Dino Patti Djalal Dipolisikan Usai Tuding Fredy Kusnadi Mafia Tanah

Oleh: Riyan Setiawan - 14 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dino Patti Djalal dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan pasal pencemaran nama baik setelah menuding Fredy Kusnadi sebagai mafia tanah.
tirto.id - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan tudingan pencemaran nama baik terhadap Fredy Kusnadi.

Dino sebelumnya menyebut Fredy Kusnadi sebagai mafia tanah yang berusaha menjarah rumah milik ibundanya seluas 721 meter persegi di Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Kuasa Hukum Fredy, Tonin Tachta Singarimbun menyampaikan bukan mafia tanah, melainkan pembeli rumah milik orang tua Dino secara sah.

Ia menegaskan, terhadap Fredy Kusnadi sebagai dalang sindikat tak berdasar. Atas pencemaran nama tersebut, Fredy melaporkan Dino pada Sabtu (13/2/2021). Laporan teregistrasi nomor LP/860/II/YAN 2.5/SPKT/PMJ.

Dalam laporan termuat pasal yang dilampirkan yakni Pasal 27 Ayat 3 juncto Pasal 45a Ayat 3 dan atau Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 45a Ayat 2 UU 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Klien kami saudara Fredy memang benar ada membeli satu rumah di Jalan Antasari yang proses jual belinya dimulai dari pembayaran uang muka sebesar Rp500 juta kepada Ibu Dino," klaim Tonin saat kepada wartawan, Minggu (14/2/2021).
Fredy Kusnadi disebut telah membayar uang muka dari harga yang disepakati. Selanjutnya pembayaran dengan skema kredit atau mengangsur.

Setelah membayar DP, Fedy membalik nama Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan Akta Jual Beli (AJB) di kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Jakarta Selatan.

"Setelah itu, apa yang salah dan palsu? Apakah ini mafia? Dan oleh sepupu atau keponakan [Yurmisnawita] tersebut klien kami dilaporkan ke SPKT Polda Metro Jaya," katanya.

Klaim Fredy Kusnadi sesuai dengan pernyataan Badan Pertanahan Nasional yang menyebut pengubahan hak milik tanah sudah sesuai prosedur. Namun, keluarga Dino menemukan fakta lain karena ibunya tak pernah menekan AJB, melakukan pertemuan untuk juali beli dan tak pernah ke BPN. Keluarga Dino akhirnya melaporkan Fredy Kusnadi atas dugaan pemalsuan sertifikat tanah. Polisi saat ini sudah memeriksa empat saksi.



Baca juga artikel terkait MAFIA TANAH atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight