Liga Champions 2019

Hasil Barcelona vs Liverpool di Babak Pertama: Gol Perdana Suarez

Oleh: Wan Faizal - 2 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil Barcelona vs Liverpool di babak pertama semifinal Liga Champions 2018/2019, berkat gol perdana Luis Suarez di kompetisi Eropa itu musim ini.
tirto.id - Luis Suarez membuat hasil Barcelona vs Liverpool di babak pertama semifinal Liga Champions leg pertama, sementara dalam skor 1-0. Menurut catatan Opta, ini merupakan gol pertama Suarez musim ini di ajang Liga Champions. Menariknya, gol tersebut justru ia ceploskan ketika berhadapan dengan mantan timnya.

Perjuangan Suarez di Liga Champions musim ini tidak mudah. Sebelum ini, ia mengalami paceklik gol dalam 8 pertandingan beruntun di Eropa. Namun, Kamis (2/5/2019) di Camp Nou, semuanya berakhir. Faktanya, gol pertama tersebut bisa ia hasilkan dari total 36 tembakan yang ia lepaskan di Liga Champions musim ini.

Namun demikian, gol tersebut membawa nama Suarez tercatat dalam catatan sejarah El Barca. Yakni karena ini merupakan gol ke-500 Barcelona di ajang Liga Champions. Bersama Real Madrid, Barca memang menjadi tim yang sukses mencatatkan sejarah bisa mencetak 500 gol di ajang tersebut. Jika klub Catalunya tepat membukukan 500 gol, maka Madrid sudah mengemas 551 gol.

Sementara itu meski unggul, Barcelona benar-benar tidak mudah menaklukkan pertahanan Liverpool. Apalagi Jurgen Klopp memaksa dua bek sayapnya tidak terlalu aktif menyerang. Andrew Robertson tidak terlalu banyak membantu lini depan sedangkan Trent Alexander-Arnold malah diparkir dan Joe Gomez yang bermain di sektor bek kanan.

Di menit-menit awal pun dominasi Barcelona tidak berbuah tekanan berbahaya ke pertahanan Liverpool. Sebaliknya, Liverpool seperti biasa, coba mengandalkan kemampuan Sadio Mane dan Momo Salah untuk menggedor sektor belakang Barcelona.

Peluang pertama di laga ini baru terjadi di menit 15. Sebuah tembakan dari Lionel Messi masih bisa dihadang oleh para pemain Liverpool. Bola rebound jatuh ke Philippe Coutinho namun Alisson bisa menyelamatkan gawangnya dari bahaya.

Beberapa menit kemudian, Liverpool kehilangan Naby Keita karena cedera. Posisi sang gelandang lantas digantikan oleh Jordan Henderson. Nahas bagi Liverpool karena tak lama berselang, Suarez bisa membuka keunggulan Barcelona.

Gol berawal dari umpan jitu Jordi Alba ketika melihat pergerakan bagus Suarez di pertahanan lawan. Berada diantara Virgil van Dijk dan Joel Matip, Suarez dengan cepat menyambar umpan Alba dan menaklukkan Alisson dari jarak dekat.



Menariknya, gol terakhir Suarez di Liga Champions sendiri terjadi ketika ia membobol gawang Alisson juga. Tepatnya setahun lalu ketika Alisson masih bermain untuk AS Roma. Kala itu Barcelona menang 4-1 dari Roma di Camp Nou namun tak berkutik saat Roma melakukan salah satu comeback termanis dalam sejarah Liga Champions.

Liverpool, sampai babak pertama selesai, tak mampu mencetak gol penyama. Meski di menit 35, ada kans emas dari Mane ketika sontekannya di depan gawang menyambut umpan Henderson masih melayang di atas gawang Marc-Andre ter Stegen.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight