Pencairan Bantuan Sosial Tunai Jakarta Sudah 90 Persen

Oleh: Riyan Setiawan - 26 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pemprov DKI Jakarta sudah menyalurkan 90 persen bansos tunai lewat transfer Bank DKI.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengklaim Bantuan Sosial Tunai (BST) telah disalurkan lebih dari 90 persen kepada warga Jakarta.

Besaran BST Rp300 ribu, sehingga nominal yang diterima Rp600 ribu karena berasal dari dua tahap penyaluran Mei-Juni. Riza mengatakan BST tersebut telah disalurkan melalui transfer Bank DKI.

"BST sudah mencapai lebih dari 90 persen. Kemarin saya meninjau di beberapa lokasi. Sudah kami bagikan melalui ATM bank DKI," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (26/7/2021).

BST yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI itu disalurkan kepada 1.007.379 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Ini baik sekali, sehingga tidak terjadi kerumunan," ucapnya.

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu berharap agar bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) tidak lagi disalurkan melalui PT Pos Indonesia, melainkan melalui transfer bank.

"Mudah-mudahan dukungan bantuan dari PT Pos dan Kemensos bisa dilakukan melaluai ATM agar tidak menimbulkan kerumunan," katanya.

BST tersebut disalurkan kepada masyarakat yang berada di lima wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu dengan rincian, Jakarta Pusat sebanyak 50.526 KPM, Jakarta Utara sebanyak 181.367 KPM, Jakarta Selatan sebanyak 142.029 KPM, Jakarta Timur sebanyak 457.250 KPM, Jakarta Barat sebanyak 73.948 KPM dan Kepulauan Seribu sebanyak 2.496 KPM.

Bansos diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Upaya mencegah COVID-19 yang memuncak selama Juli adalah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4. Masyarakat terdampak mendapat bantuan sosial.


Baca juga artikel terkait BANSOS TUNAI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight