DAY6 Akan Comeback dengan Unit Pertama pada Akhir Agustus 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 6 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
DAY6 akan comeback dengan unit pertama mereka pada akhir Agustus 2020.
tirto.id - JYP Entertainment mengumumkan, DAY6 bersiap untuk rilis unit pertama mereka. Pada Kamis (6/8/2020), agensi tersebut secara resmi menyatakan, mereka akan comeback pada akhir Agustus.

“Memang benar DAY6 membuat comeback sebagai satu unit. Kami saat ini berencana untuk merilisnya sekitar akhir Agustus. Kami akan mengungkapkan lebih banyak informasi, termasuk tanggal pastinya, di lain waktu," ujar JYP, seperti dikutip Soompi.

Album terlbaru unit tersebut akan menampilkan lagu-lagu yang disusun bersama oleh anggota DAY6, Young K, Wonpil, dan Dowoon.

Sebelum perilisan mini album DAY6 The Book of Us: The Demon, band ini mengumumkan mereka akan menghentikan sementara semua aktivitas grup dan promosi karena perhatian terhadap kesehatan mental beberapa anggota.

Hal itu diungkapkan langsung oleh agensi yang menaungi DAY6, JYP Entertainment pada Minggu (10/5/2020).

“Baru-baru ini, beberapa anggota [DAY6] berbagi bahwa mereka memiliki gejala ketidakstabilan mental. Setelah pemeriksaan menyeluruh, anggota menerima rekomendasi dokter bahwa mereka perlu istirahat yang cukup untuk menstabilkan diri,” tutur perwakilan JYP Entertainment, seperti dikutip JTBC Plus.

JYP juga menambahkan, “Setelah melakukan diskusi yang cermat dengan grup, perusahaan memutuskan untuk menghentikan kegiatan grup termasuk promosi album sehingga para anggota dapat fokus pada pemulihan mereka.”

JYP meminta pengertian dari para penggemar demi mengutamakan kesehatan para anggotanya agar cepat pulih.

"Sebagai agensi, kami berjanji untuk melakukan yang terbaik dengan mengutamakan kesehatan anggota dan fokus pada peningkatan kondisi mereka. Kami akan memberitahu kalian tentang perincian promosi comeback ketika waktunya tiba,” tukas JYP.

Pengumuman hiatus tersebut dilakukan tepat sehari sebelum DAY6 melangsungkan comeback mereka dengan merilis mini album baru bertajuk The Book of Us: The Demon yang bakal dirilis pada hari ini, Senin (11/5/2020).

Ini adalah comeback pertama DAY6 setelah beberapa bulan, yakni sejak mereka merilis album lengkap ke-3 berjudul The Book of Us: Entropy dengan title track “Sweet Chaos” pada Oktober 2019 lalu.

The Book of Us: The Demon sendiri berisi total 6 lagu baru, dengan title track “Zombie”. Adapun, lagu “Zombie” akan dirilis dengan dua versi berbeda, yakni versi bahasa Korea dan bahasa Inggris.

Lagu “Zombie” sendiri dikomposeri oleh Jae dan liriknya juga ditulis oleh Young K dan Wonpil. Sementara, lagu b-side track yang terdapat di The Book of Us: The Demon di antaranya adalah "Tick Tock”, “Love Me or Leave Me”, “1 to 10” dan “Afraid”.

DAY6 memulai debutnya pada September 2015, dan awalnya beranggotakan enam personel. Sayangnya, pada pertengahan tahun 2016, salah satu anggota mereka, Junhyeok, memilih untuk tidak melanjutkan kontrak dengan JYP Entertaiment.

Saat ini DAY6 terdiri dari lima anggota, yaitu Sungjin (vokalis utama dan gitaris), Jae (vokalis dan gitaris), Young K (basis dan vokalis), Wonpil (vokalis dan pianis), dan Dowoon (drummer).


Baca juga artikel terkait DAY6 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight