Kapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 Dibuka: Link, Syarat, Alur

Oleh: Yonada Nancy - 5 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Calon pelamar sekolah kedinasan diharuskan memiliki akun SSCN DIKDIN terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran.
tirto.id - Seleksi Sekolah Kedinasan 2021 akan menjadi pembuka rangkaian seleksi CASN 2021. Dalam rilis Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini rencananya akan dimulai pada 9 April 2021.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran PPPK 1 Juta Guru, CPNS, dan PPPK Non Guru. Tahun ini ada sejumlah sekolah kedinasan dari delapan kementerian dan instansi yang akan dibuka pendaftarannya.

Kedelapan kementerian dan instansi tersebut antara lain, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Intelijen Negara, Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Link pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021


Panitia seleksi nasional (panselnas) tengah mempersiapkan satu sistem terintegrasi untuk mendukung proses pendaftaran rangkaian seleksi CASN 2021, termasuk sekolah kedinasan. Sistem tersebut merupakan Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) yang dapat diakses melalui link https://sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran sekolah kedinasan dapat dilakukan di SSCN DIKDIN, yaitu satu dari tiga platform utama SSCASN. SSCN DIKDIN dapat dikases melalui link https://dikdin.bkn.go.id.

Calon pelamar sekolah kedinasan diharuskan memiliki akun SSCN DIKDIN terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran. Saat ini pelamar belum bisa melakukan registrasi atau membuat akun. Pembukaan pendaftaran akun sekolah kedinasan melalui SSCN DIKDIN dapat dipantau di https://dikdin.bkn.go.id.

Alur pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Dikutip dari SSCN DIKDIN, berikut ini rangkaian alur pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021:
  1. Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Pelamar membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun. Pastikan untuk menyimpan Kartu Informasi Akun sebagai bukti pembuatan akun dan untuk melakukan proses registrasi swafoto.
  3. Pelamar melakukan login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Pelamar meng-upload swafo
  5. to, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas dan melengkapi biodata. Pelamar hanya diperbolehkan memilih satu sekolah kedinasan.
  6. Pelamar mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran.
  7. Verifikator instansi yang didaftarakan akan melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk.
  8. Pelamar dapat mengecek status kelulusan verifikasi administrasi dengan melakukan login ke SSCN DIKDIN.
  9. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi). Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait.
  10. Pelamar mencetak kartu ujian di SSCN DIKDIN begitu pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem.
  11. Pelamar mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi
  12. Pelamar memantau status kelulusan yang akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di platform SSCN DIKDIN.
Syarat pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Terdapat sejumlah dokumen utama yang harus dipenuhi pelamar sebagai persyaratan mendaftar Sekolah Kedinasan 2021. Mengutip "Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 yang dirilis oleh BKN" dokumen-dokumen tersebut antara lain:
  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Rapor SMA sederajat
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.


Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight