tirto.id - Pemerintah tak lama lagi bakal menyelenggarakan Tes Kemampuan Akademik (TKA) bagi siswa semua jenjang SMA. Termasuk untuk siswa pada jenjang SD, TKA akan segera digelar secara serentak pada Maret hingga April tahun depan.
TKA sendiri menjadi bagian dari evaluasi nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Salah satu mata pelajaran yang akan diujikan dalam TKA adalah Bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini bakal menjadi komponen penting untuk mengukur tingkat literasi dasar siswa.
Untuk mempersiapkan adanya TKA tingkat SD pada tahun depan itu, para siswa dan orang tua bisa mempersiapkan dari sekarang. Salah satu yang bisa disiapkan adalah perihal contoh soal TKA Bahasa Indonesia untuk SD. Pusmendik telah menyusun berbagai kisi-kisi dan simulasi soal sebagai langkah persiapan dan pembelajaran sebelum menghadapi TKA.
Adanya soal-soal Bahasa Indonesia ini dirancang untuk membantu siswa memahami berbagai pola soal. Mulai dari jenis pertanyaan, serta meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis.
Sementara itu, dari soal TKA Bahasa Indonesia yang akan diujikan mencakup berbagai aspek kebahasaan. Mulai dari mencakup berbagai aspek kebahasaan, seperti pemahaman teks bacaan, struktur kalimat, penggunaan kata baku, jenis kalimat, serta kemampuan menyimpulkan informasi dari teks.
Kumpulan Contoh Soal SD/MI TKA Bahasa Indonesia dan Jawabannya
Kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia berikut bisa dijadikan bahan belajar untuk menghadapi TKA SD. Di dalam kumpulan soal ini juga terdapat jawaban yang disediakan.
Berikut ini adalah kumpulan contoh soal TKA SD Bahasa Indonesia yang dikutip dari laman Pusmendik dan beberapa sumber:
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-3:
Danau untuk Semua
Di hutan ada sebuah danau tempat semua binatang minum. Suatu pagi, air danau menjadi kotor karena Rino si badak berendam di dalamnya. Binatang-binatang lain jadi tidak bisa minum. Namun, mereka takut menegur Rino karena badannya besar dan bercula. Mereka diam seribu bahasa. Rino malah merasa bangga karena jadi pusat perhatian.
Esoknya, Rino masih berendam. Binatang-binatang makin kehausan.
“Aduh, bagaimana ini?” ujar Bani si kelinci. Hewan lain juga mulai gelisah.
Binatang-binatang hutan pun berkumpul dan bermusyawarah. Hari, si harimau, mengusulkan agar meminta bantuan Ucil si kancil.
“Setuju!!” semua binatang berteriak antusias.
Ucil menemui Rino. “Selamat siang, Tuan. Maaf mengganggu Tuan. Ada kabar penting,” kata Ucil dengan lembut.
Rino segera bangun. Ia merasa tersanjung dengan ucapan Ucil.
“Kabar penting? Cepat bicara!” kata Rino.
“Hamba kasihan kepada Tuan. Badan besar berendam di danau kecil. Tidak pantas, Tuan. Oh ya, ada makhluk yang menutup jalan air supaya tidak mengalir. Sayang, makhluk itu tidak kelihatan oleh mata kita, dia makhluk gaib,” lanjut Ucil.
Rino mengerutkan dahinya. “Percayalah, Tuan,” bujuk Ucil.
Rino segera berlari menuju pohon nangka. Ia pun menanduk pohon itu selama setengah hari. Sementara itu, binatang yang lain bergantian untuk minum air danau.
Rino selesai menumbangkan pohon nangka. Ia kembali menuju danau. Sementara, binatang lainnya sudah meninggalkan danau. Mereka sudah tidak haus lagi.
1. Siapa yang memiliki usul untuk meminta bantuan hewan yang cerdik?
A. Bani
B. Rino
C. Ucil
D. Hari
Jawaban: D
2. “Mereka diam seribu bahasa.”
Apa arti “diam seribu bahasa” pada teks fabel tersebut?
A. Para binatang di hutan tidak mampu melakukan sesuatu
B. Semua binatang di hutan menahan untuk tidak berkomentar
C. Penghuni hutan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.
D. Binatang-binatang di hutan tidak mengetahui masalah yang terjadi.
Jawaban: B
3. Apa contoh peristiwa yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari- hari berdasarkan kejadian yang dialami Ucil pada cerita tersebut? Tentukan Sesuai atau Tidak Sesuai untuk setiap pernyataan berikut!
A. Tita memberi ide cemerlang yang dapat dilakukan oleh teman-teman di kelas.
B. Jani menghargai kepercayaan yang diberikan teman-teman sekelas kepada dirinya.
C. Nina bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya.
Jawaban:
(A) Tidak Sesuai
(B) Sesuai
(C) Sesuai
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 4-6:
Hewan Pemakan Daun, Apa Itu?
Hewan bisa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan makanan mereka. Karnivora, hewan pemakan daging. Contoh hewan karnivora adalah singa. Selanjutnya herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan. Sapi adalah contoh hewan herbivora. Terakhir, hewan omnivora, yaitu hewan pemakan daging dan tumbuhan, seperti beruang.
Dari kelompok herbivora, ada hewan yang hanya makan daun saja. Mereka disebut folivora. Hewan folivora hanya makan daun untuk hidup. Namun, daun itu susah untuk dicerna, apalagi kalau sudah tua. Kadang-kadang daun juga mengandung zat yang bisa berbahaya.
Agar bisa mencerna daun, tubuh hewan folivora punya cara khusus. Mereka punya usus yang panjang agar makanan bisa diproses lebih lama. Tubuh hewan folivora bekerja lebih lambat, jadi tidak terlalu banyak bergerak. Di dalam perut hewan folivora juga ada bakteri baik yang membantu mencerna daun. Beberapa hewan folivora lebih suka daun muda karena lebih lembut dan mudah dimakan.
Ada beberapa contoh hewan folivora yang hidup di alam. Misalnya, panda yang makan daun bambu. Ada juga koala yang makan daun eukaliptus. Mereka tinggal di hutan dan sangat bergantung pada daun untuk makan. Karena itu, hutan tempat mereka tinggal harus dijaga supaya mereka bisa terus hidup.
4. Apa saja contoh hewan folivora berdasarkan informasi tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. Sapi
B. Koala
C. Panda
Jawaban: B dan C
5. Bagan mana yang sesuai untuk menggambarkan informasi pada teks tersebut?
A. Tiga kelompok utama hewan folivora → Pengertian hewan folivora → Contoh hewan folivora → Cara hewan folivora mencerna daun
B. Tiga kelompok utama hewan folivora → Contoh hewan folivora → Pengertian hewan folivora → Cara hewan folivora mencerna daun
C. Tiga kelompok utama hewan → Contoh hewan folivora → Pengertian hewan folivora → Cara hewan folivora mencerna daun
D. Tiga kelompok utama hewan → Pengertian hewan folivora → Cara hewan folivora mencerna daun → Contoh hewan folivora
Jawaban: D
6. Apa gagasan utama yang disampaikan pada paragraf ketiga teks tersebut?
A. Jenis daun yang cocok untuk hewan folivora
B. Pembagian hewan berdasarkan makanan mereka
C. Cara khusus tubuh hewan folivora mencerna daun
D. Peranan penting hutan bagi kehidupan hewan folivora
Jawaban: C
7. Bacalah paragraf berikut:
Andin gemar membaca buku cerita. Ia sering meminjam buku di perpustakaan sekolah. Setiap sore, ia membaca buku di teras rumah.
Apa kegemaran Andin?
A) Menulis cerita
B) Membaca buku cerita
C) Meminjam buku
D) Bermain di teras
Jawaban: B
8. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu sedang memasak nasi di dapur.
Kata kerja dalam kalimat tersebut adalah...
A) Ibu
B) Sedang
C) Memasak
D) Dapur
Jawaban: C
9. Kalimat mana yang menggunakan kata "membaca" dengan benar?
A) Ani membaca lari di lapangan.
B) Mereka membaca buku cerita.
C) Kami membaca makanan enak.
D) Ibu membaca ke pasar.
Jawaban: B
10. Bacalah pantun berikut:
Jalan-jalan ke pasar baru,
Membeli kain warna-warni.
Jika kamu rajin belajar,
Cita-cita pasti tercapai nanti.
Apa pesan dari pantun tersebut?
A) Kita harus rajin membeli kain
B) Rajin belajar bisa meraih cita-cita
C) Pergi ke pasar menyenangkan
D) Warna-warni itu indah
Jawaban: B
Link Simulasi Tes Kemampuan Akademik SD/MI Sederajat
Berdasarkan beberapa sumber, pelaksanaan TKA tahun 2025 akan dilakukan secara serentak dan berbasis komputer. Maka dari itu, siswa juga disarankan untuk mencoba simulasi tes online agar terbiasa dengan format digital dan waktu pengerjaan yang terbatas.
Untuk latihan lebih lanjut, siswa bisa mencoba simulasi resmi TKA Bahasa Indonesia SD/MI melalui tautan berikut:
Simulasi Tes TKA SD Bahasa Indonesia 2025
Pembaca yang ingin mengakses artikel mengenai Tes Kemampuan Akademik 2025 bisa mengakses tautan yang ada di bawah ini:
Penulis: Sunardi
Editor: Wisnu Amri Hidayat
Masuk tirto.id





































