Hasil Persija vs Bali United, Skor Akhir 1-0, Lolos ke Semifinal

Oleh: Wan Faizal - 5 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil akhir laga Persija vs Bali United rampung dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Ismed Sofyan melalui titik penalti. Hasil ini mengantarkan Persija ke smifinal Piala Indonesia 2019.
tirto.id - Persija Jakarta menang 1-0 atas Bali United dalam leg kedua perempat final Piala Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5/2019). Gol tunggal Ismed Sofyan mengantar Persija ke semifinal. Meski agregat skor adalah 2-2, namun Macan Kemayoran unggul secara agresivitas gol tandang dibanding Serdadu Tridatu.

Persija yang butuh kemenangan dengan skor minimal 1-0 langsung menekan pertahanan Bali sejak menit pertama. Sebuah kans bagus langsung didapat Persija di menit keempat. Namun tendangan Riko Simanjuntak yang melengkung ke tiang jauh masih sanggup ditepis oleh Wawan Hendrawan.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh anak asuh Ivan Kolev. Ada kerjasama apik antara Ismed Sofyan dan Ramdani Lestaluhu di menit sembilan namun gagal diubah menjadi gol oleh Novri Setiawan. Tak lama setelahnya, giliran Bali mengancam lewat tendangan bebas Fadil Sausu yang bisa diamankan oleh Andritany Ardhiyasa.

Duel antara Novri dan Wawan kembali terjadi di menit 26. Dalam situasi satu lawan satu, Novri gagal menaklukkan Wawan dan membuat Persija kehilangan salah satu momen terbaiknya untuk mencetak gol. Sampai babak pertama selesai, setidaknya ada dua peluang emas lagi yang didapat Persija melalui Riko dan Bruno Matos. Sayangnya, tetap saja tak ada yang bisa membobol gawang Wawan.

Babak kedua berjalan dan Persija berhasil melanjutkan tempo permainan seperti ketika di babak pertama. Bahkan nyaris saja mereka mengungguli sang lawan andai tandukan Riko di menit 46 bisa mengarah tepat ke gawang Bali.

Tim tamu sebenarnya tak lupa dalam melakukan serangan balasan. Seperti di menit 50, aksi gemilang Paulo Sergio terpaksa dihentikan secara kasar oleh Sandi Sute. Sayangnya tendangan bebas yang dieksekusi Stefano Lilipaly masih bisa diamankan oleh Andritany.

Gol yang dinanti Jakmania pada akhirnya lahir di menit 58. Semua berawal dari handball Brwa Nouri di dalam kotak penalti dan membuat wasit memberikah hadiah penalti. Ismed yang maju sebagai algojo dengan tenang menaklukkan Wawan dan membuat agregat skor menjadi imbang 2-2.

Gol tersebut membuat permainan kian menarik. Persija, meski sudah mendapatkan apa yang mereka cari, seperti tak puas dan terus mencari gol kedua. Di sisi lain Bali juga meningkatkan intensitas serangannya karena dengan situasi yang ada, mereka dipastikan tersingkir dari persaingan ke semifinal.

Peluang bagus didapat Bali di menit 71. Kecepatan Yabes Roni dalam melancarkan serangan balik membuat pertahanan Persija kelimpungan. Bola yang diarahkan pada Lilipaly pun tetap tidak berbuah gol karena ada aksi gemilang Andritany yang bisa mengamankan gawangnya.

Guna menambah intensitas serangan, Teco memainkan Ilija Spasojevic menggantikan Nouri. Peluang Bali semakin besar ketika di menit 90 Sandi Sute menerima kartu kuning keduanya. Namun tipisnya waktu yang ada tidak bisa dimanfaatkan untuk mengejar skor sehingga Persija berhak mendapatkan tiket ke partai semifinal.

Pencetak Gol: Ismed 58’-pen

Susunan Pemain:

Persija: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (Yan Pieter Nasadit 85’), Bruno Matos; Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Heri Susanto (Bambang Pamungkas 75’, Septinus Alua 95’)

Bali United: Wawan Hendrawan; I Made Andhika, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin; Brwa Nouri (Ilija Spasojevic 78’), Fadil Sausu (Sutanto Tan 67’), Paulo Sergio; Yabes Roni, Irfan Bachdim (Miftahul Hamdi 46’), Stefano Lilipaly

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Agung DH
Kontributor: Wan Faizal