Menuju konten utama

Cara Memutus Nomor Rekening atau E-Wallet pada Kartu Prakerja

Memutuskan rekening atau e-Wallet bila sudah tidak aktif adalah salah satu peranan penting dalam menerima insentif.

Cara Memutus Nomor Rekening atau E-Wallet pada Kartu Prakerja
Ilustrasi Kartu Prakerja. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Program Kartu Prakerja memiliki beragam manfaat bagi penerimanya. Hingga saat ini program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 9.

Nantinya bagi Anda yang mengikuti seleksi program ini dan dinyatakan lolos selaksi maka Anda berhak mendapatkan uang senilai Rp3.550.000 dengan rincian sebagai berikut:

- Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta

- Insentif setelah pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan (untuk 4 bulan)

- Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp150.000 per peserta. Bantuan untuk pelatihan akan diberikan secara non-tunai.

Sementara itu, insentif akan diberikan dengan cara ditransfer ke rekening bank Anda atau e-wallet. Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank yang telah didaftarkan di akun www.prakerja.go.id.

Lantas bagaimana cara mengganti atau memutus nomor rekening yang sudah terdaftar di Kartu Prakerja?

Memutuskan rekening atau e-Wallet bila sudah tidak aktif adalah salah satu peranan penting dalam menerima insentif.

Sebelum melakukan pemutusan rekening atau e-wallet, Anda diharuskan menonaktifkan atau mengganti nomor sebelumnya pada e-wallet yang Anda pilih baru proses ini dapat dilakukan.

Berikut Tutorial dalam melakukan pemutusan rekening pada Prakerja

Cara Memutuskan E-Wallet ke Akun Kartu Prakerja

1. Pilih Atur pada dashboard pada bagian Rekening

2. Cek nomer dan status Rekening Anda dan Pilih Putuskan Rekening

3. Baca informasi pada tampilan dan Pilih Putuskan Rekening

4. Setelah berhasil akan keluar tulisan "Berhasil! Segera lakukan penyambungan rekening kembali menggunakan nomor HP yang digunakan sekarang".

Sebelum menyambungkan rekening bank atau e-wallet, pastikan:

1. Nomor rekening bank dan e-wallet/e-money Anda merupakan atas nama Anda sendiri (menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja)

2. Jika memilih e-wallet, pastikan Anda telah mempunyai akun e-wallet di salah satu mitra kami (OVO, LinkAja, Gopay)

3. Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet/e-money Anda

4. Akun e-wallet Anda sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC (verifikasi KTP & swafoto).

Cara Sambung Rekening/E-Wallet

1. Login ke akun Anda di www.prakerja.go.id

2. Masuk ke dashboard akun Anda

3. Pada bagian Rekening, klik Sambungkan Rekening

4. Pilih bank atau e-wallet pilihanmu, lalu klik Sambungkan

5. Jika Anda memilih nomor rekening bank, masukan data rekening Anda. Pastikan Anda memasukkan data yang benar.

6. Jika Anda memilih e-wallet, pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor telepon e-wallet Anda yang telah KYC atau e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium.

7. Jika nomor HP sudah benar, klik Aktifkan

8. Masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda

9. Jika berhasil akan keluar tulisan “Rekening Tersambung! Rekening Anda telah tersambung dengan platform Kartu Prakerja”.

Namun, bagaimana jika Anda gagal menyambungkan nomor rekening atau e-wallet?

Maka, pastikan Anda memasukkan nomor rekening atau nomor HP yang digunakan di e-wallet Anda dengan benar dan OTP yang benar.

Untuk saat ini, Anda bisa mendaftarkan nomor rekening BNI dan nomor HP e-Wallet OVO, LinkAja dan Gopay.

Jika Anda gagal karena memasukkan nomor HP yang belum terdaftar di e-wallet, daftarkan terlebih dahulu ke e-wallet pilihan Anda (OVO, LinkAja, atau Gopay). Jangan lupa segera upgrade akun e-wallet Anda.

Penyebab Rekening Bank atau E-Wallet Gagal Tersambung

Rekening bank atau e-wallet akan gagal tersambung jika NIK di rekening bank atau e-wallet tidak sama dengan yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja.

Anda wajib memakai NIK Anda sendiri yang terdaftar di akun Kartu Prakerja dan tidak boleh memakai NIK orang lain.

Selain itu, e-wallet Anda juga akan gagal tersambung jika Anda belum upgrade akun e-wallet Anda. Lakukan upgrade akun e-wallet Anda terlebih dahulu di aplikasi e-wallet yang ingin Anda sambungkan.

Jika Anda masih mengalami kendala pada saat menyambungkan rekening bank atau e-wallet, Anda dapat menghubungi customer service mitra bank dan e-wallet di:

Mitra Pembayaran:

- BNI: 1 500 046

- OVO: 1 500 696

- Linkaja: 150911

- Gopay: cs@go-pay.co.id

Cara Upgrade Akun E-Wallet

Anda dapat melakukan upgrade akun e-wallet di aplikasi e-wallet pilihan Anda (OVO, LinkAja, Gopay). Ikuti langkah-langkah upgrade di aplikasi e-wallet tersebut.

Jika Anda masih mengalami kendala, Anda dapat menghubungi customer service e-wallet.

Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan lainnya dari Nur Hidayah Perwitasari

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH