Facebook Rilis Messenger Room: Fitur Video Meeting Online Gratis

Oleh: Ahmad Efendi - 1 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Facebook meluncurkan Messenger Room untuk melakukan panggilan video (video call) secara gratis.
tirto.id - Facebook meluncurkan fitur meeting online yakni Messenger Room. Fitur baru yang berfungsi untuk melakukan panggilan video (video call) secara gratis ini bisa diakses melalui aplikasi Facebook dan pesan instan Messenger.

Dilansir dari laman resmi Facebook, Messenger Room merupakan layanan konferensi video yang bisa diikuti sebanyak 50 partisipan untuk rapat maupun belajar virtual, atau sekadar mengobrol dengan teman atau keluarga tanpa batasan waktu, serta gratis.

"Anda dapat mengundang siapa saja untuk melakukan panggilan video, meskipun teman atau keluarga Anda tidak memiliki akun Facebook. Nantinya Messenger Room akan segera menampung sampai 50 orang partisipan tanpa batas waktu," tulis Facebook dikutip dari laman resminya.

Untuk saat ini, pengguna dapat membuat Messenger Room melalui halaman Kabar Berita, Grup, dan Acara. Ketika seseorang yang menjadi host atau pengundang hendak mengadakan suatu pertemuan, undangan bisa langsung dikirim ke halaman tersebut pada aplikasi Facebook.

Facebook juga memastikan bahwa layanan Messenger Room aman. Pihak Facebook mengklaim, mereka telah "menerapkan langkah-langkah privasi dan kontrol pada layanan.”

Isu keamanan dan privasi tampaknya menjadi perhatian Facebook saat ini untuk mengembalikan kepercayaan pengguna. Seperti diketahui, Facebook mengalami kasus pelanggaran privasi data beberapa tahun lalu.

Dengan layanan Room, pengguna dapat mengunci, menghapus peserta, melaporkan dan memblokir penyusup, dan juga dengan mudah meninggalkan Room.

Selain itu, informasi Facebook peserta tidak akan dibagikan dengan peserta lain yang bukan teman mereka di jejaring sosial.

Mengenai iklan, Facebook berjanji bahwa itu tidak akan menggunakan data apa pun yang dikumpulkan dari Room untuk menargetkan pengguna untuk iklan, atau menampilkan iklan di aplikasi itu sendiri.

Layanan tersebut nantinya akan diperluas ke Instagram Direct, WhatsApp, dan bahkan Portal, produk perangkat keras Facebook.


Integrasi Jejaring Facebook

Dikutip dari Venture Beat, ke depannya perusahaan yang digawangi Mark Zuckerberg ini bakal mengintegrasikan Facebook Room dengan Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Wakil Presiden Facebook untuk layanan Messenger, Stan Chudnovsky mengklaim, Messenger Room sebetulnya telah lama dikerjakan sebelum pandemi virus Corona (COVID-19) yang mendorong banyak bekerja dari rumah sehingga membutuhkan teknologi seperti video call untuk berkoordinasi.

"Kami telah mengerjakan Messenger Room jauh sebelum virus corona. Kami sudah meluncurkan layanan ini semenjak empat tahun lalu untuk pengguna kami yang tinggal di Kanada dan Australia," tegas Chudnovsky.

Langkah Facebook ini dinilai untuk menyaingi layanan konferensi video lain, seperti Zoom, yang memang namanya meroket di tengah pandemi virus corona.

Selain Messenger Room, Facebook juga mengumumkan fitur lain, termasuk:

  • Kemampuan untuk menambahkan 8 orang ke panggilan video WhatsApp (sebelumnya empat orang).
  • Kembalinya "Live With" yang memungkinkan pengguna meng-host aliran Facebook Live dengan orang lain, untuk membawa tamu atau pemain ke pertunjukan mereka.
  • Kemampuan untuk menonton video Instagram Live di desktop komputer.

Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight