Dampak Corona, Jadwal Rilis One Piece Chapter 978 Ditunda

Oleh: Fitra Firdaus - 9 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal rilis One Piece 978 yang masuk dalam Weekly Shonen Jump 21/2020 ditunda sebagai antipasi karena salah satu karyawan Shonen Jump diduga terinfeksi COVID-19.
tirto.id - Shonen Jump menyatakan bakal menunda perilisan Weekly Shonen Jump (WSJ) Volume 21/2020 yang seharusnya dilakukan pada 20 April 2020. Dengan demikian, chapter terbaru beberapa manga yang masuk dalam WSJ Volume 21 tahun ini juga akan tertunda rilisnya, termasuk One Piece 978.

Penundaan rilis WSJ pekan depan terjadi sebagai langkah pencegahan menyebarnya virus corona. Langkah ini diambil setelah salah satu karyawan yang bekerja untuk departemen editorial WSJ diduga terinfeksi COVID-19.

Sang karyawan sudah menjalani isolasi mandiri di rumah sejak 2 April 2020 begitu berkonsultasi dengan institusi medis terkait demam yang dideritanya. Karyawan tersebut tidak melakukan kontak langsung dengan para penulis di Shonen Jump.

Shueisha sendiri sudah melakukan penerapan Work from Home (WFH) sejak 6 April 2020. Namun, mengingat risiko penularan kepada penulis dan pihak terkait dalam lingkup departemen editorial WSJ, maka diputuskan bahwa produksi WSJ dihentikan.

"Kami menunda penerbitan Weekly Shonen Jump 21 (versi cetak dan digital), yang dijadwalkan akan dirilis pada Senin, 20 April selama seminggu, dan menyebutnya Weekly Shonen Jump 21/22 Merger. Setelah perubahan nomor, volume tersebut akan dirilis pada Senin, 27 April," keterangan resmi Shonen Jump.

Penundaan ini hanya berlaku untuk Weekly Shonen Jump Volume 21/2020. Artinya, WSJ Volume 20/2020 yang dirilis pada Senin (13/4/2020) akan tetap terbit sesuai jadwal.

Chapter manga yang masuk dalam WSJ Volume 20 termasuk One Piece 977, Haikyu!! 390, Dr. STONE 147, Black Clover 247, My Hero Academia 268, dan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba 202.

Sementara itu, One Piece 978 masuk dalam WSJ Volume 21 yang ditunda. Dengan demikian, setelah pekan ini, penggemar karya Eiichiro Oda mesti menunggu selama dua pekan untuk membaca kelanjutan petualangan Kelompok Topi Jerami di Negeri Wano.

Catatan lain, chapter berikutnya, chapter 979 yang semestinya dirilis pada 27 April hingga kini belum pasti jadwal perilisannya. Pasalnya, di Jepang ada istilah Golden Week (Ogun shukan), periode akhir April hingga minggu pertama Mei dengan serangkaian hari libur.



Chapter termutakhir One Piece adalah Chapter 976 yang dirilis secara digital di MangaPlus pada Minggu (6/4/2020) dengan format bahasa Inggris dan Spanyol. Dalam chapter tersebut, tokoh kunci pasukan aliansi, Kozuki Momonosuke, diculik oleh Kurozumi Kanjuro ke Onigashima, pulau terpencil yang menjadi tempat kediaman Yonko Kaido.

Chapter 977 diprediksi menjadi awal kedatangan pasukan aliansi ke Onigashima. Pasukan aliansi memiliki kekuatan penuh, karena di dalam kelompok tersebut terdapat para Supernova. Selain Luffy Si Topi Jerami dan Roronoa Zoro dari Kelompok Topi Jerami, ada pula Eustass Kid dari Bajak Laut Kid, dan Trafalgar D. Water Law dari Bajak Laut Heart. Selain itu, mantan shichibukai, Jinbei, sudah bergabung ke Kelompok Topi Jerami.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight