Hari Guru Nasional 2021

Rekomendasi Film Bertema Guru untuk Peringati Hari Guru 25 November

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 24 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Daftar film bertema guru untuk memperingati Hari Guru Nasional 2021 mulai dari Laskar Pelangi, Sokola Rimba hingga Hichki.
tirto.id - Hari Guru Nasional akan diperingati pada 25 November 2021. Hari Guru Nasional merupakan peringatan nasional yang digelar tahunan sejak ditetapkannnya Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994.

Hari Guru Nasional adalah sebuah peringatan yang ditujukan untuk memberikan penghargaan kepada guru-guru yang telah mendidik generasi bangsa Indonesia.

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tema dalam Peringatan Hari Guru Nasional 2021, adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.”

Dalam Peringatan Hari Guru Nasional biasanya kerap dilaksanakan upacara. Namun, berdasarkan pedoman dari Kemendikbud, upacara Hari Guru Nasional 2021 hanya boleh diselenggarakan oleh sekolah-sekolah yang berada di wilayah zona aman.

Rekomendasi Film Bertema Guru


Dalam memperingati Hari Guru Nasional 2021 dapat dilakukan dengan menonton film-film yang bertema seorang guru. Hal tersebut dapat dijadikan media dalam memupuk diri supaya dapat mengenang jasa-jasa guru. Beberapa film yang dapat ditonton dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional 2021 sebagai berikut:

1. Film Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi merupakan film yang menceritakan tentang sebuah sekolah, yakni SD Muhammadiyah di Gantung (Belitung Timur) yang kekurangan murid dan akan ditutup. Standar yang diimbaukan supaya sekolah dapat beroperasi adalah 10 murid. Namun menjelang penutupan sekolah tersebut, baru berisikan 9 murid.

Kemudian, muncul seorang anak bernama Harum dan melengkapi sebagai siswa ke-10. Akhirnya, sekolah tersebut dapat tetap beroperasi. Film Laskar Pelangi diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata berjudul “Laskar Pelangi”.

Film Laskar Pelangi disutradari oleh Riri Riza. Kemudian, perusahaan film yang memperoduksinya adalah Miles Films dan Mizan Production. Beberapa artis yang ditampilkan dalam Film Laskar Pelangi seperti Cut Mini, Ikranagara, dan Slamet Rahardjo.

2. Film Sokola Rimba (2013)

Sokola Rimba merupakan film yang diambil dari kisah nyata Butet Manurung bersama suku Anak Dalam. Film tersebut disutradarai oleh Riri Riza dan berdurasi 1 jam 30 menit. Film Sokola Rimba mengandung akan nilai-nilai pendidikan dan kemanusiaan.

Film Sokola Rimba banyak menerima penghargaan di beberapa ajang seperti piala Best Adapted Screenplay dalam Festival Film Indonesia 2014. Beberapa artis yang ditampilkan dalam Film Sokola Rimba seperti Prisia Nasution, Nyungsang Bungo, Nengkabau, Beindah, Rukman Rosadi, Nadhira Suryadi, Ines Somellera, Netta KD, dan Dery Tanjung

3. Film Dead Poet’s Society (1989)

Dead Poet’s Society merupakan film yang menceritakan tentang seorang guru bahasa Inggris bernama Profesor Keating yang mengajar di sebuah sekolah khusus laki-laki pada tahun 1950-an. Profesor tersebut dapat memberikan inspirasi kepada murid-muridnya supaya dapat selalu membuat perubahan dalam hidup. Selain itu, professor juga mengajak para murid untuk menggemari puisi.

Pembuatan Film Dead Poet’s Society berada di bawah arahan sutradara Peter Weir. Sementara itu, naskah dari film tersebut ditulis oleh Tom Schulman. Beberapa artis yang ditampilkan dalam Film Dead Poet’s Society seperti Robin Williams, Robert Sean Leonard, Ethan Hawke, Josh Charles, dan Gale Hansen.

4. Film Freedom Writers (2007)

Freedom Writers merupakan film yang menceritakan tentang seorang guru idealis bernama Erin Gruwell. Erin adalah guru bahasa Inggris di Woodrow Wilson High School di Long Beach (California). Siswa-siswa yang Erin didik berasal dari berbagai kalangan, ras, dan punya cap “buangan”.

Kemudian, banyak dari siswa Erin yang ikut geng dengan persyaratan berbahaya sampai kematian. Selain itu, juga terjadi banyak permasalahan di dalam kelas seperti perbedaan ras yang membuat siswa saling membenci satu sama lain.

Erin akhirnya menemukan sebuah metode untuk mengatasi keadaan tersebut, yakni dengan memberikan tugas menulis jurnal harian. Tugas itu tidak akan dinilai dan tidak akan dibaca kecuali pemilik buku mengizinkan.

Hal tersebut mampu mengubah keadaan dari hari ke hari, banyak siswa yang mulai terbuka. Gruwell juga semakin tahu keadaan para siswa dan bagaimana cara terbaik bersahabat dengan mereka.

Pembuatan Film Freedom Writers berada dibawah arahan sutradara Richard LaGravenese. Beberapa artis yang ditampilkan dalam Film Freedom Writers, seperti Hilary Swank, Patrick Dempsey, Scott Glenn, Imelda Staunton, dan April L. Hernandez. Freedom Writers berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Richard LaGravenese.

5. Film Hichki (2018)

Hichki merupakan film yang menceritakan tentang seorang guru bernama Naina Mathur (Rani Mukerji) yang mengidap sindrom Tourette, yakni kelainan neurologis yang menyebabkan penderitanya mengeluarkan kata-kata atau melakukan gerakan tanpa bisa dikontrol dan secara spontan.

Naina mengajar di sebuah sekolah elit di daerahnya, St. Notker’s. Pada sekolah tersebut, ia berperan sebagai wali kelas dari 9F, yakni sebuah kelas yang dihuni oleh murid-murid bermasalah. Hal tersebut yang menjadi latar kenapa Naira dapat diterima di sekolah St. Notker’s.

Selama mengajar di kelas 9F, Naira kerap mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan dari murid-muridnya. Namun, Naira sepertinya bukan sosok yang mudah menyerah. Naira justru terus berusaha untuk mendidik murid-muridnya.

Pembuatan Film Hichki berada dibawah arah sutradara Siddharth Malhotra. Sementara itu, naskah film ditulis oleh Anckur Chaundhry, Siddharth Malhotra, dan Ambar Hadap. Beberapa artis yang ditampilkan dalam Film Hichki seperti Rani Mukerji, Asif Basra, dan Shivkumar Subramaniam.


Baca juga artikel terkait FILM BERTEMA GURU atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yantina Debora
DarkLight