Daftar Nominasi AACTA Awards 2019: Film Parasite Bong Joon Ho Masuk

Oleh: Sirojul Khafid - 16 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Parasite karya Bong Joon-ho masuk nominasi Australian Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) Awards 2019
tirto.id - Pemenang Palme d'Or, penghargaan tertinggi Cannes Film Festival, Parasite karya Bong Joon-ho, masuk nominasi Australian Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) Awards 2019. Selain Parasite, film Ne Zha karya Yu Yang dari China juga masuk nominasi kategori Film Asia Terbaik.

Kedua film tersebut merupakan perwakilan negara masing-masing untuk seleksi nominasi Oscar kategori Film Internasional Terbaik 2020.

Di jajaran nominasi lain ada Andhadhun (India), Gully Boy (India), Hello, Love, Goodbye (Filipina), Shadow (China), Super Deluxe (India), The Wandering Earth (China), dan We Are Little Zombies (Jepang).

Aktor utama Super Deluxe, Vijay Sethupathi, memenangkan penghargaan kategori Aktor Terbaik di Festival Film India di Melbourne tahun ini berkat perannya sebagai perempuan transgender. Film We Are Little Zombies dari Jepang, tahun ini juga meraih penghargaan di Sundance dan Berlin Film Festival.

Tahun ini pihak AACTA menfokuskan penghargaan tambahan pada film-film Asia.

"Sangat menyenangkan melihat pembuatan film dengan standar kualitas sangat tinggi dari para nominasi untuk Penghargaan Film Asia Terbaik," kata CEO AACTA Damian Trewhella seperti diwartakan The Hollywood Reporter.

“Ada minat yang tumbuh cepat dalam film Asia, baik di Australia maupun di luar negeri. Sungguh luar biasa melihat betapa responsifnya penonton Australia terhadap film-film yang dibuat oleh industri film Asia kita, yang terus menginspirasi kita dalam pekerjaan kita sendiri,” lanjutnya.

Russell Crowe akan kembali menjadi presiden juri. Anggota juri lama yang lain di antaranya Paul Currie (sutradara dan produser terkemuka Australia), Renny Harlin (sutradara, produser dan penulis skenario) dan Adam Torel (produser Jepang).

Anggota dewan juri yang baru termasuk aktris India Tannishtha Chatterjee, Anurag Kashyap (Sutradara, produser dan penulis India), Virginia Lok (Produser Cina) dan aktris Cina Chloe Maayan.

Untuk daftar nominasi kategori Film Dokumenter Terbaik yaitu The Australian Dream, The Eulogy, The Final Quarter, In My Blood It Runs, dan Mystify Michael Hutchence. Sementara untuk kategori Film Pendek Terbaik adalah The Egg, Rebooted, Snare, dan Yulubidyi: Until The End.

Nominasi Film Pendek Animasi Terbaik di antaranya Jasper, Pinchpot, Sohrab And Rustum, dan Sole. Nominasi Film Pendek Dokumenter Terbaik yaitu Demonic, Home Front - Facing Australia's Climate Emergency, War Mothers: Unbreakable, dan Woven Threads.

Sementara untuk nominasi kategori Video Online Terbaik di antaranya Aunty Donna: Glennridge Secondary College, Content, Koala Man, Over And Out, dan Robbie Hood.

Pemenang Film Asia Terbaik akan diumumkan pada 4 Desember di Sydney sebagai bagian dari serangkaian AACTA Awards 2019.

AACTA Awards merupakan ajang untuk mengenali, mendorong, mempromosikan, dan merayakan keunggulan film dan televisi di Australia melalui penghargaan layar tertinggi di negara itu. AACTA berdiri tahun 1958 dengan nama Australian Film Institute (AFI).


Baca juga artikel terkait AACTA 2019 atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight