Advertorial

Digitalisasi Layanan Asuransi

Oleh: Advertorial - 17 September 2018
Dibaca Normal 2 menit
Lewat aplikasi Garda Mobile Otocare, Asuransi Astra menghapus jarak dengan pelanggan. Proses klaim jadi semakin mudah.
tirto.id - “Masalah lalu-lintas yang paling tinggi adalah kecelakaan di jalan,” ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat membuka Forum Polantas ASEAN di Jakarta pada November 2017.

Selain menelan korban antara 28-30 ribu jiwa setiap tahun, kecelakaan lalu-lintas di Indonesia juga menimbulkan kerugian materi yang tak sedikit: Rp272 miliar pada 2015. Angka itu lebih tinggi 5,79% dibandingkan tahun sebelumnya, melampaui peningkatan jumlah kecelakaan yang hanya 3,19%.

Rata-rata biaya perbaikan mobil di bengkel resmi kawasan Jakarta untuk sekali kecelakaan berkisar antara Rp5,3 juta sampai Rp6,7 juta. Biaya itu baru meliputi perbaikan-perbaikan minor seperti penggantian spion, kap, bumper, dan lampu. Bayangkan betapa ongkos yang harus diemban korban kecelakaan bila kendaraannya tak terlindungi asuransi.

Dalam situasi demikian, asuransi untuk kendaraan bermotor bukan lagi kebutuhan, melainkan keharusan. Asuransi bukan hanya untuk menghadapi risiko kecelakaan di jalan, tapi juga hal-hal tak terduga lainnya seperti kriminalitas, kebakaran, dan bencana alam.

Namun, menurut hasil survei nasional OJK pada tahun 2013, 39,8% orang Indonesia tak mengenal literasi keuangan untuk produk asuransi kendaraan bermotor. Banyak orang masih menganggap mengurus asuransi adalah hal yang rumit sehingga enggan mencari tahu. Alasan lain yang kerap terlontar adalah masalah waktu. Ritme hidup yang kian gegas, terutama di kota besar seperti Jakarta, memaksa mereka mengabaikan urusan penting. Menanggapi kenyataan itu, ditambah pemahaman atas gaya hidup masa kini, Asuransi Astra menawarkan solusi untuk mengakrabkan masyarakat dengan asuransi; menjadikan orang-orang #MakinGampang mendaftar dan mengajukan klaim asuransi.

Infografik Advertorial Astra


Solusi itu adalah Garda Mobile Otocare, aplikasi layanan akses asuransi yang pertama dirilis pada 2015 dan terus dikembangkan sampai sekarang. Garda Mobile Otocare generasi terbaru memungkinkan pengguna mengajukan klaim lewat tiga menu utama: Claim Report, Claim Status, dan Emergency.

Dalam menu "Claim Report", proses dimulai dengan mengisi formulir singkat dan mengunggah dokumen terkait untuk menerima nomor Laporan Kejadian. Dengan menunjukkan nomor Laporan Kejadian, survei klaim dapat dimulai di kantor cabang atau Garda Center terdekat di jalur antrean cepat (Fast Line Booking). Fitur ini memungkinkan pelanggan memilih lokasi klaim yang diinginkan, baik di rumah, kantor, maupun tempat-tempat lain. Tentu ada pula layanan antar-jemput kendaraan.

Memantau perkembangan klaim dan proses perbaikan mobil pun menjadi jauh lebih mudah lewat menu "Claim Status." Berkat fitur ini, Anda tak harus repot menelepon setiap saat. Cukup dengan membuka Otocare, perkembangan proses perbaikan dari awal sampai selesai bisa dipantau setiap saat.

Fitur ketiga, "Emergency", adalah fitur paling penting di saat genting. Tanpa perlu menelepon Garda Akses 1500112, saat berada di kondisi darurat Anda tinggal menekan tombol Emergency dan secara otomotis lokasi Anda akan terlacak dan petugas Garda Siaga akan menghubungi Anda. Uniknya, detail seperti foto dan nama petugas Garda Siaga yang melayani Anda akan muncul di menu sehingga Anda bisa merasa lebih tenang.

Di samping tiga fitur utama tersebut, inovasi menarik dalam Otocare V3.0 adalah fitur-fitur yang bahkan dapat diakses nonpelanggan. Jika sebelumnya hanya ada fitur Friendly Reminder, Vehicle, Rate Calculator, Call Garda Akses, Knowledge, Inbox, dan Near Me, aplikasi generasi terbaru ini sudah dilengkapi fitur-fitur lain yang sesuai dengan karakter generasi muda saat ini yang senang bersosialisasi. Fitur-fitur baru tersebut adalah Friends, Meet Up, dan Event yang membantu Anda untuk berinteraksi dengan sesama pengguna Garda Mobile Otocare dan tetap terkoneksi dengan aktivitas gaya hidup di sekitar Anda.

Garda Oto memiliki dua opsi asuransi, yaitu Asuransi "Comprehensive" dan "Total Loss Only" (TLO). Comprehensive meliputi klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Sedangkan asuransi TLO hanya menjamin risiko pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian. Ada juga pilihan perluasan jaminan yang dapat menutupi biaya perbaikan kerusakan mobil pengendara lain akibat kelalaian Anda, sehinga Anda tidak perlu panik dan pusing karena kerusakannya akan diganti rugi oleh pihak asuransi.

Anda dapat mengunduh aplikasi Otocare melalui Google Play untuk Android dan Apple App Store untuk iOS/iPhone. Di samping menikmati keunggulan-keunggulan khas Garda Oto seperti klaim mudah, Garda Akses 24 jam, Garda Center, Garda Siaga 24 jam, garansi hasil kerja bengkel dan suku cadang asli, saat mendaftar polis di www.gardaoto.com, Anda juga dapat menerima cicilan 0% untuk Bank Permata, BCA, Mandiri, hadiah langsung E-Toll OBU, dan kesempatan spin to win untuk memenangkan berbagai hadiah tambahan menarik.
Artikel Lanjutan
DarkLight