususnya jenjang SMP. Organisasi ini diurus dan dikelola oleh para siswa SMP dan berada di bawah pengawasan para guru di SMP yang bersangkutan.
OSIS SMP ini menjadi wadah para siswa SMP di sekolah yang bersangkutan untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif yang bermanfaat untuk pengembangan potensi para siswa SMP sekaligus mengembangkan potensi sekolah tempat OSIS itu berada.
2. Kenapa Anda ingin menjadi anggota OSIS di sekolah ini?
Jawaban: Saya ingin bergabung menjadi anggota OSIS SMP ini karena saya ingin memiliki wadah resmi tempat saya bisa berkegiatan sesuai minat dan potensi saya. Selain itu, saya juga ingin menjadi siswa SMP yang aktif, punya kontribusi positif pada SMP ini, dan jika memungkinkan, memberi kontribusi pada masyarakat di sekitar SMP ini.
3. Kira-kira kontribusi positif apa yang bisa Anda berikan kepada masyarakat dengan bergabung menjadi anggota OSIS?
Jawaban: Kontribusi paling sederhana dan positif yang bisa saya berikan adalah, saya harus jadi siswa yang pintar, tidak melakukan hal-hal yang merugikan masyarakat, semisal ikut tawuran.
Satu lagi, kontribusi nyata yang bisa saya berikan kepada masyarakat sekitar SMP di sini adalah, jika saya bisa menjadi anggota OSIS SMP ini, saya akan mengusulkan sebuah program untuk mengajak siswa SMP ini memberi pelajaran gratis, atau menjadi mentor anak-anak di sekitar sekolah ini.
Pelajaran yang diberikan bisa apa saja, bisa pelajaran yang diajarkan dalam mata pelajaran formal, atau berbagai bidang keahlian para siswa, semisal pelajaran bermain gitar, pelajaran membuat video atau fotografi.
4. Jika nantinya terpilih sebagai anggota OSIS, dan ada anggota OSIS yang tidak aktif, apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban: Saya akan berbicara dari hati ke hati dengan salah satu anggota OSIS yang tidak aktif itu untuk mengetahui alasan sebenarnya mengapa ia tidak aktif. Namun, saya tidak akan mengadili dia dan memaksanya untuk terlibat aktif kembali, karena menjadi anggota OSIS adalah tanggung jawab dan pilihan pribadi.
5. Jika ada konflik di antara anggota OSIS, apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban: Sebisa mungkin, saya tidak akan memihak siapapun. Saya akan mendengarkan masing-masing pihak dan mencoba memberikan opini dan pendapat yang objektif.
Jika memungkinkan, saya akan berusaha menengahi konflik tersebut dan membantu mencari solusi paling bijak yang tidak merugikan siapapun.
6. Menurut Anda, apa kelebihan dan kekurangan OSIS SMP di tempat ini?
Jawaban: Menurut saya, setiap organisai pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, karena saya belum benar-benar terlibat dalam OSIS SMP ini, maka kurang bijak jika saya sudah melakukan analisa terhadap kelebihan dan kekurangan OSIS SMP ini.
Untuk bisa mengatakan hal tersebut, saya harus terlibat secara intens dan memahami seluruh struktur organisai ini, termasuk berbagai dinamikanya.
7. Apa yang membuat Anda berbeda dari calon anggota OSIS SMP lainnya?
Jawaban: Saya yakin setiap orang unik, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, saya bisa yakinkan, bahwa saya adalah aset berharga yang harus dimiliki oleh OSIS SMP ini.
Mengapa demikian, karena saya pribadi yang rajin, konsisten, bertanggung jawab, punya motivasi belajar yang tinggi, dan saya punya semangat untuk memajukan OSIS SMP ini.
8. Menurut Anda, apa peran penting OSIS dalam pengembangan karakter siswa SMP?
Jawaban: Di OSIS para siswa SMP diajarkan untuk memikul tanggung jawabnya masing-masing. Selain itu, lewat berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS, para siswa diajarkan untuk bekerja sama, kreatif dan menjadi pribadi yang peduli pada lingkungannya.
9. Menurut Anda, apakah kegiatan OSIS di SMP ini bisa menjadi persiapan bagi para siswanya untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya?
Jawaban: Sangat bisa, karena di OSIS SMP para siswa juga akan melaukan berbagai kegiatan yang nantinya bisa berjejaring dengan para siswa di jenjang pendidikan di atasnya, seperti SMA. Dari situ, para siswa SMP bisa mengetahui apa saja yang dipelajari di jenjang SMA, dan apa yang perlu dipersiapkan untuk memasuki jenjang tersebut.
10. Apa yang akan Anda lakukan agar berbagai kegiatan di OSIS SMP ini menyenangkan, namun tetap mendidik?
Jawaban: Saya akan membuat berbagai kegiatan yang tidak melulu bersifat formal. Saya akan banyak merancang kegiatan yang sifatnya informal, namun penuh dengan muatan edukasi.
Misal, membuat program belajar membatik dengan mendatangkan ahli batik. Dari situ para siswa bisa menyalurkan bakat seninya, meningkatkan kreativitas, sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya leluhur.
Atau, saya akan membuat program nonton film bareng. Film yang diputar bisa film-film dokumenter atau film bertema sejarah. Sesudah menonton, diadakan ngobrol santai mengupas film yang baru saja disaksikan.
11. Berikan satu alasan mengapa kami harus memilih Anda sebagai anggota OSIS SMP ini?
Jawaban: Saya siap memberikan yang terbaik untuk OSIS SMP ini, apapun risikonya.
12. Menurut Anda, mengapa siswa SMP di sini, membutuhkan organsisasi OSIS ini?
Jawaban: Menurut saya, karena siswa SMP adalah siswa pra remaja yang membutuhkan ruang positif untuk melakukan aktualisasi diri. Bila tidak ada wadah yang positif, maka bisa-bisa para siswa SMP di sini tersesat dan masuk dalam ruang atau wadah yang salah.
Demikian kumpulan pertanyaan wawancara OSIS SMP yang bisa dijadikan bahan persiapan dan latihan bagi para siswa yang akan mengikuti seleksi wawancara penerimaan anggota OSIS SMP.
Dengan membaca kumpulan soal wawancara OSIS SMP ini, para siswa bisa memperkirakan berbagai pertanyaan yang menjebak, yang mungkin saja akan muncul dalam sesi wawancara seleksi OSIS SMP tersebut.
Editor: Lucia Dianawuri & Yulaika Ramadhani