Menuju konten utama

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemdikbud 2024 dan Link Unduh

Surat lamaran CPNS merupakan salah satu syarat administrasi yang wajib disertakan saat mendaftar CPNS Kemdikbud 2024. Berikut link downloadnya.

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemdikbud 2024 dan Link Unduh
Ilustrasi Melamar Kerja. foto/Freepic

tirto.id - Surat lamaran CPNS merupakan salah satu syarat administrasi yang wajib disertakan saat mendaftar CPNS Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dengan berbagai formasi tersedia. Jumlah formasi yang dibuka sebanyak 12.943 formasi Pegawai Negeri Sipil dan 25.404 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Informasi seleksi CPNS di lingkungan Kemdikbud dapat dipantau melalui laman resmi CASN Kemdikbud. Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar sebaiknya mencermati terlebih dahulu formasi yang dibuka dalam seleksi CPNS Kemdikbud 2024.

Memilih formasi CPNS juga penting untuk dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari pertimbangan lokasi penempatan, pertimbangan gaji, dan pertimbangan minat dan keahlian yang dikuasai. Sesuaikan juga dengan kualifikasi pendidikan yang diminta, seperti lulusan SMA/ SMK sederajat, S-1, S-2, atau S-3.

Cara Daftar CPNS Kemdikbud 2024

Ilustrasi Lowongan Kerja

Ilustrasi Lowongan Kerja. foto/istockphoto

Seleksi CPNS Kemdikbud 2024 dapat diikuti dengan alur pendaftaran yang sudah ditetapkan. Mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi bidang (SKB).

Cara daftar CPNS Kemdikbud 2024 dimulai dengan menyiapkan berkas yang diperlukan untuk selanjutnya di-submit di laman resmi pendaftaran CASN Kemdikbud. Berikut rincian cara daftar CPNS Kemdikbud 2024:

Cara Daftar CPNS Kemdikbud 2024

1. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi akun melalui portal nasional di laman https://sscasn.bkn.go.id;

2. Pelamar melakukan login ke portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id) dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

3. Pelamar melengkapi data diri (jika pelamar merupakan penyandang disabilitas, maka wajib memilih jenis disabilitas serta mencantumkan tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar);

4. Pelamar memilih jenis seleksi CPNS;

5. Pelamar memilih instansi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dilanjutkan dengan mengisi isian yang diperlukan;

6. Pelamar mengisi riwayat pekerjaan dan/atau riwayat penulisan ilmiah, jika ada;

7. Pelamar wajib mengunggah hasil scan dokumen persyaratan asli

8. Pastikan seluruh data yang dimasukkan dan dokumen yang diunggah sudah lengkap, benar, dan terbaca (kesalahan dalam mengunggah dokumen dan membubuhkan e-meterai dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi); dan

9. Pelamar mengakhiri proses pendaftaran dan mencetak Kartu Pendaftaran untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran (pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali).

Berkas Pendaftaran CPNS Kemdikbud 2024

Saat melakukan pendaftaran secara online melalui laman resmi CASN, pelamar wajib mengunggah berkas pendaftaran yang diperlukan. Apa saja berkas pendaftaran CPNS Kemdikbud 2024?

a. pas foto terbaru dengan latar belakang warna merah;

b. KTP atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Bagi pelamar kebutuhan khusus putra/putri Kalimantan, pastikan yang dilampirkan merupakan KTP di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN;

c. surat lamaran dan dokumen persyaratan lain dengan ketentuan:

1) surat lamaran yang diketik atau ditulis tangan, ditujukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, diberi tanggal sesuai rentang tanggal pendaftaran, ditandatangani, serta dibubuhi e-meterai (meterai elektronik) Rp10.000,00. Format surat lamaran dapat diunduh pada laman https://casn.kemdikbud.go.id;

2) bagi pelamar yang sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas (selain ASN PPPK), melampirkan juga surat persetujuan untuk mengikuti seleksi pengadaan CPNS T.A. 2024 dari pimpinan yang berwenang/PPK/PyB. Surat persetujuan untuk mengikuti seleksi pengadaan CPNS T.A. 2024 tersebut dapat menggunakan format surat persetujuan yang disediakan oleh Kemendikbudristek atau format surat persetujuan lainnya dari instansi/lembaga yang bersangkutan; dan

3) File surat lamaran dan surat persetujuan tersebut digabungkan dalam 1 (satu) file dan kemudian diunggah ke laman SSCASN.

d. ijazah dan/atau dokumen persyaratan lain terkait kualifikasi pendidikan, dengan ketentuan:

1) ijazah sesuai persyaratan kebutuhan jabatan yang dilamar dengan tanggal ijazah tidak melebihi rentang tanggal pendaftaran;

2) bagi lulusan luar negeri wajib melampirkan ijazah dan surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi;3) bagi kebutuhan jabatan yang mensyaratkan sertifikat keahlian/profesi, melampirkan sertifikat keahlian/profesi yang diterbitkan oleh lembaga berwenang, sesuai persyaratan kebutuhan jabatan;

4) bagi kebutuhan jabatan yang memiliki persyaratan tambahan berupa bidang minat atau pendidikan jenjang sebelumnya, maka wajib melampirkan pula dokumen yang menunjukkan informasi bidang minat atau ijazah jenjang pendidikan sebelumnya.

5) ijazah dan dokumen persyaratan lain terkait kualifikasi pendidikan diunggah dalam 1 (satu) file.

6) ijazah sementara/Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak dapat digunakan untuk melamar.

e. transkrip nilai bagi lulusan jenjang D-III s.d. S-3/daftar nilai bagi lulusan SLTA/SMK/SMA sederajat, dengan ketentuan:

1) bagi lulusan dalam negeri:

a) melampirkan transkrip nilai/daftar nilai sesuai persyaratan kebutuhan jabatan yang dilamar;

b) melampirkan surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang menyatakan bahwa pelamar lulus dengan predikat "dengan pujian"/cumlaude, apabila keterangan predikat "dengan pujian"/cumlaude tidak tertera pada ijazah/transkip nilai bagi pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude.

2) bagi lulusan luar negeri:

a) melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai IPK dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi;

b) apabila tidak dapat melampirkan transkrip nilai, maka wajib melampirkan surat keterangan dari Perguruan Tinggi asal yang menyatakan bahwa program yang diambil adalah program berbasis riset (by research);

c) melampirkan surat keputusan hasil konversi nilai IPK yang memuat pernyataan bahwa yang bersangkutan lulus dengan predikat lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi bagi pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude.

3) transkrip nilai sementara tidak dapat digunakan untuk melamar.

f. surat pernyataan data diri pelamar yang diketik atau ditulis tangan, diberi tanggal sesuai rentang tanggal pendaftaran, ditandatangani, serta dibubuhi e-meterai (meterai elektronik) Rp10.000,00. Format surat pernyataan data diri pelamar dapat diunduh pada laman https://casn.kemdikbud.go.id;

g. informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi atau tangkapan layar (screen capture) yang memuat nomor surat keputusan (SK) penetapan akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan pelamar sesuai dengan persyaratan (jika di ijazah sudah tertera akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi, maka dapat mengunggah ijazah saja);

h. bagi pelamar kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude yang merupakan lulusan dalam negeri, melampirkan:

1) informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi perguruan tinggi atau tangkapan layar (screen capture) yang memuat nomor surat keputusan (SK) penetapan akreditasi perguruan tinggi pada saat kelulusan pelamar yang menyatakan akreditasi A/unggul; dan

2) informasi berupa salinan surat/sertifikat akreditasi program studi atau tangkapan layar (screen capture) yang memuat nomor surat keputusan (SK) penetapan akreditasi program studi pada saat kelulusan pelamar yang menyatakan akreditasi A/unggul.(Jika di ijazah sudah tertera akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi, maka dapat mengunggah ijazah saja).

i. bagi pelamar penyandang disabilitas baik yang melamar pada kebutuhan umum maupun kebutuhan khusus wajib melampirkan:

1) dokumen/surat keterangan resmi dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya, dan

2) tautan (link) video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (pelamar mengunggah video singkat tersebut di youtube/google drive/dropbox/media penyimpanan lainnya). Pastikan tautan/link video tersebut dapat diakses oleh panitia.

j. bagi pelamar kebutuhan khusus putra/putri Papua, wajib melampirkan:

1) akta kelahiran/surat keterangan lahir yang bersangkutan; dan

2) surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa bapak dan/atau ibu pelamar adalah asli Papua.

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemdikbud 2024

Surat lamaran CPNS merupakan salah satu syarat administrasi yang wajib disertakan saat mendaftar CPNS Kemdikbud. Pelaksana seleksi CPNS memberi contoh atau template surat lamaran CPNS Kemdikbud 2024 yang dapat diakses. Berikut contoh surat lamaran CPNS Kemdikbud 2024:

CONTOH SURAT LAMARAN CPNS KEMDIKBUD 2024

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Edusains
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani