Peringatan Hari Guru Nasional

Lirik Lagu "Guruku Tersayang" Persembahan untuk Para Guru

Oleh: Dhita Koesno - 25 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu guruku tersayang untuk memperingati Hari Guru Nasional sebagai pengingat sang pahlawan tanpa tanda jasa.
tirto.id - Hari Guru Nasional diperingati pada Kamis, 25 November 2021 dan salah satu cara memperingatinya dapat dilakukan dengan menyanyikan atau mendengarkan lagu-lagu yang bertema guru.

"Guruku Tersayang" merupakan salah satu lagu ciptaan Melly Goeslaw yang dipersembahkan untuk semua guru yang telah mendidik dan tidak lelah mengajar para anak didiknya, termasuk dirinya.

Dalam akun resmi instagramnya pada tahun 2018 lalu, Melly mengaku bahwa ia tidak pernah menyangka lagu ini menjadi semacam lagu wajib di Hari Guru Nasional.

"Waktu bikin lagu ini tidak pernah menyangka akhirnya bisa jadi semacam lagu wajib setiap memperingati Hari Guru Nasional. Waktu saya buat, saya betul-betul mendedikasikan lagu ini untuk semua guru-guru saya. Saya seperti sekarang ini pun adalah berkat semua guru-guru saya," tutur Melly.

Lirik lagu "Terima Kasih Guruku (Guruku Tersayang)" yang ringan dan penuh makna ini membuat banyak orang gampang mengingatnya.

Lagu ini juga telah banyak dicover oleh banyak penyanyi dan musisi, seperti Vidi Aldiano dan anak-anak dari Akademi Fantasi Indosia (AFI) Junior.

Salah satu akun dalam YouTube Kids Diva bernyanyi @Diva The Series, lagu ini juga dicover dan dibuat dalam versi kartun.

Hingga berita ini dibuat, video musik "Guruku Tersayang" yang dipublikasikan pada 22 Februari 2018 sudah ditonton hingga 12.640.175 kali dan disukai oleh lebih dari 54 ribu penggunanya.

Tema Hari Guru Nasional 2021


Dikutip laman Kemendikbud, tema yang diusung pada Hari Guru Nasional tahun 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.”

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021 untuk memperingati Hari Guru tahun ini.

Kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi terhadap Guru (TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, GPK), Kepala Sekolah, Kepala TK, Pengelola KB/TPA/SPS, Pengawas Sekolah, Pamong Belajar, dan Penilik PAUD dan Dikmas yang telah berperan aktif dan memiliki praktik baik dalam melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dalam mengatasi learning loss yang disebabkan karena pandemi Covid-19 dengan kebijakan Merdeka Belajar.

Lirik Lagu Guruku Tersayang


Berikut ini lirik lagu "Terima Kasih Guruku (Guruku Tersayang)" ciptaan Melly Goeslaw.

Terima Kasih Guruku (Guruku Tersayang)


Pagiku cerah matahari bersinar
Kugendong tas merahku dipundak
Selamat pagi semua
Kunantikan dirimu

Di depan kelasmu, menantikan kami

Guruku tersayang
Guruku tercinta
Tanpamu apa jadinya aku
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal
Guruku terima kasihku......

Reff:


Nyatanya diriku
Kadang buatmu marah
Namun segala maaf kau berikan.



Baca juga artikel terkait GURUKU TERSAYANG atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dhita Koesno
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight