Menuju konten utama

30 Contoh Soal Literasi dan Numerasi SMP ANBK 2024 serta Jawaban

Temukan link download contoh soal soal Literasi dan Numerasi SMP ANBK 2024 yang disertai dengan kunci jawabannya lengkap di sini.

30 Contoh Soal Literasi dan Numerasi SMP ANBK 2024 serta Jawaban
Sejumlah siswa mengikuti ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP Negeri 1 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (19/9/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.

tirto.id - Contoh soal Literasi dan Numerasi SMP ANBK 2024 dapat dipakai belajar siswa yang akan mengikuti ujian asesmen tersebut. Berikut ini contoh soal AKM SMP Literasi dan Numerasi disertai dengan link download serta rangkuman materinya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merilis jadwal lengkap ANBK 2024 untuk jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK. Adapun untuk jenjang SMP/SMPLB/MTs/Sederajat, agenda ANBK 2024 bakal dihelat pada 9-12 September mendatang.

ANBK merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK dirancang dan dilaksanakan oleh Kemendikbudristek sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Berkaitan dengan itu, lantas apa materi AKM SMP Literasi dan Numerasi serta contoh soal ANBK SMP?

Rangkuman Materi Literasi dan Numerasi SMP

Sebagaimana dijelaskan Kemendikbudristek dalam laman resminya, ANBK dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. AKM sendiri merupakan instrumen yang mengukur literasi membaca dan literasi Matematika pada murid.

Dikutip dari Peraturan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Kemendikbudristek, mengenai bentuk-bentuk soal ANBK terdiri dari bentuk soal objektif (pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat) dan bentuk soal non objektif (uraian).

Dalam AKM sendiri terdapat komponen konten, level kognitif, dan konteks pada Literasi Membaca dan Numerasi, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Materi Literasi Membaca

  • Konten: Teks Sastra/Fiksi dan Teks Informasi
  • Level Kognitif: Menemukan informasi; menafsirkan dan mengintegrasikan; serta mengevaluasi dan merefleksi
  • Konteks: Personal, Sosial Budaya, dan Saintifik

Materi Literasi Numerasi

  • Konten: Bilangan Aljabar; Geometri dan Pengukuran; serta Data dan Ketidakpastian
  • Level Kognitif: Pemahaman, Aplikasi, dan Penalaran
  • Konteks: Personal, Sosial Budaya, dan Saintifik

Kumpulan Contoh Soal ANBK SMP dan Jawabannya

Berikut ini sejumlah contoh soal Literasi Numerasi SMP yang sudah disertai dengan jawabannya.

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1, 2, 3 dan 4.

Putri Lopian (Kisah dari Tapanuli Tengah)

Liburan semester ini, Riga berlibur ke rumah Kakek di Sibolga, Sumatera Utara. Kakek senang sekali bercerita. Begitu banyak legenda yang Kakek ceritakan padanya. Kali ini, Kakek bercerita tentang Putri Lopian, seorang penyayang binatang yang memiliki banyak sahabat hewan.

Setiap sore, Putri Lopian memanggil para sahabatnya dari balik pagar halaman istana yang berbatasan dengan hutan, lalu memberi mereka makan.

Sahabatnya yang paling dekat adalah kura-kura, yang selalu mengikutinya. Namun, si kura-kura pemalu. Jika ada orang lain, si kura-kura akan bersembunyi, berpura-pura jadi batu.

Suatu pagi, ketika dia sedang menemui teman-temannya di tepi hutan, gempa besar terjadi. Suasana kacau balau, penghuni istana berlarian keluar. Orang tuanya tidak ada! Kelinci dan rusa mendatanginya, menarik-narik kainnya agar dia ikut mereka ke arah hutan, menjauhi pantai.

Sementara itu, orang-orang malah berlarian ke laut sambil membawa keranjang, berteriak, “Ikan! Banyak ikan di pantai!”

Tiba-tiba saja gelombang dahsyat datang dari arah laut. Semua tersapu! Putri Lopian juga. Di mana-mana hanya ada air!

Sebongkah batu muncul di dekatnya. Ternyata itu si kura-kura. Putri Lopian berpegangan ke tempurung sahabatnya. Kura-kura membawanya berenang ke dataran tinggi, dan hewan lain membantu menariknya.

Akhirnya dia selamat! Sayang sekali, Putri Lopian tidak dapat menemukan orang tuanya. Namun, sahabat-sahabatnya menjadi pelipur lara. Hingga dewasa, dia masih menyayangi hewan-hewan itu.

1. Siapa sahabat Putri Lopian yang mendatangi dan menarik-narik kainnya?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Kelinci
  • B. Rusa
  • C. Kura-kura
  • D. Ikan

Jawaban: (A) Kelinci, (B) Rusa.

2. Apa yang dilakukan kura-kura dan Putri Lopian setelah gempa besar terjadi?

  • A. Kura-kura menarik Putri Lopian untuk menjauhi pantai.
  • B. Kura-kura dan Putri Lopian bergegas berlari menuju ke hutan.
  • C. Putri Lopian mengajak kura-kura berlari ke laut mencari orang tuanya.
  • D. Putri Lopian berpegangan pada tempurung kura-kura.

Jawaban: (D) Putri Lopian berpegangan pada tempurung kura-kura.

3. Berdasarkan isi cerita tersebut, apa yang membuat Putri Lopian selamat dari gelombang dahsyat?

  • A. Kepandaian Putri Lopian berenang karena istananya dekat pantai.
  • B. Persahabatan Putri Lopian dengan binatang yang selalu mengikutinya.
  • C. Kekuatan yang dimiliki oleh Putri Lopian yang didapat dari teman-temannya.
  • D. Dataran tinggi sebagai tujuan Putri Lopian untuk menghindari gelombang.

Jawaban: (B) Persahabatan Putri Lopian dengan binatang yang selalu mengikutinya.

4. Bagaimana sifat kura-kura beserta alasan yang sesuai berdasarkan cerita tersebut?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Pemalu karena bila ada orang lain datang dia akan bersembunyi.
  • B. Penolong karena menyelamatkan Putri Lopian dan membawanya ke dataran tinggi.
  • C. Penyayang karena hingga dewasa dia masih menyayangi hewan-hewan lain.
  • D. Peduli karena mengajak Putri Lopian untuk menjauhi pantai setelah terjadi gempa.

Jawaban: (A) Pemalu karena bila ada orang lain datang dia akan bersembunyi, (B) Penolong karena menyelamatkan Putri Lopian dan membawanya ke dataran tinggi.

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 5, 6, dan 7.

Botol bekas dari beling jangan dibuang. Botol-botol ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan alat musik. Botol harus diisi air, nanti akan bisa menghasilkan suara.

Siapkan botolnya. Mulai isi dengan air. Usahakan tinggi air pada setiap botol berbeda. Setelah itu jejerkan botol-botol yang sudah diisi air.

Botol bisa bersuara dengan cara ditiup. Bisa juga dengan cara dipukul menggunakan sendok. Jika tidak ada sendok, bisa menggunakan alat pemukul lain. Pukullah di bagian yang terisi air. Jangan terlalu kencang memukulnya. Nanti botol bisa pecah. Cobalah pelan-pelan. Dengarkan suara yang muncul ketika botol itu diketuk.

Botol bisa berbunyi berbeda tergantung banyaknya udara di dalam botol. Jika air lebih banyak artinya udara yang ada lebih sedikit. Air yang lebih banyak akan menyebabkan getaran merambat dengan lebih lambat. Sehingga menghasilkan suara lebih rendah. Dengan botol ini kamu bisa mengadakan konser musik bersama teman-temanmu.

5. Bagaimana cara yang dilakukan agar botol-botol berisi air tersebut dapat mengeluarkan bunyi?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Meniup botol dengan mulut.
  • B. Menjejerkan botol sama tinggi.
  • C. Memukul botol dengan sendok.
  • D. Memasukkan sendok ke dalam botol.

Jawaban: (A) Meniup botol dengan mulut, (C) Memukul botol dengan sendok.

6. Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan oleh botol beling bekas saat dipukul adalah ....

  • A. Volume air dalam botol
  • B. Jenis air yang digunakan
  • C. Jenis alat pukul
  • D. Ukuran alat pukul

Jawaban: (A) volume air dalam botol.

7. Bagaimana perbedaan suara masing-masing botol?

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!

  • A. Botol yang diisi air lebih banyak akan menghasilkan suara lebih rendah.
  • B. Botol yang diisi air lebih banyak akan menghasilkan suara lebih besar.
  • C. Botol yang berisi udara lebih banyak akan menghasilkan suara lebih tinggi.

Jawaban: A (Benar), B (Salah), C (Benar).

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 8 dan 9.

Hobi Autograf

Pemuda ini menekuni hobi yang dikenal dengan nama autograf. Hobi ini memiliki kegiatan berupa berburu dan mengumpulkan foto dan tanda-tangan tokoh terkenal, terutama negarawan dan politisi dunia. Berawal dari kegemarannya berkirim surat melalui pos sejak kecil. Beranjak dewasa, ia mulai mencoba mengirimkan surat kepada sejumlah tokoh nasional maupun dunia, beberapa diantaranya ada yang merespons. Koleksi dan tanda tangan negarawan dunia pertama yang dimilikinya adalah mantan Presiden B.J. Habibie didapatkannya tahun 2003 dikirim langsung dari Jerman.

Pada tahun 2008, ia bertambah semangat melakukan hobinya setelah membaca buku Autograph Collector karya Debby Loekito. Ia tambah rajin mengirim surat lewat surat elektronik atau melalui pos. Ia lebih suka mengirim lewat pos karena kesan yang ditimbulkan lebih dalam dan berbeda. Ia lebih senang mengumpulkan foto dan tanda tangan tokoh politik, misalnya presiden, perdana menteri, raja, menteri, walikota, gubernur, kepala kepolisian, kepala angkatan bersenjata, dan tokoh negarawan lainnya.

Sampai saat ini, koleksinya sudah 155 buah dari tokoh dalam dan luar negeri. Ia pernah masuk koran Norwegia ketika meminta tanda tangan walikota di sana. Ia diwawancarai secara daring oleh wartawan dari Norwegia. Atlet dan selebriti dunia pun tidak luput dari ragam koleksinya, bahkan maestro keroncong Indonesia, mendiang Gesang yang ditandatangani tiga tahun sebelum Gesang wafat.

Dari koleksinya itu, ia mengidolakan foto dan tanda tangan dua tokoh nasional, yakni B.J. Habibie dan TS, Wapres di era Presiden Soeharto. Ia berjuang keras untuk mendapat foto dan tanda tangan TS tersebut lantaran berbagai upaya sudah dilakukannya termasuk mengirimkan belasan surat permohonan sejak 1998 dan mendatangi kediaman TS. Sayang, usahanya tidak kunjung membuahkan hasil. Hingga suatu ketika apa yang diimpikannya tercapai. Ia berkesempatan bertemu dengan TS, ia pun memberi Wapres di era Presiden Soeharto tersebut buku karyanya berjudul “Semua Tentang Mereka“ yang berisi pengalamannya sebagai autograf dan profil dari berbagai tokoh dunia yang foto dan tanda tangannya sudah ia miliki. Ia sangat bersyukur dapat bertemu dan menunjukkan koleksi negarawan dunia yang ia miliki kepada TS.

8. Kita akan mencari tahu lebih banyak tentang autograf melalui mesin pencari di internet. Manakah kata kunci yang dapat digunakan?

  • A. Kebiasaan mengirim surat ke teman yang baru dikenal.
  • B. Hobi mengumpulkan foto dan tanda-tangan tokoh terkenal.
  • C. Kebiasaan mengoleksi perangko dan tanda tangan.
  • D. Hobi membaca buku dan mengoleksi perangko.

Jawaban: (B) Hobi mengumpulkan foto dan tanda-tangan tokoh terkenal.

9. Bagaimana usaha seseorang tersebut menekuni hobinya hingga akhirnya kita mengenalnya sekarang?

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!

  • A. Buku yang berjudul Autograph Collector membuat semangatnya bertambah dalam menjalankan hobinya.
  • B. Melalui berkirim surat lewat surat elektronik atau e-mail sehingga lebih praktis dalam mendukung hobinya.
  • C. Usaha dan perjuangannya yang pantang menyerah untuk mendapatkan tanda tangan TS akhirnya membuahkan hasil.

Jawaban: A (Benar), B (Salah), C (Benar).

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 10, 11, 12, dan 13.

Mengikat Warna

Yogyakarta memiliki banyak kampung batik. Salah satu kampung batik yang unik terletak di Karangkajen. Kerajinan tangan ini dikerjakan kelompok ibu rumah tangga yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas). Produk yang dihasilkan diberi sebuah merek yang menunjukkan ciri khas bagaimana kerajinan tangan itu dibuat. Kini hasil produksi kelompok ibu rumah tangga itu telah menembus pasar ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Australia.

Keistimewaan pengerjaan kerajinan tangan tersebut adalah ecoprint. Teknik ini memanfaatkan berbagai dedaunan, bunga, dan ranting-ranting pohon yang disebarkan begitu saja secara acak atau ditata rapi di atas kain. Bahan-bahan itu digunakan untuk menggantikan cap atau cetak layaknya batik pada umumnya.

Setelah proses penataan, kain digulung dan direbus beberapa waktu hingga saat dibuka kembali sudah terbentuk gambar daun, bunga, dan ranting. Selanjutnya kain diangin-anginkan dan difiksasi dengan air tawas agar warna lebih awet.

Keunggulan ecoprint ini banyak sekali, di antaranya adalah desain yang tidak massal sehingga menjadikannya eksklusif. Teknik ini dapat diterapkan pada media selain kain, yang penting adalah media dapat menyerap warna alami daun dan bunga. Ecoprint juga mendukung gerakan menyelamatkan bumi karena bahan alami yang digunakannya. Selain itu jenis kerajinan tangan ini menjadi salah satu alternatif mengurangi limbah kimia dari pabrik tekstil.

Belum banyak yang mengambil segmen ini karena prosesnya yang rumit dan membutuhkan ketelatenan, sehingga masih terbuka sebagai peluang bisnis. Perhitungan modalnya pun tidak begitu tinggi, sehingga dapat diterapkan di kalangan ekonomi bawah.

Kelompok perajin Karangkajen ini menggunakan teknik ecoprint yang menonjolkan karakteristik dan pemberdayaan berbasis potensi lokal. Dukungan masyarakat dan pemerintah daerah telah mendongkrak omset per bulannya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Selain memproduksi kain ecoprint dan aneka kerajinan tangan berbahan kain, kelompok perajin ini juga memanfaatkan potensi kampungnya menjadi destinasi wisata. Para wisatawan dapat melihat langsung proses produksi ecoprint sambil berbelanja produk unik yang harganya berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Program ecoprint yang dimulai tahun 2017 ini telah memberdayakan para ibu rumah tangga untuk melakukan kegiatan positif dan memiliki penghasilan.

10. Manakah dari pernyataan berikut yang menjelaskan keberhasilan kampung kerajinan batik?

  • A. Kerajinan ecoprint sangat bagus karena menggunakan bahan impor.
  • B. Kerajinan batik ecoprint memiliki keistimewaan dibanding teknik lain.
  • C. Butuh modal yang sangat besar untuk membuat kerajinan ecoprint.
  • D. Kerajinan batik biasanya menghasilkan limbah, termasuk ecoprint.

Jawaban: (B) Kerajinan batik ecoprint memiliki keistimewaan dibanding teknik lain.

11. Pernyataan berikut menjelaskan tentang keunggulan-keunggulan batik ecoprint dibanding batik cap atau cetak pada umumnya.

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!

  • A. Bahan membatik ecoprint menggunakan bahan alami sehingga ramah lingkungan dibanding bahan batik cap yang menghasilkan limbah tekstil.
  • B. Desain pada batik ecoprint yang tidak massal menjadikannya eksklusif dibanding desain batik cap yang mudah dijumpai.
  • C. Proses pembuatan batik ecoprint tidak membutuhkan keterampilan khusus dibanding batik cap yang rumit proses pembuatannya.

Jawaban: A (Benar), B (Salah), C (Benar).

12. Mengapa teknik kerajinan batik ecoprint bagus untuk memberdayakan ibu rumah tangga?

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Ibu rumah tangga memiliki keahlian berbicara sehingga sangat cocok di bagian penjualan.
  • B. Pengerjaan batik ecoprint butuh keterampilan yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga.
  • C. Hasil dari kegiatan membatik ecoprint dapat digunakan sebagai tambahan pemasukan keluarga.
  • D. Batik dengan teknik ecoprint butuh tenaga besar yang sesuai dengan tenaga ibu rumah tangga.

Jawaban: (B) Pengerjaan batik ecoprint butuh keterampilan yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga, (C) Hasil dari kegiatan membatik ecoprint dapat digunakan sebagai tambahan pemasukan keluarga.

13. Setelah membaca teks tersebut, apa yang dapat kamu refleksikan berdasarkan isinya?

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!

  • A. Teks mampu membuka wawasan tentang seluk beluk batik ecoprint.
  • B. Teks memberikan informasi mengenai peluang usaha dengan membatik ecoprint.
  • C. Teks memberikan semangat untuk menjaga kesehatan diri saat membatik ecoprint.

Jawaban: A (Benar), B (Benar), C (Salah).

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 14.

Cara membuat Pupuk Organik Cair (POC) Hijau

Pupuk organik cair (POC) sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan tanaman. Cara membuat POC sangat mudah dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Berikut cara membuat pupuk organik cair dengan memanfaatkan daun-daunan:

  • Siapkan tong plastik ukuran sedang, kira-kira volumenya 50 liter.
  • Siapkan daun apa saja yang berwarna hijau sekitar 1 kg, atau sekitar 1 kantong plastik besar.
  • Siapkan kotoran sapi, kotoran kambing, atau kotoran ayam sebanyak sekitar 1 kg, gula pasir 1/2 kg, serta air kelapa 2 gelas.
  • Siapkan tanah hidup, yaitu tanah selokan sebanyak 1/2 kg.
  • Masukkan ke dalam tong plastik daun-daun hijau segar yang sudah dipotong kecil-kecil beserta bahan-bahan lain yang telah disiapkan.
  • Campurkan air sebanyak 40 liter, aduk hingga rata kemudian tutup tong dengan tutup yang sudah diberi beberapa lubang.
  • Aduk campuran setiap hari dan setelah 5 hari pupuk cair sudah bisa dimanfaatkan.
  • POC yang dihasilkan dari bahan-bahan di atas sekitar 40 liter.

14. Jika tersedia daun-daunan sebanyak 5 kg dan akan dibuat pupuk organik cair, berapa gelas air kelapa yang dibutuhkan sesuai aturan tersebut?

Jawaban: 10.

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17.

Bak Mandi

Keluarga Pak Ahmad mempunyai bak mandi berbentuk balok yang akan dialiri air melalui keran air. Adapun ukurannya ialah panjang 1,5 meter, tinggi 0,8 meter, dan lebar 1,2 meter.

15. Pada suatu hari, air dalam bak mandi akan dikuras atau dikeluarkan hingga habis. Sebelum dikuras, di dalam bak mandi masih berisi air sebanyak 1/4 bagian bak. Seluruh air dalam bak tersebut dikeluarkan melalui lubang pengeluaran selama 10 menit. Debit air rata-rata yang keluar melalui lubang tersebut adalah ....

  • A. 20 liter/menit
  • B. 32 liter/menit
  • C. 36 liter/menit
  • D. 40 liter/menit

Jawaban: (C) 36 liter/menit.

16. Tentukan benar atau salah setiap pernyataan berikut berdasarkan informasi ukuran bak mandi Pak Ahmad tersebut!

  • A. Jika di bagian bawah bak terdapat lubang pembuangan air dengan debit 9 liter/menit. Waktu yang diperlukan untuk mengosongkan bak dari keadaan penuh air adalah 2 jam 40 menit
  • B. Bak mandi tersebut akan diisi air dengan menggunakan kran. Jika waktu yang diperlukan untuk mengisi bak mandi hingga penuh 120 menit, maka debit air yang keluar dari kran adalah 12 liter/menit
  • C. Apabila 1/2 bagian bak mandi akan diisi air dengan debit air yang mengalir 12 liter/menit, maka waktu yang dibutuhkan adalah 50 menit

Jawaban: A (Benar), B (Benar), C (Benar).

17. Setengah bagian bak mandi masih berisi air. Pak Ahmad mengisi lagi bak mandi menggunakan kran dengan debit 10 liter/menit selama 3/4 jam. Ketinggian air dalam bak mandi sekarang adalah ... meter.

Jawaban: 0,65.

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 18 dan 19.

Ulang Tahun Adek Desi

Desi mempunyai adik yang sebentar lagi berusia 5 tahun. Ibu meminta Desi membantu persiapan perayaan ulang tahun dengan mendata perlengkapan ulang tahun yang akan dibagikan kepada para tamu.

Perayaan ulang tahun dihadiri oleh keluarga besar Desi sebanyak 15 orang dan sejumlah undangan teman-teman adik Desi. Jumlah orang dewasa di keluarga besar Desi ada 7 orang. Setiap anak yang hadir akan mendapatkan sebuah topi ulang tahun.

18. Jika harga 1 topi Rp2.500,00 dan ibu telah menyiapkan uang sebesar Rp150.000,00 untuk pembelian topi, maka jumlah teman-teman adiknya Desi paling banyak yang dapat diberikan topi adalah ....

  • A. 60
  • B. 52
  • C. 45
  • D. 44

Jawaban: (B) 52.

19. Perayaan ulang tahun dilaksanakan di suatu tempat yang menyediakan paket ulang tahun. Paket ulang tahun terdiri dari paket utama dan paket pelengkap. Biaya paket pelengkap tergantung kepada seluruh keluarga dan tamu yang hadir.

Setiap anak yang hadir akan mendapat paket makanan, topi, dan tas snack, sedangkan untuk orang tua akan mendapat paket makanan saja.

Berikut daftar harga paket pelengkap (harga satuan):

  • Paket makanan: Rp35.000
  • Topi: Rp2.500
  • Tas snack: Rp15.000

Jika tamu undangan yang hadir terdiri dari 36 anak-anak dan 12 orang tua, berilah tanda centang (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

  • A. Biaya paket makanan untuk seluruh keluarga dan tamu yang hadir lebih dari Rp2.500.000,00.
  • B. Biaya untuk pengadaan tas snack khusus tamu anak-anak kurang dari Rp550.000,00.
  • C. Biaya paket pelengkap ulang tahun yang diberikan kepada setiap anak lebih dari Rp50.000,00.

Jawaban: A (Salah), B (Benar), C (Benar).

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 20.

Penghargaan Siswa Berprestasi

Sebuah Sekolah Menengah memberikan hadiah uang tunai kepada 10 siswa anggota tim futsal dan 2 siswa anggota tim matematika yang telah meraih juara. Jumlah uang yang diberikan seluruhnya Rp3.300.000,00. Ternyata salah satu siswa yang bernama Zidan termasuk dalam anggota tim futsal sekaligus anggota tim matematika yang meraih juara. Zidan menerima uang dari tim futsal dan dari tim matematika dengan jumlah Rp650.000,00.

20. Berdasarkan wacana di atas, pilihlah benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut ini!

  • A. Jumlah uang yang diberikan Sekolah untuk seluruh anggota tim futsal Rp2.500.000,00.
  • B. Banyak uang yang diberikan Sekolah untuk setiap anggota tim futsal lebih dari banyak uang yang diberikan untuk setiap anggota tim matematika.
  • C. Banyak uang yang diberikan Sekolah untuk Zidan lebih besar dari banyak uang yang diberikan untuk Tim Matematika.

Jawaban: A (Benar), B (Salah), C (Salah).

21. Pak Ali berencana akan membangun sebuah rumah yang akan dihuni bersama dengan istri dan satu anaknya. Kriteria rumah yang ingin dibangun pak Ali adalah sebagai berikut:

  • Pak Ali tidak memiliki asisten rumah tangga sehingga tidak membuat kamar asisten rumah tangga
  • Pak Ali tidak membuat kamar khusus tamu
  • Pak Ali ingin membuat dua buah kamar mandi. Pak Ali membeli sebidang tanah yang luasnya 1 are

Pak Ali mengalokasikan 15 m² dari tanah tersebut untuk dibuat halaman rumah. Apakah Pak Ali bisa membangun rumah yang ideal?

  • A. Ya, karena cukup membutuhkan lahan 82,5 m².
  • B. Ya, lahan Pak Ali masih tersisa 10 m².
  • C. Tidak, karena rumah ideal Pak Ali memerlukan luas minimal 90 m².
  • D. Tidak, lahan Pak Ali masih kurang 7,5 m².

Jawaban: A

22. Setujukah anda dengan pernyataan berikut?

“Cukup dengan lahan 9 m², Anda akan mendapatkan sebuah dapur yang ideal.”

Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Ideal, karena dengan lahan 9m² kita bisa buat dapur ukuran 3 x 3 yang mana masuk dalam ukuran ideal.

23. Seorang pengamat berada pada puncak menara di ketinggian 120m. Ia melihat perahu A dengan jarak 130m dan perahu B dengan jarak 150m. Jika alas menara, perahu A, dan perahu B segaris, maka jarak perahu A dan perahu B adalah...

Jawaban: 40m.

24. Empat pemain bola melakukan latihan tendangan penalti. Hasil latihan tersebut disajikan sebagai berikut:

  • Arif: 12 tendangan & 10 tendangan sukses
  • Bambang: 10 tendangan & 8 tendangan sukses
  • Candra: 20 tendangan & 15 tendangan sukses
  • Dedi: 15 tendangan & 12 tendangan sukses

Pemain yang mempunyai peluang terbesar untuk sukses dalam melakukan tendangan penalti adalah...

  • A. Arif
  • B. Bambang
  • C. Candra
  • D. Arif

Jawaban: D.

25. Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah...

  • A. 160 kotak
  • B. 260 kotak
  • C. 360 kotak
  • D. 460 kotak

Jawaban: C.

26. “Iyok rebahan di kasur tuanya. Barang-barangnya berantakan. Kamar yang pada dasarnya tidak besar itu terlihat sumpek seperti kapal pecah. Namun, yang jelas seberantakan apa pun kamarnya saat ini, tidak sebanding dengan keruwetan kepalanya.”

Cara pengarang menggambarkan watak tokohnya adalah?

  • A. Diceritakan tokoh lain
  • B. Diceritakan langsung pengarang
  • C. Melalui ucapan tokoh-tokohnya
  • D. Gambaran keadaan di sekeliling tokoh

Jawaban: D.

27. Taufiq ismail lahir di Bukittinggi, 25 Juni 1935. Masa kanak-kanak sebelum sekolah dilalui di pekalongan, Jawa Tengah. Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah?

  • A. Kalimat tersebut seharusnya menggunakan tanda baca, tanda seru.
  • B. Nama diri dan nama kota seharusnya menggunakan huruf kapital.
  • C. Nama diri seharusnya menggunakan huruf besar atau kapital.
  • D. Kalimat tersebut tidak sesuai penulisannya dengan struktur kalimat.

Jawaban: B.

28. Baca dengan cermat puisi di bawah ini:

Perempuan-perempuan perkasa' karya Hartoyo Andangjaya, 1963

Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta, dari manakah mereka..

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum peluit kereta pagi terjaga..

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja..

Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta, ke manakah mereka..

Di atas roda-roda baja mereka berkendara.

Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota..

Merebut hidup di pasar-pasar kota..

Perempuan-perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta, siapakah mereka..

Mereka ialah ibu-ibu berhati baja, perempuan-perempuan perkasa, akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota..

Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa..

Latar tempat yang disampaikan di dalam bait pertama puisi adalah?

  • A. Desa dan kota
  • B. Stasiun dan kota
  • C. Stasiun dan bukit desa
  • D. Stasiun dan gerbang desa

Jawaban: C.

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 29 dan 30.

Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh

“Aku tadi menawarkan bibit pohon belimbing kepada beberapa tetangga. Kalau mereka ikut menanam pohon, jalan kampung ini akan menjadi lebih teduh. Tidak seperti sekarang, ada bagian yang teduh, ada bagian yang panas,” keluhku. “Ada yang beralasan, air sedang susah didapat. Ada yang berkata, ‘Nanti, ya, tunggu musim hujan datang lagi.’ Aku kecewa, Yah.”

“Hmm… Mereka tidak ingin menggunakan air terlalu banyak. Saat ini, memang sebaiknya kita hemat air,” kata Ayah. Tentu saja, aku semakin merengut. Kalau air tetap sukar didapat, tidak ada orang yang mau menanam pohon belimbing wuluh itu.

“Namun, jangan khawatir. Masalah air untuk menyiram tanaman sebentar lagi akan terbantu oleh proyek Pak RT,” kata Ayah. “Kampung kita akan punya Pandora L.”

“Pandora L? Apa itu, Yah?”

“Ini maket dari pengolahan limbah yang baru saja selesai dibangun di kampung kita. Bangunan ini ada di dalam tanah dan berguna untuk mengolah limbah rumah tangga saja, seperti air cucian,” kata Ayah.

Air hasil pengolahan dari Pandora L digunakan untuk kegiatan menyiram tanaman dan mencuci kendaraan.

Pemasangan Pandora L terletak di Kampung Genteng Candirejo di tengah kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

(Diadaptasi dari Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh karya Tyas KW).

29. Jika proyek Pak RT telah dilaksanakan, apakah para tetangga akan setuju untuk menanam pohon belimbing wuluh?

  • A. Tidak, warga akan tetap saja malas menanam dan merawat pohon belimbing wuluh.
  • B. Ya, karena Kampung Genteng Candirejo telah berhasil mencontohkan cara pengelolaan air limbah.
  • C. Tidak, karena warga tidak ingin menggunakan air terlalu banyak saat musim kemarau.
  • D. Ya, karena kekhawatiran kurangnya air di musim kemarau akan terpecahkan dengan dipasangnya Pandora.

Jawaban: D.

30. Ketika tokoh Aku menceritakan kejadian yang baru saja dialaminya kepada Ayah, tokoh Aku justru merengut. Jelaskan alasan tokoh aku menunjukkan ekspresi tersebut kepada Ayah!

Jawaban: Karena tokoh aku kecewa dengan jawaban ayah yang ternyata tidak mendukung idenya untuk menanam bibit pohon belimbing di kampung mereka.

Link Download Soal ANBK Literasi dan Numerasi SMP dan Jawabannya

Berikut disajikan beberapa link downloadcontoh soal Literasi dan Numerasi SMP yang bisa diunduh siswa sebagai bahan belajar jelang ujian.

Link Download Contoh Soal ANBK SMP Literasi

Link Download Contoh Soal ANBK SMP Numerasi

Link Download Contoh Soal AKM SMP Literasi

Link Download Contoh Soal AKM SMP Numerasi

Link Download Contoh Soal Literasi ANBK SMP

Link Download Contoh Soal Numerasi ANBK SMP

Link Download Contoh Soal AKM Literasi SMP

Link Download Contoh Soal AKM Numerasi SMP

Baca juga artikel terkait ANBK 2024 atau tulisan lainnya dari Muhammad Iqbal Iskandar

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis