Film Sunyi yang Diadaptasi dari Korea: Sinopsis dan Daftar Pemain

Oleh: Balqis Fallahnda - 20 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Sunyi dan Whispering Corridors memiliki perbedaan cerita.
tirto.id - Film Sunyi yang dirilis tahun 2019 lalu merupakan garapan sutradara Alwi Suryadi dan penulis Agasyah Karim dan Khalid Kashogi. Film berdurasi 91 menit ini diadaptasi dari film Korea Selatan yang berjudul Whispering Corridors (1998).

Film Sunyi berlatar sekolah Abdi Bangsa yang memiliki budaya senioritas yang sangat kental. Perundungan atau bullying kerap menimpa siswa kelas 1 dan 2.

Alex (Angga Aldi) termasuk salah satu siswa yang hampir setiap hari dirundung oleh seniornya. Tak ada hari yang menyenangkan untuk Alex di sekolah itu. Sampai suatu hari, Alex bertemu dengan Maggie (Amanda Rawles) yang sama-sama sering dirundung oleh seniornya.

Alex dan Maggie menjadi dekat. Mereka sering menghabiskan waktu bersama dan berbagai cerita. Senior yang sering merundung Alex mengetahui Alex sering memakai kalung yang tampak aneh. Dari kalung itu, senior Alex tahu Alex merupakan anak paranormal.

Senior Alex yang bernama Andre (Arya Vasco), Erika (Naomi Paulinda), dan Fahri (Teuku Rizki) memintanya untuk melakukan ritual pemanggilan arwah. Setelah peristiwa pemanggilan arwah itu, satu persatu siswa yang ada di sekolah tersebut meninggal dunia.

Namun, ternyata tak hanya soal pemanggilan arwah, satu per satu rahasia sekolah mulai terbuka. Mereka tak tahu siapa yang bertanggung jawab untuk peristiwa mengerikan yang terjadi. Mereka yang tersisa harus bertahan dan melenyapkan penyebab bencana tersebut.

Meski merupakan sebuah film adaptasi, Sunyi tidak serta merta memiliki jalur cerita yang sama dengan film Whispering Corridors (1998).

Sinopsis Whipering Corridors


Pada awal cerita Whispering Corridors berlatar malam hari dan menampilkan adegan keterkejutan seorang guru sebuah sekolah (Ibu Park) yang menemukan buku tahunan dan menyadari, seorang murid (Jin-ju) yang sudah meninggal ternyata masih hidup.

Kemudian, Ibu Park menelepon teman masa kecil Jin-Ju yang saat ini juga menjadi guru muda di sekolah itu (Eun Young) dengan nada ketakutan sambil memberi tahu, Jin-ju sepertinya masih hidup.

Sesaat kemudian, sambungan telepon terputus dan sebuah kekuatan aneh mengangkat Ibu Park dengan sebuah tali dan mencekiknya hingga mati.

Setelah kematian Ibu Park yang ditemukan keesokan harinya menghebohkan seantero sekolah. Eun Young mengingat masa sembilan tahun yang lalu saat dia dan Jin-Ju masih seorang murid.

Pernah terjadi insiden Ibu Park menghukum Jin Ju dengan kasar karena tidak mengenakan seragam sekolah dan menghina Jin Ju sebagai anak dari seorang dukun. Peristiwa kematian Ibu Park ini kemudian membuka tragedi masa lalu yang kelam.

Hal yang menjadi pembeda utama antara Sunyi dan Whispering Corridors (1998) adalah dua sekawan yang ditampilkan di film Whispering Corridors (1998) adalah sesama wanita yaitu Jae Yi dan Ji Oh murid yang bisa meramal, ini karena latar yang digunakan merupakan sekolah wanita bukan sekolah umum.

Sunyi dibintangi oleh Amanda Rawles, Angga Aldi Yunanda, Arya Vasco, Naomi Paulinda, Teuku Ryzki, Verdi Solaiman, Unique Priscilla, Dayu Wijanto.


Baca juga artikel terkait FILM SUNYI atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Film)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight