Menuju konten utama

Cuti Lebaran Dimajukan, Apakah Jadwal Tiket Kereta Bisa Diganti?

Kabar baiknya, jadwal tiket kereta api bisa diganti atau diubah jadwalnya (reschedule) menyusul cuti Lebaran 2023 dimajukan, berikut syarat dan caranya.

Cuti Lebaran Dimajukan, Apakah Jadwal Tiket Kereta Bisa Diganti?
Penumpang kereta Argo Lawu berjalan keluar dari gerbong saat tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (17/5/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

tirto.id - Pemerintah resmi menetapkan bahwa cuti bersama Lebaran 2023 akan dimajukan. Akibatnya, masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket kereta api, sebagian terpaksa membatalkan dan mengganti jadwal keberangkatannya.

Awalnya, berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri yang rilis pada 2022 cuti bersama Lebaran tahun ini jatuh pada 21-26 April 2023. Namun, menyusul kebijakan terbaru pemerintah akan memajukan cuti Lebaran menjadi tanggal 19-26 April 2023.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah melaksankan rapat intern dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26, jadi tambah 1 hari tapi di depan tambah 2 hari," kata Budi dalam keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Budi beralasan, perubahan tanggal dilakukan karena keinginan publik untuk mudik tinggi. Ia juga melihat volume kendaraan tinggi untuk mudik.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan dengan dimajukannya tanggal mudik ini masyarakat bisa mulai melaksanakan mudik pada selama 4 hari, yaitu 18 sore, 19, 20, 21 April 2023.

Jadwal Tiket Kereta Api Apakah Bisa Diganti?

Kabar baiknya, jadwal tiket kereta api bisa diganti atau diubah jadwalnya (reschedule). Ini dapat dilakukan oleh calon pemudik yang sudah terlanjur membeli tiket kereta api sebelum pengumuman cuti bersama Lebaran 2023 dimajukan.

Dikutip dari laman KAI Access, tentu ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan calon pemudik untuk mengganti jadwal kereta api, yaitu:

  • Perubahan jadwal dapat dilakukan untuk jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama atau perubahan jadwal keberangkatan dengan kereta api yang berbeda.
  • Calon penumpang yang bisa mengubah jadwal adalah yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access dan menggunakan akun KAI Access milik calon penumpang.
  • Perubahan jadwal melalui KAI Access dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum kereta api berangkat. Jika lewat dari waktu tersebut maka perubahan jadwal dilakukan di loket stasiun.
  • Tiket yang bisa diganti jadwalnya harus memiliki kodebooking berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass.
  • Perubahan jadwal hanya dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti) masih tersedia.
  • Calon penumpang akan dikenakan biaya perubahan sebesar 25 persen dari tarif Kereta Api diluar bea pesan dengan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp1.000.
  • Jika kereta api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi atau naik kelas pelayanan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk selisihnya dan biaya administrasi.
  • Jika kereta api jadwal baru tarifnya lebih rendah atau turun kelas pelayanan maka tidak ada pengembalian dana untuk selisihya tetapi tetap dikenakan biaya administrasi.
  • Perubahan jadwal secara online dapat dilakukan untuk pembelian tiket melalui online selain dari aplikasi KAI Access selama belum dicetak sebagaiboarding pass.
  • Layanan bagasi sepeda tidak secara otomatis mengikuti jadwal yang baru. Calon penumpang harus melakukan pemesanan ulang bagasi sepedanya.

Cara Ganti Jadwal Tiket Kereta Api dengan Aplikasi

Ganti jadwal kereta api dapat dilakuka secara langsung di stasiun atau melalui aplikasi KAI Access. Proses reschedule di stasiun akan dilayani oleh petugas loket.

Sementara, untuk reschedule menggunakan aplikasi KAI Access dapat dilakukan secara mandiri.

Masih dikutip dari lamanKAI Accessberikut langkah-langkah mengganti jadwal tiket kereta api dengan aplikasi:

  • Buka aplikasi KAI Access yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store;
  • Pilih menu "My Trip" dan pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan

    Pada menu E-Ticket klik "Ubah Jadwal." Tombol ini hanya dapat dipilih apabila tiket telah lunas

  • Pilih nama penumpang yang tiketnya akan dibatalkan.
  • Periksa halaman Syarat & Ketentuan dan centang jika setuju.
  • Pada menu Pesan Tiket tentukan tiket dan jadwal kereta yang baru dengan mengisi asal stasiun, tujuan stasiun, tanggal keberangkatan, dan kelas kereta yang diinginkan.
  • Klik "Cari Tiket" lalu akan muncul jadwal kereta.
  • Konfirmasi pemesanan tiket yang baru. Periksa halaman Syarat & Ketentuan dan centang jika setuju.
  • Klik "Lanjut"
  • Akan muncul halaman konfirmasi pembayaran yang harus dibayar. Klik "Pembayaran" untuk memilih metode pembayaran. Jika sudah klik "Bayar."
  • Akan muncul halaman yang menunjukkan bahwa pemesanan baru berhasil dilakukan. Tiket kereta yang baru dapat dipantau melalui menu "My Trips."

Baca juga artikel terkait CUTI LEBARAN DIMAJUKAN atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya