Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Pacitan Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 17 Mei 2018
Kabupaten Pacitan memiliki tradisi Karnaval Rontek atau Gugah Sahur untuk menyambut bulan suci Ramadan.
tirto.id - Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Memiliki populasi mencapai 728.049 jiwa (2013), selama bulan Ramadan, kota ini juga memiliki tradisi yang tak hanya berkaitan dengan tausiah saja namun lebih tepat ke wisata religi, yakni Karnaval Rontek atau Gugah Sahur dalam Bahasa Jawa.

Umat Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa pada Ramadan 1439 Hijriah sejak Kamis, 17 Mei 2018, tidak terkecuali di Kabupaten Pacitan. Terkait tradisi Karnaval Rontek, konsep dari kegiatan ini adalah untuk membangunkan orang sahur. Pemerintah Kabupaten Pacitan bahkan membuat agenda tahunan untuk kegiatan ini sebagai bagian salah satu program kerja mereka.

Acara kesenian yang berbalut nilai keagamaan ini diikuti oleh perwakilan Desa atau Kelurahan di Kabupaten Pacitan. Karena waktu kegiatan berjalan usai salat tarawih dan banyak kontestan yang berpartisipasi, maka tak jarang Karnaval Rontek berlangsung selama berhari-hari.

Bagi masyarakat Kabupaten Kabupaten Pacitan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis