Hasil Final Piala Indonesia Leg Pertama: Persija Menang Atas PSM

Oleh: Hendi Abdurahman - 21 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Final Piala Indonesia leg pertama antara Persija vs PSM berakhir dengan skor 1-0.
tirto.id - Hasil final Piala Indonesia leg pertama antara Persija vs PSM yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/7/2019) berakhir dengan skor 1-0. Gol kemenangan Macan Kemayoran tercipta pada menit 87 melalui sepakan Ryuji Utomo.

Tampil dihadapan pendukungnya, Julio Banuelos menurunkan Marko Simic yang dibantu Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan dari sektor sayap. Sementara tim tamu PSM yang tidak diperkuat Wiljan Pluim, terlihat ingin memperkuat lini tengah dengan memasang Rasyid Bakri dan Rizky Pellu secara bersamaan sebagai gelandang bertahan.

Pertandingan baru berjalan delapan menit, Persija langsung memperoleh peluang lewat sepakan Rohit Chand usai menerima sodoran Riko Simanjuntak di dalam kotak penalti. Sayang, sepakan penggawa asal Nepal tersebut masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Hilman Syah.

Kesempatan kembali didapat oleh Macan Kemayoran. Kali ini, diawali tendangan bebas yang dieksekusi Rezaldi Hehanusa, bola mengarah ke kotak penalti untuk kemudian diteruskan melalui tandukkan Marko Simic. Lagi, gol belum tercipta lantaran hasil sundulannya masih kelewat tinggi.

Tiga menit jelang paruh pertama berakhir, PSM nyaris unggul andai sepakan Rahmat tidak ditepis oleh Shahar Ginanjar. Peluang tersebut menjadi yang terbaik bagi skuad asuhan Darije Kalezic sebelum turun minum, sekaligus menjadi yang terakhir di babak pertama. Skor 0-0.


Di babak kedua, dominasi tetap menjadi milik Bruno Matos dan kawan-kawan. Pada menit 66 misalnya, Marko Simic membuat Hilman Syah mesti jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya. Meski wasit kemudian meniup peluit lantaran Simic telah berada dalam posisi offside, kesempatan tersebut cukup membuat lini pertahanan Juku Eja kerepotan.

Empat menit kemudian, giliran striker PSM, Guy Junior yang membuat penjaga gawang Persija, Shahar Ginanjar harus berjibaku. Pasalnya, Guy hanya tinggal berhadapan dengan Shahar, akan tetapi tepisan kiper asal Purwakarta tersebut membuat gawang Persija tetap aman.

Masuknya Ryuji Utomo menggantikan Maman Abdurahman yang mengalami cedera pada sepuluh menit terakhir mengawali bencana bagi PSM. Hanya tujuh menit berada di lapangan alias tiga menit jelang berakhirnya laga, mantan pemain PTT Rayong itu mencetak gol melalui tendangan terarah di dalam kotak penalti. Skor 1-0.

Tak lama setelah gol tersebut, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kemenangan ini menjadi modal berharga Persija untuk menatap final leg kedua yang akan digelar di kandang PSM, Minggu (28/7) di Stadion Andi Mattalatta.

Susunan Pemain

Persija: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan; Maman Abdurahman (Ryuji Utomo); Tony Sucipto; Rezaldi Hehanusa (Heri Susanto); Rohit Chand; Sandi Sute; Bruno Matos (Bambang Pamungkas); Novri Setiawan; Riko Simanjuntak; Marko Simic.

PSM: Hilman Syah; Asnawi Mangkualam; Abdul Rahman; Aaron Evans; Benny Wahyudi; Rasyid Bakri; Rizky Pellu; Marc Klok; Zulham Zamrun (Eero Markkanen); Rahmat; Guy Junior.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman
DarkLight