Mengenal Android Auto: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Oleh: Yuda Prinada - 13 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Android Auto: teknologi yang bisa digunakan pengendara dengan aman di dalam mobil.
tirto.id - Android Auto adalah teknologi yang dapat dijumpai pada mobil-mobil modern. Melalui teknologi yang dikembangkan oleh Google ini, pengguna dapat memakai fitur-fitur perangkat Android ke head unit atau dashcam mobil.

Sejak awal rilis pada 19 Maret 2015, Android Auto telah dirancang sebagai otak dari sistem head unit sebuah mobil.

Dilansir Wired, memasuki bulan Mei 2015, perusahaan Hyundai merancang mobil Hyundai Sonata yang dapat menggunakan platform Android Auto sebelum mobil dengan merek lain mengikutinya.

Seiring perkembangan teknologi ini, pada 2018, Google mengonfirmasi Google Assistant menjadi salah satu fitur terbarunya.

Dengan menggunakan teknologi ini, pengendara dapat meminta kepada Google Assistant untuk membantu memberikan suasana yang menyenangkan dan memperlancar perjalanan dengan fitur-fiturnya.

Kendati demikian, platform ini tidak berbahaya ketika berkendara karena pengendara hanya perlu menekan tombol, lalu mengeluarkan suara untuk mengontrol Android Auto.

Manfaat Penggunaan Android Auto


Dalam situs resmi Android, Android Auto diklaim sebagai alat bantu pengendara untuk lebih fokus ketika berkendara. Untuk menggunakannya, pengendara cukup menyambungkan Android ke head unit.

Ketika perangkat Android sudah tersambung dengan mobil, pengendara dapat melakukan banyak hal dalam perjalanan.

Pertama, navigasi. Dengan menggunakan Android Auto, pengendara dapat menemukan rute terbaik untuk mencapai tujuan.

Penggunaan navigasi ini dapat mempersingkat waktu perjalanan sehingga pengendara tidak perlu resah jika ingin bergegas pergi ke kantor tempat kerja atau mengejar keberangkatan pesawat. Aplikasi yang didukung Android Auto dalam navigasi adalah Google Maps dan Waze.

Kedua, telepon dan chat. Teknologi Google Assistant bisa membantu pengendara untuk membaca pesan dan menulis pesan menggunakan suara.

Fitur ini cukup praktis, dari kebanyakan kasus, seseorang mengalami kecelakaan karena berkomunikasi sambil berkendara. Dengan fitur ini pengendara jauh lebih aman karena kontrol seluruhnya diserahkan kepada suara, bukan tangan.

Contoh aplikasinya seperti WhatsApp, WeChat, Telegram, Skype, Google Hangouts, dan Facebook Mesennger.

Ketiga, pemutaran musik. Pengendara dapat dengan mudah merencanakan lagu apa yang akan diputar berikutnya melalui sistem suaranya tanpa perlu menggeser layar Android. Aplikasi yang didukung dalam fitur musik adalah Amazon Music, Audible, Spotify, Google Play Music, dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan Android Auto


Langkah pertama, pastikan head unit mobil dan sistem stereo kompatibel untuk menggunakan aplikasi Android Auto. Lalu, pastikan Android Anda sudah memiliki aplikasi Android Auto.

Jika sudah memastikan kedua hal itu, sambungkan Android ke head unit mobil dengan kabel USB atau koneksi wireless.

Setelah itu, tampilan Android Auto akan muncul pada head unit mobil dan sudah dapat digunakan.

Tercatat hingga saat ini, terdapat 36 negara yang dapat menggunakan teknologi Android Auto. Sayangnya, Indonesia belum termasuk di dalam 36 negara tersebut.


Baca juga artikel terkait ANDROID atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight