Piala Indonesia

Hasil PSM vs Bhayangkara FC: Agregat 4-4, Juku Eja ke Semifinal

Oleh: Hendi Abdurahman - 3 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 menjadi hasil PSM vs Bhayangkara FC di leg kedua 8 besar Piala Indonesia, Jumat (3/5/2019). Total agregat 4-4, Juku Eja lolos ke semifinal dengan keunggulan produktivitas gol tandang.
tirto.id - Laga PSM vs Bhayangkara FC di leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia yang dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Jumat (3/5/2019) berakhir dengan skor 2-0. Dua gol Juku Eja diciptakan oleh M. Rahmat dan Rizky Pellu.

Dengan hasil ini, PSM lolos ke babak semifinal Piala Indonesia. Meski secara agregat sama kuat 4-4, anak asuh Darije Kalezic unggul produktivitas gol tandang atas Bhayangkara FC.

Tampil menekan sejak awal-awal babak pertama guna mengincar gol cepat, PSM justru nyaris tertinggal di pertengahan laga setelah Asnawi Mangkualam melakukan handball di kotak terlarang. Namun, Anderson Salles yang menjadi eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik lantaran tendangannya dapat ditebak oleh Rivky Mokodompit.

Dalam satu momentum serangan balik, PSM akhirnya mampu menghasilkan gol pada menit 29. Asnawi Mangkualam yang menyisir dari sisi kanan mampu meberikan umpan kepada M. Rahmat yang berada di mulut gawang. Nama terakhir akhirnya tercatat sebagai pencetak gol. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah dan bertahan hingga turun minum.


Di babak kedua, Juku Eja tidak mengurangi intensitas serangan. Hasilnya, pada menit 56, Rizky Pellu mampu membobol gawang Awan Setho usai memanfaatkan umpan tarik Zulham Zamrun dari sisi kiri pertahanan Bhayangkara FC. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

The Guardian terus berusaha untuk memperkecil ketertinggalan. Pada menit 67, lagi-lagi tendangan bebas Anderson Salles mengancam gawang PSM. Namun, Rivky Mokodompit berada pada posisi yang tepat untuk menepis bola sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Enam menit kemudian, giliran Dendy Sulistyawan yang memperoleh kesempatan. Memanfaatkan sedikit kemelut di depan gawang PSM, sepakan Dendy masih kelewat tinggi di atas mistar.

Unggul dua angka membuat tuan rumah menurunkan tempo permainan. Sebaliknya, Bhayangkara FC kerap terpancing dalam beberapa momen sehingga wasit tak jarang mengeluarkan kartu kuning untuk para pemain The Guardian.

Di sisa waktu, tidak ada gol yang tercipta bagi kedua tim. Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berkahirnya pertandingan.

Susunan Pemain

PSM: Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi; Abdul Rahman; Aaron Evans; Asnawi Mangkualam; Marc Klok; Rizky Pellu; Wiljan Pluim; M. Rahmat; Zulham Zamrun; Eero Markkanen.

Cadangan: Hilman Syah; Zulkifli Syukur; Hasim Kipuw; Rasyid Bakri; Saldy; Guy Junior; Munhar.

Bhayangkara FC: Awan Setho; I Putu Gede; Anderson Salles; Indra Kahfi; Bagas Adi; M. Hargianto; Reksa Maulana; Nur Iskandar; Alsan Sanda; Vendry Mofu; Dendy Sulistyawan.

Cadangan: Indra Adi; Jajang Mulyana; T. M Ichsan; Sani Rizki; Herman Dzumafo; Fatchu Rohman; Rachmad Hidayat.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus