Kartu Prakerja: Pembelian Pelatihan Gelombang 6 Ditutup 2 Oktober

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 1 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Batas pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 6 adalah 2 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.
tirto.id - Program Prakerja saat ini sudah memasuki gelombang 10. Bagi Anda yang sudah lolos Prakerja Gelombang 6 tapi belum membeli pelatihan pertama, batas waktu pembelian pelatihan akan segera berakhir.

Sehingga bagi Anda yang belum membeli program pelatihan sebaiknya segera beli sebelum 2 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

"Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja," tulis akun Instagram resmi Prakerja.

Bila telah melewati batas waktu pembelian pelatihan pertama dan Anda belum juga melakukan pembelian maka kepesertaan dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

Cara membeli pelatihan Prakerja


1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut

Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Sehingga Anda akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan.
ㅤㅤㅤㅤ
"Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala," tulis penyelenggara program Prakerja melalui akun Instagramnya.

Penyelenggara program Prakerja juga mengingatkan agar Anda yang lolos program ini untuk mengikuti dan memilih pelatihan dengan cermat, sebab kesempatan untuk mengikuti program ini hanya berlaku satu kali seumur hidup.

Manfaat mengikuti program Kartu Prakerja


Jika Anda lolos seleksi program ini, nantinya para penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif Rp3.550.000 per orang.

Rincian dana tersebut di antaranya, Rp1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp600.000 per bulan selama empat bulan untuk insentif setelah pelatihan dan Rp150.000 insentif setelah melakukan survei.

Cara cairkan insentif Prakerja


Insentif Prakerja tak langsung cair bagi Anda yang dinyatakan lolos. Anda hanya akan menerima insentif jika:

- Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat;

- Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya;

- Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan;

- Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan;

- Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id;

- Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.




Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight