Drawing China Open 2019: Marcus-Kevin vs Runner-up Kejuaraan Dunia

Oleh: Oryza Aditama - 13 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Drawing China Open 2019: duet Minions berhadapan dengan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi pada babak pertama.
tirto.id - Hasil drawing turnamen bulu tangkis China Open 2019, menempatkan ganda putra andalan Merah Putih, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menghadapi pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Laga babak pertama (32 besar) di turnamen yang akan berlangsung mulai 17-22 September 2019 di Changzhou, Cina tersebut berpotensi menyuguhkan petarungan seru. Pasalnya Marcus/Kevin yang berstatus unggulan pertama mendapat tantangan dari pasangan yang dua pekan lalu menduduki posisi runner-up Kejuaraan Dunia 2019.

Ditinjau dari sisi rekor head to head, Marcus/Kevin atau yang kerap disebut duo Minions memang belum pernah menderita kekalahan dari Hoki/Kobayashi. Tercatat dari 9 kali pertemuan, pasangan Indonesia peringkat 1 dunia tersebut selalu sukses membukukan kemenangan.

Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi di babak 16 besar Japan Open 2019 pada Juli lalu. Ketika itu Minions menang straight game 21-8 dan 21-19 dalam tempo 27 menit saja.

Kendati memiliki rekor pertemuan yang bagus, Marcus/Kevin tetap wajib memasang kewaspadaan tinggi. Pasalnya Hoki/Kobayashi tengah mengalami tren permainan yang meningkat, hal itu terlihat jelas saat Kejuaraan Dunia lalu.

Kala itu Hoki/Kobayashi berhasil mengandaskan Han Chengkai/Zhou Haodong di 16 besar. Melibas pasangan peringkat 4 dunia, Takeshi Kamura Keigo/Sonoda di perempat final. Lalu menjungkalkan Juara Dunia 2018, Li Jun Hui/Liu Yu Chen di semifinal. Sebelum terhenti oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final.

Sementara dalam ajang China Open edisi tahun 2018 lalu, Marcus/Kevin hanya sanggup menembus semifinal. Ketika itu mereka kandas di tangan pasangan Cina, Han Chengkai/Zhou Haodong lewat pertarungan rubber game.

Selain duo Minions, skuad ganda putra Indonesia masih memiliki tiga wakil lain di kejuaraan berkategori Super 1000 ini. Mereka adalah: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Berikut hasil drawing ganda putra Indonesia di babak 32 besar China Open 2019:

  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Bodin Isara/Maneepong Jongjit (Thailand)
  • Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso vs Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Attri Manu/Reddy B. Sumeeth (India)

Kontingen Indonesia mendominasi daftar unggulan sektor ganda putra dengan tiga pasang wakil. Bahkan dua unggulan teratas sukses dikuasai oleh ganda Merah Putih, yakni Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra. Sedangkan Jepang dan tuan rumah Cina menyusul kemudian dengan masing-masing dua ganda putra unggulan.

Berikut daftar unggulan sektor ganda putra di China Open 2019:

  1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia)
  2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)
  3. Li Jun Hui/Liu Yu Chen (Cina)
  4. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)
  5. Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang)
  6. Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong (Cina)
  7. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)
  8. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)


Baca juga artikel terkait CHINA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight