Jokowi Janji Tak Ada Lagi Permainan Harga Bawang Merah

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 14 Des 2021 14:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi mengatakan pemerintah menyiapkan instansi yang akan membeli bawang merah yang ditanam petani di lahan food estate di Temanggung, Jawa Tengah.
tirto.id - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan pembangunan food estate bawang merah di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). Pemerintah, kata Jokowi akan melakukan pendampingan penanaman bawang merah di lahan seluas 339 hektar demi meningkatkan produksi bawang merah.

"Didampingi oleh Kementerian Pertanian yang kita harapkan nanti produktivitasnya bisa meningkat," kata Jokowi usai meninjau pelaksanaan food estate di Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021).

Jokowi mengatakan, pemerintah juga menyiapkan instansi yang akan membeli bawang merah yang ditanam. Hal tersebut kata Jokowi bisa memberikan kepastian harga dan kepastian pembelian.

Dengan langkah-langkah tersebut, kata Jokowi, "Harga yang ada tidak dipermainkan oleh para tengkulak".

Jokowi pun berharap, langkah tersebut membuat produktivitas bawang merah membaik dan pendapatan petani meningkat. Ia berjanji terus memonitor karena ingin mengetahui besaran keuntungan petani dari program food estate kali ini.

"Ini akan saya lihat setelah panen, karena kita dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi per hektar mendapatkan berapa ton kemudian ongkos di produksinya berapa sehingga ketemu betul bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari menanam bawang merah itu," kata Jokowi.

Jokowi berkunjung ke Food Estate di Temanggung, Jawa Tengah tidak hanya memonitor kondisi lahan, tetapi juga melakukan penanaman bawang merah bersama petani dan masyarakat. Ia bersama ibu negara Iriana Widodo pun dijadwalkan meresmikan sejumlah embung di lokasi.

Usai peninjauan food estate, Jokowi berangkat ke Kabupaten Wonosobo untuk menyerahkan bantuan sosial kepada pedagang kaki lima dan warung, meninjau lumbung pangan di Wonosobo dan melakukan penanaman cabai bersama petani dan masyarakat sekitar.


Baca juga artikel terkait FOOD ESTATE atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight