Pembangunan Jalan Tol Bandara YIA Tunggu Lalu Lintas Ramai

Oleh: Irwan Syambudi - 24 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pembangunan jalan tol menuju Bandara YIA, Yogyakarta masih menunggu arus lalu lintas ramai.
tirto.id - Pemerintah merencanakan membangun Jalan Tol dari Kota Yogyakarta menuju Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo. Tetapi, pembangunannya masih menunggu lalu lintas ramai menuju bandara.

"[Pembangunan tol menuju YIA] Kita melihat traffic-nya, itu bertahap nanti. Begitu trafficnya sudah menjanjikan, bandaranya sudah naik, pasti investornya langsung ke sana," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Yogyakarta, Rabu (24/7/2019).

Pembangunan jalan tol menuju YIA ini, kata Danang, akan dibangun secara bertahap antara jalan tol yang lain yang juga akan dibangun di wilayah Yogyakarta.

"Kalau Pak Sultan (Gubernur DIY) menyarankan ada proses yang bertahap antara [jalan tol] yang Solo ke Yogya, kemudian Yogya-Kulon Progo," ujar Danang.

Selain itu, memang untuk rencana pembangunan jalan tol Yogya-Kulon Progo ini masih perlu pendalaman lagi soal trase. Dan untuk finalisasi transenya, juga masih akan menunggu keputusan dari Gubernur DIY.

Sementara itu, terkait konsep pembangunannya, Danang mengatakan, akan ada bagian-bagian yang akan dibuat melayang atau elevated. Misalnya jika harus melewati permukiman.

"Kalau daerah-daerah yang bisa kita hindarkan, kita hindari trasenya yang dengan permukiman, ya kita harus elevated. Tapi, kan, kalau elevated, kan, tidak bisa naik turun juga, jadi memang harus cukup panjang," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan, telah sepakat dengan pembangunan jalan tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen. Tetapi, ia belum menyebut soal pembangunan jalan tol menuju YIA.

Saat ditanya, apakah ia sudah sepakat dengan pembangunan Jalan tol Yogyakarta-Solo, pada prinsipnya ia telah menyetujui proyek yang digagas oleh pemerintah pusat tersebut, termasuk pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen.

"Iya Yogya-Bawen sudah [sepakat] lewat elevated," katanya. Kemudian ia kembali menegaskan, "Sudah [sepakat] sampai Bawen," ujar Sultan.

Sementara itu, untuk jalan tol Yogya-Solo, Sultan juga telah menyetujui trase-nya. Hanya saja ada sejumlah tambahan yang nantinya akan dibicarakan dengan pihak Bina Marga.

"Kalau yang Yogya-Solo sepertinya sudah selesai hanya tinggal mana yang saya minta tambahan untuk underpass, tapi kalau sudah, Pak Dirjen nanti datang," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait BANDARA KULON PROGO atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight