Jika Final Copa del Rey Batal, Athletic Bilbao Gagal ke Liga Eropa?

Oleh: Beni Jo - 1 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Athletic Bilbao terancam gagal ke Liga Eropa 2020/2021 jika final Copa del Rey 2019/2020 melawan Real Sociedad tidak jadi digelar.
tirto.id - Athletic Bilbao terancam gagal menuju Liga Eropa 2020/2021 musim depan jika pertandingan final Copa del Rey 2019/2020 melawan Real Sociedad tidak jadi digelar. Valencia disebutkan berpotensi mendapatkan jatah tersebut.

Duel puncak Copa del Rey 2019/2020 antara Athletic Bilbao vs Real Sociedad sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (18/4/2020) lalu. Namun, hingga kini laga tersebut tidak kunjung diselenggarakan lantaran tertunda akibat kondisi pandemi virus Corona COVID-19.

Bilbao sangat berpotensi menuju Liga Eropa 2020/2021 dengan berhasil lolos ke partai final Copa del Rey. Pasalnya, Sociedad yang menjadi calon lawan juga memiliki peluang menuju Liga Champions musim depan karena menduduki posisi keempat klasemen Liga Spanyol 2019/2020 sebelum ditunda.

Artinya, satu langkah menuju Eropa sudah berada di genggaman Los Leones sebagai wakil dari Copa del Rey dengan Sociedad yang akan berlaga di Liga Champions. Namun, harapan tersebut kini justru terancam pupus.

AS melaporkan pada Kamis (30/4), UEFA selaku Konfederasi Sepak bola Eropa menginformasikan kepada RFEF (Federasi Sepak bola Spanyol) bahwa tim yang berada pada posisi 7 klasemen akhir La Liga bisa berhak tampil di Liga Eropa musim depan.

Keputusan tersebut akan dilakukan andai final Copa del Rey 2019/2020 tidak bisa dihelat. Ini juga berarti bahwa UEFA menolak usulan RFEF yang ingin tetap memberikan jatah Liga Eropa kepada salah satu finalis meski laga final tidak digelar.

Sebagai dampak lainnya, Valencia berpeluang mendapatkan jatah tersebut. Dani Parejo dan kawan-kawan menjadi tim yang menduduki peringkat 7 berdasarkan klasemen terakhir sebelum ditunda.

Sejauh ini, Los Che sudah mengoleksi 42 poin dari 27 pertandingan. Sedangkan Athletic Bilbao berada di peringkat ke-10 dengan 37 angka.


Opsi dan Harapan RFEF

Sementara itu, disebutkan oleh Marca bahwa RFEF berharap klub-klub yang lolos Liga Eropa mendatang tetap berdasarkan jatah semula, yakni berasal dari kompetisi Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Disebutkan pula ada dua pilihan terkait kelanjutan final yang mempertemukan dua tim yang sama-sama berasal dari Basque tersebut.

Opsi pertama adalah menggelar duel antara Athletic Bilbao vs Real Sociedad dengan sistem tertutup alias tanpa penonton.

Sedangkan opsi kedua yakni masih berstatus ditunda hingga menunggu situasi yang memungkinkan untuk dihadiri oleh penonton. Namun, pilihan itu dikhawatirkan memiliki potensi melewati deadline yang sudah diberikan pihak UEFA, yaitu hingga Agustus mendatang.

Meskipun demikian, RFEF disebutkan bakal menyerahkan keputusan kepada kedua klub yang akan berlaga jika mereka tetap berkeinginan menggelar laga tanpa penonton. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight