IU Masuk Daftar Pahlawan Filantropi Asia Versi Forbes

Oleh: Nuraini Ika - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
IU dinyatakan masuk dalam daftar pahlwan filantropi Asia versi Forbes karena tercatat telah memberi total donasi sebesar 900 juta won pada 2018 atau setara Rp10,6 miliar (kurs 11,82).
tirto.id - Penyanyi solois Korea, IU masuk dalam daftar pahlwan filantropi Asia versi Forbes atas kontribusinya ikut serta menyelesaikan beberapa masalah krusial di Asia-Pasific.

Dilansir Soompi, hal itu diketahui selepas Forbes mengumumkan daftar pahlwan filantropi pada 2 Desember 2019 (waktu setempat).

IU dinyatakan masuk dalam list tersebut karena tercatat telah memberi total donasi sebesar 900 juta won pada 2018 atau setara Rp10,6 miliar (kurs 11,82).

IU menjadi orang termuda yang masuk list pahlwan filantropi Asia versi Forbes. Penyanyi kelahiran 1993 ini sejak 2015 telah banyak memberikan donasi kepada Green Umbrella Children’s Foundation, Newsen mewartakan.

Organisasi tersebut berfokus membantu keluarga orang tua tunggal, anak-anak yang dibesarkan oleh kakek-nenek, dan anak-anak lain dalam kondisi kurang mampu.

IU juga bergabung bersama komunitas selebriti Korea memberikan donasi kepada korban kebakaran di Provinsi Gangwon pada awal 2019 lalu. Ia juga mengirimkan donasi kepada asosiasi tuli setelah terinspirasi drama yang ia bintangi “My Mister”.

Selain itu, pada 2019 dalam rangka merayakan ulang tahun debut ke-11, IU bersama penggemarnya (UAENA) mengirimkan donasi topi musim panas untuk para lansia di Korea.

Pihak Forbes menyatakan, IU termotivasi mengirimkan banyak donasi untuk orang yang membutuhkan karena cerita dan latar belakang keluarganya sebelum ia menjadi idola dan dikenal dunia, demikian kembali dilansir dari Soompi.

Pemilik nama asli Lee Ji-eun ini memulai debutnya di industri musik sejak 2007 dengan lagu “Lost Child”. Sejauh ini IU setidaknya telah mengeluarkan 4 studio album, 2 compilasi album, 9 mini album dan 13 single.

IU sendiri juga baru saja kembali menyapa UAENA dengan merilis mini album bertajuk Love Poem pada 1 November 2019. Soompi mewartakan, sehari setelah dirilis, salah satu lagu dari album tersebut yang bernama sama, berhasil meraih Perfect All Kill di tangga lagu Korea.

Saat tulisan ini dibuat, IU sedang disibukkan oleh jadwal konser tur bertajuk “2019 IU Tour Concert: LOVE, POEM.” Pada konser tersebut IU dijadwalkan akan mengunjungi 10 kota di berbagai negara termasuk Jakarta, Indonesia.

Konser IU di Jakarta dijadwalkan akan digelar pada 28-29 Desember 2019 di Tenis Indoor Senayan.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight