Menaker Imbau BLT Pekerja Rp600 Ribu agar Dibelanjakan Produk UMKM

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 10 Agustus 2020
Ida Fauziyah mengimbau pekerja yang mendapat insentif berupa BLT Rp600 ribu per bulan agar membelanjakan uang itu untuk produk UMKM.
tirto.id - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengimbau agar 15,7 juta pekerja yang nantinya akan mendapat insentif berupa bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per bulan agar membelanjakan uang tersebut di dalam negeri. Prioritas utama adalah barang-barang produk UMKM.

“Harapan saya kepada teman-teman pekerja yang akan terima program ini belajakanlah uang ini untuk produk dalam negeri. Belilah produk UMKM kita, saya kira itu saja," kata dia dalam konferensi pers mengenai Pengumuman Program Bantuan Subsidi Upah, Senin (10/8/2020).

Strategi pemberian insentif ini merupakan langkah pemerintah untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menggenjot konsumsi untuk menghindari resesi.

Dengan strategi tersebut, pemerintah berharap pertumbuhan ekonomi akan membaik di kuartal 3 usai pertumbuhan ekonomi terkontraksi -5,3 persen di Q2.

“Pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah bagi pekerja/buruh yang bertujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh selama masa pandemi Covid-19,” kata dia.

Ida menambahkan, “Bantuan pemerintah ini merupakan program stimulus yang dikoordinasikan dan dibahas bersama Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kemnaker, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan pada 2020.”


Baca juga artikel terkait BLT PEKERJA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight