Hasil Persebaya vs PS TNI di Piala Presiden 2018: Skor Akhir 1-1

Oleh: Addi M Idhom - 18 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hasil laga Persebaya vs PS TNI membuktikan bahwa tim Bajul Ijo tak mudah patah semangat meski bermain dengan 10 orang.
tirto.id - Persebaya meladeni PS TNI saat menjalani laga pembuka Grup C di Piala Presiden 2018 pada Kamis (18/1/2018). Bajul Ijo menjadi tuan rumah saat menghadapi PS TNI di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, mulai pukul 15.30 WIB.

Kali ini, Persebaya harus bermain tanpa empat pemain intinya, yakni Osvaldo Haay, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, dan M Hidayat. Meskipun demikian, skuat asuhan Alfredo Vera tampil agresif di hadapan puluhan ribu bonek mania yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo.

Sayangnya, Persebaya sudah harus bermain dengan 10 orang sejak menit 15. Paruh awal babak pertama laga ini diwarnai keluarnya satu kartu merah untuk Kiper Persebaya Miswar Syahputra pada menit 15. Miswar sempat keluar penalti saat mengadang pergerakan Bruno dan melakukan hansdball. Posisinya lalu digantikan oleh Dimas Galih.

Tekanan Persebaya tidak mengendur meski terpaksa bermain dengan 10 pemain. Baik tuan rumah maupun tim tamu setidaknya mengoleksi masing-masing 2 peluang emas di babak pertama.

Selepas water break, kedua tim tetap menampilkan permainan agresif. Keunggulan jumlah pemain belum membuat PS TNI meredam serangan lawan. Mental bermain tim Bajul Ijo pun tak surut meski bermain dengan 10 orang. Laga tetap berlangsung dengan tensi tinggi.

Pada menit 42, PS TNI melakukan pergantian pemain. Eliou Bruno diganti Nufiandani dan Fauzi Sansan menggantikan Redouane Zerzouri. Kemudian, di menit 44, Sansan sempat mendapatkan peluang karena langsung berhadapan langsung dengan kiper Persebaya, tapi ia terjebak off side.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan dalam laga Persebaya vs PS TNI masih imbang. Skor tetap 0-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persebaya belum juga mengubah strategi menyerang meski bermain dengan 10 pemain. Pada menit 54, Alfredo Vera menarik 2 pemain Persebaya ke luar lapangan, yakni Adam Mau dan Rendy. Sementara Sidik dan Misbakus Solikhin menggantikan posisi keduanya.

Tak lama kemudian, sebuah peluang Persebaya muncul lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti yang dilesakkan Oktafianus Fernando pada menit 58, tapi bola melambung. Sementara di menit 59, dua peluang didapatkan oleh kedua tim. Tapi keduanya tak menghasilkan gol.

Akhirnya kebuntuan pun pecah. Pada menit 68, Manahati Lestusen membobol gawang Persebaya usai menerima umpan dari Dani yang juga berada di kotak penalti. Menariknya, Manahati tak merayakan gol ini dengan selebrasi.


Persebaya ternyata belum surut mental juangnya. Pada Menit 76, Persebaya menyamakan kedudukan. Ferinando Pahabol melesakkan tendangan keras dengan kaki kiri usai menyambar bola liar hasil tendangan sudut yang diadang pemain PS TNI. Tendangan keras Pahabol dari kotak penalti itu menjebol gawang PS TNI dan gol ini mengubah skor menjadi 1-1.

Usai gol itu, kedua tim sama-sama enggan bermain dengan hasil seri dan tetap aktif saling menyerang. Tapi, hingga peluit panjang tanda akhir pertandingan berbunyi, skor dalam laga ini tetap bertahan 1-1.


Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2018 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom