Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko Jabat Danpaspampres

Penulis: - 30 Jun 2022 11:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Danpaspampres sebelumnya, Mayjen TNI Tri Budi Utomo dipromosikan menjadi Pangdam VI/Mulawarman.
tirto.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 180 perwira tinggi (pati) dari tiga matra. Mutasi dan promosi ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 yang ditandatangani Kepala Sekretariat Umum TNI Brijen Edy Rochmatullah.

Sejumlah pati yang dimutasi dan dipromosikan antara lain Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang akan menempati jabatan Pangdam VI/Mulawarman. Ia sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Posisi Danpaspampres yang ditinggalkan Tri Budi Utomo diisi oleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko yang sebelumnya sebagai Wakil Danpaspampres.

Kemudian, posisi Wadanpaspampres yang ditinggalkan Wahyu Hidayat diisi oleh Brigjen TNI (Mar) Oni Junianto.

Marsma Wahyu adalah pati TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993. Ia berasal dari kecabangan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU. Di Paspampres, Wahyu bukanlah orang baru. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Komandan Grup C Paspampres dan Wadanpaspampres.

Sedangkan Brigjen Oni adalah perwira tinggi TNI AL lulusan AAL 1995. Ia bersal dari satuan marinir. Oni juga bukan orang baru di Paspampres. Dahulu, ia pernah menjabat sebagai Danden Grup B, Wadangrup D, Wadangrup A, dan Wadangrup B Paspampres. Sebelum menempati posisi pimpinan Paspampres, Oni menjabat sebagai Dandenma Mabes TNI.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono berharap pimpinan Paspampres yang baru dapat melakukan tugas koordinasi pengamanan presiden dengan baik.

"Harapannya tentu dapat berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan tugas-tugas pengamanan Bapak Presiden RI berserta Ibu Negara dan keluarga," kata Heru dilansir dari Antara, Kamis (30/6/2022).

Tugas-tugas tersebut, menurut Heru, membutuhkan ketangkasan karena dinamikanya tinggi. "Di mana tugas-tugas terus menanti dengan dinamika yang cukup tinggi dan setiap saat berbeda-beda situasinya," jelasnya.

Heru meyakini Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko dan Brigjen TNI Oni Junianto dapat mejalankan tugas dengan baik.


Baca juga artikel terkait PASPAMPRES atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight