Menuju konten utama

Mengenal Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya

Apa saja strategi pemasaran 4P dan contohnya dalam penerapan bisnis? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Mengenal Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya
Konsep Bisnis Strategi Pemasaran. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Bauran strategi pemasaran dalam ilmu marketing dikenal dengan singkatan 4P. Apa saja 4P dalam strategi pemasaran? Strategi pemasaran4P adalahproduct, price, place, dan promotion.

Mengenal bauran strategi pemasaran 4P dan contohnya perlu dilakukan perusahaan untuk mencari potensi peluang dari produknya yang dapat memengaruhi permintaan dan keputusan beli konsumen.

Strategi pemasaran adalah serangkaian upaya yang dilakukan pengusaha untuk mengenalkan produk barang atau jasa kepada calon konsumen. Tujuan strategi pemasaran adalah untuk memaksimalkan penjualan yang dan meraih keuntungan usaha.

Fadhilah dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Volume 1 (2021) menuliskan, strategi pemasaran yang baik dapat membantu perusahaan mengambil langkah yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen.

Mengenal Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4P adalah bentuk bauran upaya pemasaran yang paling dikenal dalam ilmu marketing. Strategi pemasaran 4P juga sering disebut marketing mix 4P.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, strategi pemasaran 4P terdiri dari:

    • product (produk)
    • price (harga)
    • place (tempat penjualan)
Dikutip dari Modul Jadi Pengusaha Mandiri #Japri (2020) strategi 4P bisa dibilang merupakan dasar dalam menjalankan pemasaran yang efektif. Lalu, apakah 4P tersebut? berikut penjelasan dan pengertian 4P dalam strategi pemasaran:

1. Product (Produk)

Strategi pemasaran 4P yang pertama adalah product atau produk. Sesuai namanya, strategi ini berkaitan dengan produk barang maupun jasa yang ditawarkan kepada pasar.

Produk haruslah sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk menonjolkan produk dalam strategi pemasaran adalah kualitas, merek, kemasan, variasi, dan desain.

2. Price (Harga)

Strategi pemasaran 4P yang kedua adalah price atau harga. Salah satu marketing mix 4P ini berkaitan dengan penentuan harga produk yang dipasarkan.

Pada konteks pemasaran, pengusaha harus bisa meyakinkan calon konsumen bahwa harga sepadan dengan manfaat dan kualitas dari produk yang ditawarkan.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh pengusaha dalam strategi pemasaran price, termasuk penentuan daftar harga hingga diskon atau potongan harga.

3. Place (Tempat penjualan)

Strategi pemasaran 4P lainnya adalah place atau tempat penjualan. Strategi pemasaran ini berkaitan dengan pasar dan jalur distribusi tempat konsumen menjangkau produk.

Tempat pemasaran haruslah berada di lokasi yang mudah dijangkau orang. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan strategi pemasaran place adalah lokasi penjualan, kondisi geografis penjualan, dan alat transportasi.

4. Promotion (Promosi)

Strategi pemasaran 4P yang terakhir adalah promosi. Sesuai namanya, strategi pemasaran ini berfungsi dalam mengenalkan produk kepada konsumen.

Promosi sebaiknya bisa menarik minat calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada penerapan strategi pemasaran promosi yaitu media promosi, pesan kampanye (key message), budget, target penjualan, dan sebagainya.

Contoh Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4P dapat dikenal dengan mengamati contohnya yang diterapkan dalam dunia bisnis. Contoh strategi pemasaran 4P bisa diterapkan di dalam bisnis usaha menengah kecil mikro (UMKM).

Dikutip dari laman BPSDM Provinsi Jambi, berikut cara penerapan dan contoh 4P produk minumanUMKM:

1. Contoh strategi product

UMKM dapat menentukan jenis minuman yang akan dijual sesuai dengan minat pasar. Misalnya, di kota A masyarakatnya sangat menyukai minuman es teh, namun sulit menemukan es teh yang higienis dan rasanya tidak kemanisan.

Maka yang bisa dilakukan UMKM adalah membuat produk es teh di dalam kemasan steril yang terjamin kebersihannya, menggunakan bahan berkualitas, dan rendah gula.

2. Contoh strategi price

Setelah berhasil menemukan keunggulan produk es teh, UMKM dapat mengenalkan harga es teh tersebut kepada calon konsumen. Pastikan bahwa harga yang ditetapkan sepadan dengan kualitas produk.

UMKM juga bisa menerapkan harga diskon untuk kurun waktu tertentu untuk menarik perhatian konsumen. Tetapkan harga diskon yang masih masuk akal sehinggah UMKM tetap bisa memperoleh keuntungan.

3. Contoh strategi place

UMKM mengirim produk es tehnya untuk dipasarkan di toko-toko yang mudah dijangkau di sekitar kota A. Selain itu, UMKM juga berpartisipasi dalam event besar seperti festival, acara hari ulang tahun kota A, atau sentra kuliner untuk memasarkan produk es tehnya.

4. Contoh strategi promotion

UMKM melakukan promosi secara digital dengan memanfaatkan layanan Instagram Ads, Facebook Ads, Twitter, dan TikTok. Jika memungkinkan, UMKM juga bisa menyewa jasa influencer untuk memasarkan produknya agar bisa dijangkau lebih banyak calon konsumen.

Baca juga artikel terkait PEMASARAN atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dhita Koesno