Gong Xi Fa Cai Bukan Satu-Satunya Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

Gong Xi Fa Cai Bukan Satu-Satunya Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek
Pekerja memasang lampion di kompleks Vihara Dharmakirti Palembang, Sumsel, Kamis (8/2/2018). .ANTARA FOTO/Feny Selly
Reporter: Yuliana Ratnasari
15 Februari, 2018 dibaca normal 1 menit
Meski banyak digunakan, istilah "Gong Xi Fa Cai" dinilai tidak memiliki representasi kuat dari semangat Tahun Baru Imlek.
tirto.id - Hari Raya Tahun Baru Cina atau Imlek 2569 Kongzili akan diperingati pada Jumat, 16 Februari 2018 esok. Perayaan ini biasanya diikuti dengan ritual keagamaan dimana seluruh anggota keluarga berkumpul untuk berdoa buat para leluhur.

Tak hanya itu, orang-orang juga akan bersuka cita menyambut hari raya ini. Mereka akan merayakannya dengan menikmati kembang api, mengenakan pakaian khusus, dan menggantung lampion merah.

Selain di Cina, masyarakat Indonesia juga turut memperingati Hari Raya Imlek ini. Sekolah dan bisnis libur saat hari pertama tahun baru. Dengan begitu, tiap orang bisa menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.

Tahun Baru Imlek juga identik dengan menikmati banyak makanan lezat, termasuk sup mie, yang secara tradisional membawa keberuntungan untuk tahun depan.

Selain menyantap makanan lezat dan memberikan angpau, orang-orang lazimnya juga ikut bertukar ucapan selamat Tahun Baru Imlek. Ada beberapa banyak ucapan yang bisa digunakan. Salah satunya yang paling terkenal “Gong Xi Fa Cai” dalam bahasa Mandarin, atau “Gung Hey Fat Choi” untuk bahasa Kanton.

Meski banyak dipakai, istilah "Gong Xi Fa Cai" dinilai tidak memiliki representasi kuat dari semangat Tahun Baru Imlek. Secara harfiah, artinya "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan."

“Beberapa percaya bahwa istilah tersebut lebih berfokus pada keuntungan material daripada semangat kebersamaan,” kata dosen senior jurusan Studi China Universiti Malaya Prof. Dr. Yam Kah Kean, seperti dilansir The Star.

Karenanya, ia menilai, ucapan untuk Imlek yang lebih tepat dan representatif ialah “Xin Nian Kuai Le” yang berarti “Selamat Tahun Baru." Sementara itu, dalam bahasa Kanton biasa disebut “Sun Leen Fai Lok.”

Selain dua istilah itu, seperti dikutip The Finder, dikenal pula ucapan “Nian Nian You Yu,” yang berati “semoga tiap tahun diakhiri dengan kekayaan yang melimpah.”

Adapula ucapan selamat lainnya “Xin Nian Jin Pu” (semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini), “Wan Shi Ru Yi” (semoga semua harapanmu terpenuhi), “Shen Ti Jian Kang” (semoga sehat selalu), dan “Sui Sui Ping An” (berharap Anda terhindar dari semua celaka).

Saat Imlek, orang dewasa juga bisa memberi amplop merah atau angpau pada anak-anak dengan uang di dalamnya. Untuk mendapat angpau, anak-anak biasanya akan mengucapkan “Gong Xi Fa Cai, Hong Bao Na Lai.” Artinya, “Selamat Tahun Baru, sekarang beri saya amplop merah!





Baca juga artikel terkait TAHUN BARU IMLEK atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword