Perayaan Pi Day, Mulai Dari Pesta Pie, Google Doodle, Hingga NASA

Oleh: Yulaika Ramadhani - 14 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pi Day atau Hari Pi yang jatuh pada tanggal 14 Maret turut dirayakan Google, NASA, dan sejumlah toko kue di berbagai negara
tirto.id - Pi Day atau Hari Pi yang jatuh pada tanggal 14 Maret turut dirayakan Google dengan ilustrasi doodlenya hari ini, Rabu (14/3/2018). Dalam doodle tersebut terdapat ilustrasi potongan kue yang membentuk tulisan "Google".

Pi Day ini untuk pertama kali diakui sekitar 30 tahun lalu pada 14 Maret 1988 oleh fisikawan Larry Shaw. Pi merupakan konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameter. Pi mulai dikenalkan oleh ahli matematika Yunani, Archimedes (sekitar 287 SM - 212 SM).

Archimedes menentukan nilai Pi sekitar 22/7 atau dalam desimal senilai dengan 3,14. Pada perkembangan berikutnya, 1706, William Jones mulai mengenalkan simbol untuk menyebut bilangan Pi. Penggunaan simbol tersebut semakin populer setelah diadopsi oleh ahli matematika Swiss Leonhard Euler pada 1737.

Selain Google, sejumlah pihak juga turut merayakan konstana penting dalam matematika ini. Berdasarkan laporan USA Today, sejumlah restoran Amerika merakan Pi Day dengan beragam cara, di BJ’s Brewhouse & Restaurant misalnya dengan menjual satu topping pizza mini yang dihargai senilai angka Pi yaitu 3,14 dolar.

Beda lagi di restoran Bertucci’s yang merayakan Pi Day selama seminggu penuh dengan beragam program, seperti "Week of Pi", "Pi Twosday", dan "Pi for Kids".

NASA juga turut merayakan Pi Day dengan menghadirkan tantangan "Pi in the Sky", yaitu serangkaian kuis perhitungan kosmik untuk dipecahkan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Dilansir dari laman Space, tantangan "Pi in the Sky" diciptakan oleh Kantor Pendidikan Laboratorium Propulsi Jet Jet (JPL) NASA di Pasadena, California. Tantangan ini menampilkan masalah matematika, seperti cara menghitung gempa di Mars, hujan helium di Jupiter dan laju rotasi pengunjung antarasteroid 'Oumuamua.

Sementara itu, di Museum of Science, Pi Day dirayakan dengan 'sunrise yoga' atau melakukan olahraga yoga di pagi harinya, presentasi perihal hewan, serta pemecahan rekor dunia dengan pie cukur.

Seperti dilaporkan juga oleh laman Boston, sejumlah toko roti di Boston, seperti Jennifer Lee’s Bakery, KO Pies, Flour Bakery & Cafe, turut merayakan Pi Day dengan beragam diskon kue.

Sejumlah negara juga merayakan Pi Day dengan 'pesta pie', karena pie sangat identik dengan Pi. Angka desimal Pi 3,14 jika dibaca terbalik dari belakang akan terlihat seperti PIE, sebuah alasan menarik untuk pesta pie hari ini.


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yulaika Ramadhani
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani