Lirik Lagu Sekolah Minggu "Dalam Tuhan Kita Bersaudara" & Maknanya

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum, tirto.id - 4 Jul 2022 11:06 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik dan makna lagu "Dalam Tuhan Kita Bersaudara" yangs sering dinyanyikan anak-anak di sekolah minggu.
tirto.id - "Dalam Tuhan Kita Bersaudara", menjadi salah satu lagu wajib yang biasanya di senandungkan bersama-sama ketika sekolah minggu akan dilaksanakan.

Lagu ini disenandungkan untuk mengajarkan banyak hal tentang firman Tuhan yang tertuang di Alkitab dengan cara yang menyenangkan kepada anak-anak.

Salah satu ayat Alkitab yang memiliki keterkatian dengan lagu Dalam Tuhan Kita Bersaudara yakni Roma 12:10.

Ayat ini berbunyi: "Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat."

Penggalan ayat Alkitab dari Roma 12:10 merupakan salah satu ayat yang mengajak kita untuk selalu mengasihi sesama manusia seperti kita mengasihi Allah.

Sekolah minggu bukanlah sekolah formal, namun sekolah non-formal yang menyelipkan berbagai kegiatan mengani iman dan keyakian aan Tuhan yang mungkin tidak didapatkan ketika menjalankan sekolah formal.

Pada saat mengikuti sekolah minggu, anak-anak bertemu dengan teman baru yang tidak satu sekolah dengan nya, sehingga membutuhkan pengerat tali persaudaraan.

"Kita dikumpulkan dalam Tuhan (sekolah minggu), maka kita juga harus menganggap mereka sebagai saudara," secara mudah memahami makna lagu Dalam Tuhan Kita Bersaudara yakni dengan kalimat tersebut.

Anak-anak sekolah minggu mendapat pelajaran bahwa mereka dikumpulkan dalam nama Tuhan di satu ruangan yang sama, maka dengan itulah mereka bisa disebut bersaudara.

Lirik Lagu "Dalam Tuhan Kita Bersaudara"


Dalam Tuhan, kita bersaudara
Dalam Tuhan, kita bersaudara
Dalam Tuhan, kita bersaudara
Sekarang dan selamanya
Dalam Tuhan, kita bersaudara

Dalam Yesus, ada kasih sayang
Dalam Yesus, ada kasih sayang
Dalam Yesus, ada kasih sayang
Sekarang dan selamanya
Dalam Yesus, ada kasih sayang

Makna Lagu "Dalam Tuhan Kita Bersaudara"



Apakah yang bisa kita maknai dari lagu Dalam Tuhan Kita Bersaudara? Bila dilihat dan dicerna, lagu tersebut mengajak kita untuk mau bersaudara dengan siapapun yang percaya kepada Tuhan.

Secara sederhana, kita dipertemukan oleh Tuhan dala satu atap yakni Kepercayaan dan Iman. Maka kita juga bisa membuat mereka yang satu iman menjadi keluarga secara iman.

Seperti yang diajarkan pada saat sekolah minggu, kita menyanyikannya dengan bergandengan tangan.

Hal ini melambangkan bahwa dalam iman yang sama kita merupakan keluarga yang tidak boleh terpecah dan harus selalu menopang satu sama lain seperti pada ayat Alkitab Roma 12:10 yang mengajak kita untuk selalu mengasihi sesama seperti kita mengasihi Allah.

Penggalan lirik lain yakni "Dalam Yesus, ada kasih sayang," sebagai seorang suadara daam satu iman, tidak boleh ada kesombongan satu sama lain. Berbagi kasih sayang satu sama lain adalah hukum wajib Gereja yang harus dituangan dalam kehidupan.

Kasih sayang bisa dituangkan dalam berbagai hal, mulai dari tidak memandang rendah terhadap yang lain, memperlakukan orang lain denbisa menjadi salah satu perwujudan kasih sayang terhadap sesama dalam Tuhan.

Seperti Tuhan Yesus telah memberikan nyawa untuk menyelamatkan semua orang sebagai wujud kasih sayangnya kepada semua umat, kita di masa sekarang ini juga bisa memberikan kasih sayang terhadap sesama melalui hal-hal kecil.

Secara keseluruhan lagu "Dalam Tuhan Kita Bersaudara" juga mengajak kita semua untuk selalu menjaga persaudaraan satu sama lain dengan sesama umat yang beriman dalam Tuhan, sebagai perwujudan pewartaan firman-Nya yang tertuang dalam Alkitab.




Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU SEKOLAH MINGGU atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum


Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight